teks fiksi dan non fiksi

Teks Fiksi dan Non FIksi: Pengertian dan Perbandingannya

Kalau disuruh pilih, lebih enak nulis teks fiksi atau teks nonfiksi? Jawabannya balik ke kamu ya. Kalau aku sendiri sih lebih enak nulis teks nonfiksi. Kenapa bukan teks fiksi sih yang lebih mudah buat ditulis?

Kadang tuh, masih ada aja lho yang bingung cari pengertian dan perbedaan dari teks fiksi dan non fiksi. Buat kamu yang masih ngerasa kebingungan nih ya, Mataoker kali ini artikelnya akan ngebahas tentang hal tersebut. Jangan skip artikel berikut ini ya dan kalau perlu baca berulang kali hingga paham.

Baca Juga:

Latihan Soal Teks Fiksi dan Nonfiksi

Pengertian Teks Fiksi

Fiksi yakni suatu karya sastra yang dihasilkan dari imajinasi ataupun benak seseorang pengarang. Karya sastra ini didasarkan pada pemikiran pengarang sehingga pengarang mempunyai kendali penuh untuk menghasilkan suatu bacaan. Walaupun rekaan, terkadang dia melakukan sedikit studi demi menciptakan cerita bagus yang bisa disukai oleh penikmatnya. Fiksi merupakan karya yang diciptakan penulis dengan imajinasinya tanpa memikirkan kenyataan dan sejarah.

Teks fiksi pula bisa dikatakan sebagai cerita rekaan yang mempunyai unsur- unsur lengkap di dalamnya. Mulai dari tokoh, alur, setting serta lain sebagaiya yang dihasilkan oleh imajinasi pengarang. Pengarang dituntut buat mencerna hasil imajinasi yang dimilikinya dan menjadikan seluruh kejadian dalam suatu susunan kalimat yang bisa dimengerti oleh banyak orang.

Pengertian Teks Non Fiksi

Teks non fiksi berarti novel yang di dalamnya memiliki kebenaran. Bacaan tersebut tidaklah hasil dari imajinasi seorang karena buat buatnya diperlukan pengetahuan dan ilmu. Apabila wujudnya cerita, hingga karya itu sifatnya aktual serta dapat dibuktikan.

Non fiksi yakni karya seni yang sifatnya faktual sehingga di dalamnya memiliki peristiwa nyata. Tidak semacam fiksi, bacaan tersebut ialah hal- hal nyata. Biasanya novel bersifat informatif semacam menguraikan opini ataupun gagasan dalam teksnya. Ada bermacam bentuk non fiction. Karangan non fiksi antara lain biografi, opini, esai serta eksposisi. Tidak hanya itu, buku pengetahuan yang membahas tentang sesuatu topik pula bisa dikategorikan selaku teks tersebut. Buku ini sangat ilmiah sehingga tidak terdapat faktor imajinasi serta kebenarannya dapat dibuktikan dengan ilmu.

Perbedaan Teks Fiksi dan Non Fiksi

Perbedaan antara non fiksi serta fiksi sangatlah simpel, terdapat beberapa ciri yang bisa jadi acuan untuk kamu dalam membedakannya. seperti pemakaian bahasa, sumber, sifat karangan, serta wujud karangan. Adapun uraian tentang perbedaan antara non fiksi serta fiksi yakni::

  1. Dalam pemakaian bahasa, non fiksi memakai bahasa denotatif. Sebaliknya fiksi merupakan bahasa kiasan.
  2. Dalam hal referensi/sumbernya, ada perbedaan yang jelas dimana non fiksi bersumber pada informasi, sebaliknya fiksi tidak bersumber pada informasi
  3. Berdasarkan sifatnya non fiksi bersumber pada kajian studi yang jelas, sebaliknya fiksi melalui fiktif/imajinasi.
  4. Terakhir, merupakan tujuan  untuk teks non fiksi tulisannya bersifat informatif, serta teks fiksi bersumber pada cerita buatan.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang pengertian dan perbedaan dari teks fiksi dengan non fiksi. Gampang banget kan cara cari perbedaan dari kedua teks tersebut? Mulai sekarang setelah baca artikel ini kalau kamu ditanya sama teman atau guru di kelas, harus langsung bisa jawab ya. 

Sudah cukup jelas kan materinya? Kalau kamu merasa kurang jelas dan paham akan penjelasan di atas, coba langganan Ruangguru yuk. Kamu bisa belajar dengan video animasi yang keren di sana. Daftar sekarang dan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ ya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *