5 Manfaat ruangkelas dari Ruangguru untuk Guru

Ruangguru telah menghadirkan salah satu produk terbaru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dari rumah, namanya ruangkelas. Apa saja manfaat ruangkelas yang bisa didapatkan guru dalam kegiatan belajar mengajar? Baca artikel ini sampai selesai ya.

Membicarakan tentang platform atau penyedia layanan penunjang kegiatan belajar daring dari rumah memang sangat banyak sekali. Mulai dari Google Classroom, Zoom, hingga aplikasi games interaktif Kahoot. Melihat kesempatan ini, Ruangguru pun memantapkan diri untuk membuat produk penunjang kegiatan belajar daring dari rumah dengan meluncurkan produk baru yakni ruangkelas

manfaat ruangkelas untuk guru



Ruangkelas merupakan layanan sistem kelola pembelajaran jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar mengajar guru dengan siswa. Ruangkelas ini tidak hanya digunakan oleh siswa saja, namun bisa juga dipakai untuk guru mengajar. Bahkan, dalam satu produk ruangkelas ini, guru bisa mendapatkan banyak sekali fitur yang memudahkan dalam mengajar. Nah, di artikel kali ini Mataoker bakal membahas 5 manfaat ruangkelas untuk guru. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Guru dapat mengajar lewat live teaching

Guru dapat melakukan beberapa kegiatan antara lain:

a. berinteraksi dengan seorang siswa melalui kamera dan audio;
b. membagikan layar untuk menjelaskan materi dalam presentasi
c. melihat semua kamera siswa

Oh iya, di ruangkelas ini tersedia papan tulis putih yang bisa digunakan untuk membuat coretan, menggunggah gambar, mengetik teks, mempresentasikan file PDF, dan mengganti halaman.

2. Guru dapat memberikan materi dalam berbagai format

Ketika mengajar menggunakan ruangkelas, guru bisa membagikan materi ajar dalam berbagai format file seperti PDF, PPT, DOC, MP4, dan JPG. Guru juga bisa memasukkan tautan (link) di ruangkelas untuk mengakses materi yang diajarkan. Selain itu, guru juga bisa membagikan konten video ruangbelajar dan rangkuman berinfografis.


3. Guru dapat memberikan soal

Setelah materi ajar diberikan, saatnya mengetahui kemampuan siswa dalam menangkap penjelasan. Guru dapat memberikan tugas kepada siswanya di ruangkelas. Pemberian soal di ruangkelas ada beberapa alternatif pilihan. Guru bisa menggunakan bank soal di ruangbelajar untuk latihan soal siswa atau membuat soal sendiri (pilihan ganda dan esai). Cukup lengkap bukan?

4. Guru dapat menganalisis nilai siswa

Guru dapat melihat performa kemampuan siswa dalam belajar. Ada pun jenis analisis nilai yang bisa diketahui ialah:

a. Pengetahuan tiap siswa

Nilai seluruh tugas, nilai rata-rata, dan nilai di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal)

b. Performa tugas keseluruhan

Nilai rata-rata setiap tugas, jumlah siswa dengan nilai di bawah KKM.

c. Sikap tiap siswa

Persentase penyelesaian tugas dan ketepatan waktu pengumpulan tugas.

5. Guru dapat berdiskusi dengan siswa



Pada manfaat yang kelima ini guru bisa melakukan diskusi dengan siswa. Diskusi bisa dilakukan dengan chat atau berkomentar pada tugas/materi yang diberikan. Selain itu, dalam chat guru atau siswa dapat melampirkan file dalam bentuk foto atau dokumen.

Nah, itu tadi informasi mengenai 5 manfaat ruangkelas untuk guru yang bisa dibagikan dalam artikel kali ini. Oh iya, Mataoker punya info menarik nih untuk pembaca.

Ada diskon 60% untuk kamu yang mau langganan produk Ruangguru (berlaku ruangbelajar, ruangbelajar Plus, dan Brain Academy). Diskon 60% ini berlaku untuk semua jenjang lho ya. Langsung aja langganan dengan klik banner di bawah ini atau langsung masukkan kode diskon ELIYANAUGIJJ di aplikasi ruangguru.

5 Manfaat ruangkelas dari Ruangguru untuk Guru 5 Manfaat ruangkelas dari Ruangguru untuk Guru Reviewed by Mas Ryan on 15.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.