Latihan Soal - Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Pembentukan Lembaga Sosial IPS Terpadu Kelas 7

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial untuk IPS Terpadu Kelas 7. Semoga bisa jadi bahan belajar buat kamu ya!
pengaruh interaksi sosial


1. Pada masyarakat Baduy Dalam, terdapat aturan tentang keharusan memakai pakaian berwarna putih dan larangan memasang listrik di rumah. Ketentuan masyarakat adat Baduy Dalam masih selalu dipatuhi karena aturan ini dianggap sakral dan tidak boleh dilanggar. Ketentuan seperti ini kemudian disebut dengan….
a. usage
b. folkways
c. custom
d. mores

Jawaban
c. custom

Pembahasan: 
Adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan turun-temurun dari generasi ke generasi lainnya sebagai warisan budaya. Aturan dalam adat istiadat dapat tertulis dan tidak tertulis. Masyarakat cenderung tidak berani melanggar adat istiadat karena adat memiliki sanksi atau hukuman yang berat bagi pelanggar. Contoh masyarakat yang masih memegang erat adat istiadatnya adalah masyarakat Baduy Dalam. Salah satu bentuk hukuman berat pada masyarakat Baduy Dalam adalah penahanan pelanggar hukum adat selama 40 hari tahanan adat atau sejenis lembaga pemasyarakatan di kota. 


2. Pak Angga adalah ketua RT 04 di Desa Ceria. Ketika mendapati dua kelompok remaja di RT tersebut terlibat konflik, Pak Angga memanggil mereka dan memutuskan kedua kelompok dihukum membersihkan komplek selama seminggu. Tindakan Pak Angga disebut dengan….
a. arbitrasi
b. mediasi
c. koersi
d. akulturasi

Jawaban
b. koersi

Pembahasan
Koersi adalah bentuk akomodasi yang pelaksanaannya dengan menggunakan paksaan, ancaman, tekanan, maupun kekerasan. Tindakan Pak RT menjadi penengah dan memberikan hukuman ketika terdapat warganya yang berselisih merupakan contoh dari koersi. Pak RT yang menyelesaikan masalah dengan memberikan hukuman secara paksa adalah bentuk interaksi asosiatif atau interaksi yang mengarah pada persatuan. 


3. Bentuk interaksi sosial dapat mengarahkan pada proses asosiatif dan disosiatif. Manakah yang merupakan bentuk dari interaksi asosiatif?
a. kerja sama
b. akomodasi
c. konflik
d. asimilasi

Jawaban
c. konflik

Pembahasan
Proses sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial positif yang mengarah pada kerja sama, akomodasi, akulturasi, dan asimilasi. Sementara, proses sosial disosiatif adalah bentuk interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan seperti kompetisi (persaingan), kontravensi, dan konflik.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial untuk IPS Terpadu kelas 7.
Latihan Soal - Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Pembentukan Lembaga Sosial IPS Terpadu Kelas 7 Latihan Soal - Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Pembentukan Lembaga Sosial IPS Terpadu Kelas 7 Reviewed by Mas Ryan on 04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.