jurusan fisioterapi

Jurusan Fisioterapi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Apa kamu tertarik belajar tentang anatomi tubuh manusia? Kalau iya, mungkin kamu bisa coba masuk ke jurusan yang satu ini, deh. Yup! Jurusan Fisioterapi. Ada yang masih merasa asing dengan namanya? Oke, kalau gitu, mending langsung aja kita simak sama-sama apa itu jurusan Fisioterapi, hal-hal apa aja yang dipelajari di sana, serta prospek kerjanya lewat artikel berikut ini, ya!

Apa Itu Jurusan Fisioterapi?

Nah, bagi yang belum tau, jurusan Fisioterapi merupakan cabang dari program studi Pendidikan Dokter (Kedokteran). Jurusan Fisioterapi merupakan program studi yang berkaitan dengan penanganan kelainan fisik dengan mengoptimalkan gerakan dan fungsi tubuh, serta memperbaiki fungsi tubuh yang terganggu. Oleh karena itu, di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang gerak tubuh dan organ-organ tubuh yang berperan di dalamnya. Mulai dari cara tubuh bergerak, bentuk otot, sendi, sampai tulang.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Fisioterap

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang ilmu anatomi, mempelajari struktur serta hubungan bagian-bagian tubuh makhluk hidup. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang cara menangani kelainan atau gangguan yang terjadi pada fungsi tubuh, terutama alat gerak tubuh.
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Fisioterapi:

1. Anatomi

2. Epidemiologi

3. Pengantar Fisioterapi

4. Pertolongan Pertama Kegawat dan Kedaruratan

5. Fisioterapi Neuromuskular

6. Fisioterapi Geriatric

7. Fisioterapi Pediatric

8. Fisioterapi Kardiovaskuler dan Respirasi

9. Dasar Pemeriksaan Lab dan Radiologi

10. Komunikasi Terapeutik dan Interpreneurship

Nah, tentunya, di sini kamu juga akan dibekali praktik clinical skill lab untuk menunjang kemampuan kamu sebelum terjun di dunia kerja nanti, loh.

Prospek Kerja Jurusan Fisioterapi

Bagi para lulusan Fisioterapi, bidang karirnya udah jelas akan berada di dunia kesehatan, ya. Kamu bisa menjadi seorang ahli fisioterapis.

Tapi, jangan salah tanggap dulu, nih. Banyak yang menganggap fisioterapis itu seperti tukang urut atau tukang pijit. Padahal, jelas berbeda, loh! Selain itu, ranah fisioterapis luas banget. Kamu bisa bekerja di rumah sakit, klinik fisioterapis, dinas kesehatan, sampai pusat kebugaran.

Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Fisioterapi:

1. Ahli fisioterapis

2. Konsultan fisioterapi

3. Ahli akupuntur

4. Terapis Okupasi

5. Osteopath

Gimana, nih? Sekarang udah tau kan apa itu jurusan Fisioterapi. Menarik banget ya, mulai dari hal-hal yang dipelajari sampai prospek kerjanya. Apa kamu jadi tertarik untuk masuk ke jurusan yang satu ini? Kalo iya, yuk, tingkatkan semangat belajarmu supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal di seleksi masuk perguruan tinggi nanti, ya!
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Kedokteran Gigi . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya.
Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *