pts terbaik

Tips Memilih PTS Terbaik Bagi Calon Mahasiswa Baru

Sudah hampir satu tahun sejak kasus pertama COVID-19 ditemukan di Indonesia. Sejak saat itu, seluruh kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan terpaksa dihentikan sejenak sampai keadaan lebih membaik. Tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di universitas.

Meskipun begitu, kegiatan belajar mengajar tetap dilangsungkan secara online, begitu juga penerimaan mahasiswa baru. Oleh karena itu, para calon mahasiswa baru tetap harus berjuang keras untuk dapat diterima di kampus impiannya meskipun sedang berada di tengah badai pandemi.

Banyak calon mahasiswa baru yang telah memiliki PTN atau PTS impian sejak jauh-jauh hari, namun tidak sedikit juga yang masih bingung menentukan PTN atau PTS mana yang sesuai dengan keinginan mereka. Bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk PTS tetapi masih bingung harus memilih PTS apa, bisa mencoba tips memilih PTS terbaik berikut ini!

Perhatikan Akreditasi

Tips pertama adalah memperhatikan akreditasi dari PTS yang akan dipilih. Akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Akreditasi dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi. Akreditasi dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau biasa disingkat BAN-PT.

Tidak hanya akreditasi perguruan tinggi, akreditasi jurusan juga perlu diperhatikan. Semakin tinggi akreditasinya, maka semakin berkualitas pula citra serta lulusan dari kampus tersebut. Akreditasi perguruan tinggi maupun akreditasi jurusan bisa dicek di website resmi BAN-PT.

Cari Tahu Biaya Kuliah

Selain akreditasi, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah biaya kuliah. Banyak orang berpikir bahwa kuliah di PTS membutuhkan biaya yang sangat besar. Hal ini tidak sepenuhnya benar, tetapi juga tidak sepenuhnya salah. Biaya perkuliahan tentunya akan berbeda-beda di setiap PTS, berbeda-beda pula untuk setiap jurusan yang ada. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu kisaran biaya kuliah yang harus dibayarkan untuk setiap semesternya.

Tetapi jangan khawatir karena banyak PTS yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi, sehingga dapat meringankan biaya kuliah yang harus dibayarkan. Kita bisa mencari tahu informasi mengenai biaya kuliah serta beasiswa yang tersedia dengan rutin mengecek website resmi masing-masing PTS. Bisa juga mencari tahu melalui kakak kelas yang telah lebih dulu berkuliah di PTS tersebut. Untuk masalah biaya, sebaiknya didiskusikan bersama dengan orang tua.

Cari Tahu Keberhasilan Alumni

Selagi mencari tahu mengenai biaya kuliah, cari tahu juga tentang keberhasilan alumni dari PTS yang akan dipilih. Dengan mencari tahu keberhasilan alumni, kita bisa mendapatkan gambaran mengenai prospek kerja yang mungkin untuk dicapai apabila berkuliah di PTS tersebut.

Baca juga: Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik

Selain itu, dari keberhasilan alumni, kita juga bisa menyimpulkan bagaimana PTS tersebut dipandang oleh perusahaan-perusahaan yang sedang merekrut karyawan baru. Meskipun recruiter dari perusahaan biasanya lebih fokus kepada skill yang dimiliki para pencari kerja, tetapi almamater juga dapat menjadi poin plus ketika kita mencari pekerjaan. Oleh karena itu, sebelum menentukan PTS, alangkah baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai keberhasilan alumni dari PTS yang akan dipilih.

Lihat Fasilitas Kampus

Fasilitas kampus menjadi poin yang sering dilupakan oleh para calon mahasiswa baru, padahal fasilitas kampus adalah hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih PTS impian. Mengapa tidak? Fasilitas kampus yang baik dan memadai dapat menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga menjadi lebih efektif. Apabila fasilitas kampus tidak memadai, tentunya mahasiswa akan merasa tidak nyaman dan sulit untuk menerima materi perkuliahan.

Sama halnya dengan biaya, fasilitas kampus juga dapat diketahui dengan cara mengecek website resmi PTS yang akan dipilih atau melihat foto-foto dari PTS yang tersebar luas di internet. Selain itu, kita juga bisa melakukan survey ke lokasi PTS yang akan dipilih untuk melihat secara langsung seperti apa fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa.

Perhatikan Lokasi

Last but not least, perhatikan lokasi PTS terbaik yang akan dipilih. Pilihlah PTS yang lokasinya strategis. Maksud dari strategis di sini adalah lokasi kampus tersebut masih terletak di kawasan pusat kota dan tidak terletak di tempat yang terpencil.

Lokasi yang strategis akan memudahkan akses menuju kampus, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Selain itu, kampus yang letaknya bukan di tempat terpencil, tentunya dapat mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Lalu PTS apa yang sebaiknya dipilih? Dilihat dari kelima poin yang telah dipaparkan tadi, Universitas Gunadarma menjadi salah satu PTS yang memenuhi seluruh poin tersebut dan patut untuk dijadikan kampus pilihan. Sebagai PTS terbaik, kiprah Universitas Gunadarma tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga, bagi calon mahasiswa baru, tidak perlu merasa ragu untuk mendaftarkan diri ke Universitas Gunadarma.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *