jurusan farmasi

Jurusan Farmasi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jurusan Farmasi sering dikaitkan dengan obat-obatan dan menjadi seorang apoteker ketika lulus nanti. Tapi, tahu nggak sih, sebenarnya, hal yang dipelajari di jurusan Farmasi itu nggak cuma tentang obat-obatan aja, loh! Nah, buat kamu yang tertarik ingin ambil jurusan ini di kuliah nanti, yuk, ketahui lebih lanjut informasi seputar jurusan Farmasi lewat artikel ini!

Apa Itu Jurusan Farmasi?

Farmasi merupakan gabungan antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia. Jurusan ini umumnya memang mempelajari segala hal tentang obat-obatan. Mulai dari mengenal struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, cara mengolah senyawa-senyawa tersebut menjadi obat-obatan yang aman dan layak untuk dikonsumsi, proses pengemasannya, sampai cara distribusi dan pengelolaan stok obat yang tepat.
Namun, sebenarnya cakupan Farmasi itu lebih luas lagi. Selain obat-obatan, Farmasi juga mengkaji zat-zat atau senyawa yang terdapat pada produk makanan, minuman, kosmetik, maupun suplemen, sebelum dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat luas. Gimana, keren banget, kan?

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Farmasi

Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang ilmu kedokteran (medis). Selain itu, kamu juga akan belajar tentang anatomi, histologi, serta ilmu sains seperti Fisika, Biologi, dan Kimia.
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Farmasi:

1. Kimia Organik

2. Biokimia

3. Anatomi Fisiologi Manusia

4. Farmakologi Dasar dan Toksikologi

5. Farmakologi Sistem Organ

6. Analisis Farmasi

7. Bioteknologi FarmasiĀ 

8. Virologi

9. Imunologi

10. Kosmetika

Mahasiswa jurusan Farmasi juga dibekali dengan banyak praktikum di laboratorium. Bahkan, sebagian besar kegiatan perkuliahanmu akan dihabiskan untuk praktikum, loh! Dengan begitu, kamu nggak hanya menguasai teorinya aja, tapi juga memiliki keterampilan khusus di lapangan.

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Prospek kerja jurusan Farmasi itu luas banget. Makanya, nggak salah kalau jurusan yang satu ini semakin diminati dari tahun ke tahun. Kamu bisa bekerja di rumah sakit, klinik, apotek, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), hingga perusahaan.
Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni:

1. Apoteker

2. Peracik dan pengembang obat-obatan

3. Penjamin mutu dalam bidang makanan, minuman, atau obat-obatan

4. Peneliti bioteknologi

5. Ahli kecantikan

Nah, gimana, nih? Ternyata, luas banget kan hal-hal yang dipelajari di jurusan Farmasi. Selain itu, lulusan Farmasi juga nggak cuma bisa jadi apoteker aja, ya. Wah, semakin tertarik nggak tuh buat masuk ke jurusan ini? Kalau iya, berarti kamu harus lebih giat lagi nih belajarnya, supaya persiapan kamu lebih mantap untuk tes masuk perguruan tinggi nanti. Yuk, jangan sampai kalah sama para pesaing kamu di luar sana. Semangat berjuang!

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Farmasi . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya.

Belajar persiapan UTBK paling komplit cuma ada di Ruangguru. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ untuk dapetin potongan harganya. Cara pakai kode diskon ada di video berikut atau hubungi admin buat langganan.

Hubungi Admin Sekarang

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *