Latihan Soal - Penggabungan Badan Usaha Kelas 7

Artikel Mataoker kali ini akan menyajikan latihan soal IPS Terpadu kelas 7 tentang penggabungan badan usaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat belajar.

Latihan Soal - Penggabungan Badan Usaha Kelas 7


1. Sejak krisis ekonomi tahun 1998, banyak perusahaan melakukan penggabungan perusahaan dengan tujuan menghindari kerugian. Penggabungan badan usaha yang cocok adalah…
a. Sindikat
b. Joint Venture
c. Trust
d. Kartel

Jawaban : C. Trust
Pembahasan : suatu bentuk organisasi perusahaan yang didirikan untuk menghindari kerugian masing-masing anggota dan memperbesar keuntungan perusahaan. Trust dibentuk dengan menggabungkan beberapa perusahaan menjadi satu dan masing-masing perusahaan yang bergabung telah meleburkan diri sehingga gabungan perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan yang besar.

2. Pemerintah melarang praktik kartel di Indonesia. Hal ini merugikan masyarakat sebagai konsumen karena….
a. Konsumen membayar harga yang lebih mahal
b. Konsumen mendapatkan kualitas barang yang jelek
c. Konsumen dipaksa membeli produk tersebut
d. konsumen membayar pajak lebih besar

Jawaban : A. Konsumen membayar harga yang lebih mahal
Pembahasan : Kartel adalah persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis di bawah suatu perjanjian tertentu. Biasanya, bentuk perjanjiannya adalah penetapan jumlah barang yang produksi sehingga harga barang lebih tinggi di pasaran. Hal ini merugikan karena seharusnya konsumen dapat memeroleh harga yang lebih murah apabila para perusahaan tidak melakukan kerja sama.

3. Kelemahan dari gabungan badan usaha holding company dibandingkan penggabungan badan usaha yang lain adalah….
a. Dilarang oleh pemerintah
b. Tidak dapat mengambil keputusan sendiri tanpa perusahaan induk
c. Jika proyek selesai, maka selesai juga penggabungan badan usaha tersebut
d. Antara perusahaan induk dan perusahaan anak terikat secara hukum

Jawaban : B. Tidak dapat mengambil keputusan sendiri tanpa perusahaan induk
Pembahasan : kelemahan dari holding company sebagai berikut:
- Jumlah perusahaan anak yang banyak dan bermacam-macam membuat pengambilan keputusan menjadi lebih lama dan tidak jarang terjadi inefisiensi perusahaan
- Perusahaan anak tidak dapat mengambil keputusan sendiri tanpa persetujuan perusahaan induk karena kepemilikan sebagian besar sudah dimiliki oleh perusahaan induk
- Perusahaan anak lebih mudah dipaksa untuk menjual sahamnya 


4. Penggabungan badan usaha yang biasanya melibatkan badan usaha dari luar negeri adalah…
a. Joint Venture
b. Trust
c. Sindikat
d. Holding company

Jawaban : A. Joint Venture
Pembahasan : Joint venture adalah bentuk kerja sama antar-beberapa perusahaan yang memang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi yang lebih kuat. Secara umum dapat dikatakan bahwa semua bentuk kerja sama antar-perusahaan dapat ditampung dalam bentuk usaha joint venture, tanpa melihat besar kecilnya modal, kekuasaan ekonomi, ataupun likuidasi masing-masing partner yang bersangkutan.

5. Tujuan utama sebuah perusahaan melakukan penggabungan dengan perusahaan lainnya adalah…
a. Meningkatkan jumlah produksi
b. Mengurangi biaya
c. Menguasai pasar
d. Membuat harga barang menjadi lebih murah

Jawaban : C. menguasai pasar
Pembahasan : Penggabungan perusahaan sudah dilakukan sejak lama. Tujuan utama penggabungan perusahaan adalah untuk menguasai pasar. Dengan menguasai pasar atau menjadi monopoli, sebuah gabungan perusahaan akan mampu menentukan harga dan menentukan jumlah produksi dan lebih kuat terhadap krisis.

Terima kasih sudah membaca artikel latihan soal IPS Terpadu kelas 7 tentang penggabungan badan usaha. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Latihan Soal - Penggabungan Badan Usaha Kelas 7 Latihan Soal - Penggabungan Badan Usaha Kelas 7 Reviewed by Mas Ryan on 04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.