jurusan statistika

Jurusan Statistika: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Mungkin kamu udah nggak asing lagi dengan profesi data analis, ya. Data analis merupakan salah satu profesi yang sangat dibutuhkan di setiap perusahaan. Nah, makanya, profesi ini banyak diminati karena peluang kerjanya yang cukup besar. Apa kamu salah satunya yang bercita-cita untuk menjadi seorang data analis?
Ada satu jurusan yang bisa kamu ambil jika kamu tertarik menjadi seorang data analis nih, yaitu jurusan Statistika. Di artikel kali ini, kita akan bahas secara singkat mengenai jurusan Statistika, segala hal yang dipelajari di sana, serta prospek kerjanya. Tentunya, lulusan Statistika nggak cuma bisa menjadi data analis aja, ya. Yuk, langsung aja kita simak penjelasannya!
Baca Juga:

Apa Itu Jurusan Statistika?

Jurusan Statistika merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Jurusan ini mempelajari tentang proses pengolahan data. Mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, sampai merepresentasikan data menjadi sebuah informasi yang mudah dipahami banyak orang.
Oh iya, jurusan Statistika ini erat kaitannya dengan hitung-hitungan, loh! Jadi, kalo kamu suka dengan mata pelajaran yang banyak hitungan atau menguji kemampuan berlogika kamu, mungkin kamu bisa coba pilih jurusan ini.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Statistika

Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang cara mengumpulkan, menganalisa, dan menginterpretasi data. Nah, dalam melakukan analisis data, kamu akan dibantu dengan beberapa jenis software statistik.
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Statistika:

1. Logika dan Teori Bilangan

2. Aljabar Linear

3. Metode Statistika



t: normal;”>4. Algoritma dan Perangkat Lunak Statistika

5. Metode Numerik

6. Analisis Regresi

7. Komputasi Statistika

8. Statistika Nonparametrik

9. Statistika Multivariat

10. Metode Survei

Di sini, logika berpikir kamu akan diasah dalam menganalisa sebuah data. Kamu juga dituntut untuk teliti, tekun, detil, dan senang melakukan pemecahan masalah.

Prospek Kerja Jurusan Statistika

Seperti yang udah disebutkan di awal tadi, lulusan Statistika nggak cuma bisa menjadi seorang data analis aja.

Lulusan Statistika itu bisa bekerja di segala bidang. Kamu bisa bekerja di instansi atau lembaga pemerintah, seperti Badan Pusat Statistik (BPS), perusahaan swasta maupun BUMN, sampai perbankan.
Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Statistika:

1. Data scientist 

2. Data analyst

3. Market Researcher

4. Account Officer

5. Peneliti survei

Wah, keren-keren banget nggak sih profesi yang bisa kamu pilih sebagai lulusan Statistika. So, setelah tau informasi mengenai jurusan ini, apa kamu jadi semakin tertarik untuk menjadi mahasiswa Statistika? Yuk, tingkatkan lagi semangat belajarmu supaya bisa meraih jurusan yang kamu impikan nantinya.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Kedokteran Gigi . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya.
Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *