jurusan pendidikan dokter

Jurusan Pendidikan Dokter: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang sedang berjuang untuk masuk ke jurusan yang satu ini? Yap, jurusan Pendidikan Dokter memang menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati setiap tahunnya, ya. Nah, buat kamu yang minat untuk masuk jurusan ini, yuk ketahui lebih jauh tentang jurusan Pendidikan Dokter, hal-hal yang dipelajari, sampai prospek kerjanya lewat artikel ini.

Mengenal Jurusan Pendidikan Dokter

Bagi yang belum tahu, jurusan Pendidikan Dokter itu sama dengan jurusan Kedokteran, ya. Jurusan Pendidikan Dokter mempelajari tentang ilmu kedokteran (medis). Mulai dari pemeliharaan kesehatan hingga pengobatan berbagai macam penyakit. Ketika kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan melewati dua tahap, yaitu praklinik dan klinik.
 
Praklinik adalah tahap ketika kamu menjalani masa perkuliahan selama 7 semester di jurusan Pendidikan Dokter. Setelah lulus dan mendapat gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked), kamu akan masuk ke tahap klinik. Di tahap ini, kamu akan mengikuti program koasistensi (co-ass) selama 1,5-2 tahun. Kamu juga harus mengikuti Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) untuk mendapat gelar dokter (dr) dan program magang (internship) agar mendapat Surat Izin Praktik (SIP).

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Dokter

Selama berkuliah, kamu akan belajar tentang ilmu-ilmu dasar, seperti anatomi, fisiologi, histologi, genetika, biologi sel dan molekuler, biokimia, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai identifikasi penyakit, cara memberikan pengobatan, pemeriksaan, hingga melakukan pelayanan yang baik kepada pasien dan keluarganya. Eits! Enggak cuma teorinya aja loh, ya, tapi kamu juga akan mempraktikkannya.
 
Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Pendidikan Kedokteran:

 

1. Anatomi

2. Fisiologi

3. Mikrobiologi

4. Parasitologi

5. Biokimia

6. Farmakologi dan Terapi

7. Gizi Kedokteran

8. Ilmu Anestesi

9. Ilmu Bedah

10. Radiologi

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Dokter

Mungkin kamu sudah tahu ya alasan jurusan Pendidikan Dokter ini selalu diminati. Yaps, banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Pendidikan Dokter. Selain kamu bisa menjadi seorang dokter yang bekerja di rumah sakit, kamu juga bisa membuka praktik sendiri, lho.
 
Berikut ini pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Pendidikan Dokter:

 

1. Dokter

2. Ahli Gizi (Nutritionist)

3. Teknisi Medis Gawat Darurat (Paramedis)

4. Teknisi Radiologi Medis

5. Bagian Pengendali Mutu Produk dan Kesehatan

Oke, sekarang kamu sudah mendapat gambaran ketika berkuliah di jurusan Pendidikan Kedokteran, kan. Tentunya, menempuh pendidikan di jurusan ini tidaklah mudah. Begitupun dengan seleksi masuknya. Kamu perlu ketekunan dan kedisiplinan dalam belajar. Nah, maka dari itu, buat kamu yang sedang berjuang, semangat, ya. Selalu yakin kalau kamu pasti bisa!
 
Baca Juga: Jurusan Arsitektur
 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Pendidikan Dokter . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya.
 
Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.
 
Kalau masih bingung, tonton video tutorial cara pakai kode diskon Ruangguru atau hubungi admin Mataoker via Whatsapp ya.
 
 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *