jurusan teknologi informasi

Jurusan Teknologi Informasi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan jurusan yang satu ini. Yaps! Selain Teknik Informatika, jurusan Teknologi Informasi juga banyak diminati oleh para calon mahasiswa yang tertarik di bidang komputer (IT), loh. Apa kamu salah satunya? Nah, kalau iya, yuk kita cari tahu sama-sama seputar jurusan Teknologi Informasi, hal-hal apa aja yang dipelajari di jurusan ini, serta sebagus apa prospek kerja lulusannya lewat artikel berikut ini!

Jurusan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi merupakan jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari perancangan dan pengembangan sistem berbasis komputer, serta pengaplikasiannya pada perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Artinya, di sini kamu akan belajar cara merancang serta mengembangkan sebuah program yang akan membantu kegiatan sistem informasi. Oleh karena itu, jurusan Teknologi Informasi nggak terlepas dari yang namanya computer programming alias “ngoding-ngoding”. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Teknologi Informasi 

Secara umum, mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang konsep dasar computing dan matematika, prinsip dan standar teknologi informasi, proses analisis, perencanaan, pengelolaan, serta evaluasi terkait sumber daya informasi. 
 
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Teknologi Informasi:

1. Matematika Komputasi

2. Pengantar Ilmu Komputer

3. Algoritma dan Pemrograman

4. Sistem Operasi

5. Jaringan Komputer

6. Pemrograman Basis Data 

7. Tata Kelola Teknologi Informasi

8. Data Mining

9. Keamanan Jaringan dan Informasi

10. Implementasi dan Pengujian Sistem Informasi

Nah, dengan mempelajari ilmu-ilmu tersebut, mahasiswa jurusan Teknologi Informasi diharapkan bisa memiliki kemampuan teknologi komputer yang mendalam, sehingga dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan terkait sistem informasi. 

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Informasi 

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, tentunya lulusan Teknologi Informasi memiliki prospek kerja yang sangat besar. Berikut ini ada beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Teknologi Informasi:

1. Arsitektur IT

2. Web development and programming

3. Help desk IT support

4. Operator komputer 

5. Sistem analis

6. Database administrator

7. Teknisi network dan sistem

8. Keamanan infrastruktur dan perangkat lunak

Tuh kan banyak banget! Gimana, nih? Kamu udah ada gambaran kan tentang jurusan Teknologi Informasi, hal-hal yang dipelajari di jurusan ini, serta prospek kerja lulusannya. So, buat kamu yang sedang berjuan untuk masuk ke jurusan ini, persiapkan dirimu semaksimal mungkin, ya. Jangan mudah patah semangat dan selalu yakin kalau kamu pasti bisa! 
 

 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Teknologi Informasi. Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
 

Belajar persiapan UTBK paling komplit cuma ada di Ruangguru. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ untuk dapetin potongan harganya. Cara pakai kode diskon ada di video berikut atau hubungi admin buat langganan.

Hubungi Admin Sekarang

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *