Latihan Soal - Kehidupan Masa Pra Aksara Kelas 7

Artikel Mataoker kali ini akan membahas tentang latihan soal dan pembahasan tentang kehidupan masa pra aksara IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.
Latihan Soal - Kehidupan Masa Pra Aksara Kelas 7

1. Fosil manusia purba yang ditemukan di Liang Bua pada tahun 2001 bernama.... 
a. Pithecanthropus Soloensis
b. Pithecanthropus Erectus
c. Homo Wajakensis
d. Homo Floresiensis

Kunci jawaban: D. Homo Floresiensis
Pembahasan:
Keberadaan manusia purba di Indonesia ditandai dengan penemuan fosil-fosil rangka manusia. Salah satunya adalah fosil manusia purba yang ditemukan di Liang Bua pada tahun 2001 oleh Pandji Sujono dan Mike Morwood. Fosil tersebut berupa rangka manusia purba yang berukuran kecil atau kerdil. Para peneliti pada awalnya mengira fosil itu adalah rangka anak-anak, namun kemudian diketahui bahwa fosil tersebut sudah berusia 8.000 tahun lalu dan merupakan rangka manusia dewasa. Penemuan fosil manusia purba tersebut kemudian diberi nama Homo Floresiensis sesuai dengan tempat penemuannya di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

2. Abris sous roche adalah peninggalan manusia purba berupa....
a. batu-batu peninggalan manusia purba
b. gua-gua tempat tinggal manusia purba
c. sampah-sampah dapur berupa kulit kerang
d. hasil kebudayaan yang terbuat dari tulang

Kunci jawaban: B. gua-gua tempat tinggal manusia purba
Pembahasan:
Salah satu peninggalan manusia purba adalah abris sous roche. Abris sous roche adalah gua-gua tempat tinggal manusia purba. Penelitian pertama dilakukan oleh van Stein Callenfels pada tahun 1928 hingga 1931 di Gua Lawa dekat Sampung, Madiun. Banyak alat-alat seperti ujung panah, flakes, kapak-kapak masa Neolithikum, alat-alat dari tulang rusa, alat-alat dari perunggu dan besi. Sebagian besar alat-alat yang ditemukan di Sampung dikenal dengan istilah Sampung Bone Culture. Lukisan cap tangan pada dinding gua juga ditemukan di Sulawesi Selatan.  

3. Manusia praaksara sudah hidup menetap sejak masa....
a. Paleolithikum
b. Mesolithikum
c. Neolithikum 
d. Megalithikum

Kunci jawaban: C. Neolithikum
Pembahasan:
Manusia praaksara sudah hidup menetap sejak masa Neolithikum (Zaman Batu Muda). Pada masa ini, manusia praaksara mengenal sistem bercocok tanam (bertani). Sistem bertani memungkinkan manusia praaksara untuk menghasilkan makanan sendiri (food producing). Corak kehidupan food producing itu membuat manusia praaksara hidup menetap (sedenter). 


4. Kepercayaan terhadap hewan yang dianggap memiliki kekuatan disebut.... 
a. animisme
b. dinamisme
c. totemisme
d. monoteisme

Kunci jawaban: c. totemisme 
Pembahasan:
Pada masa Megalithikum, manusia praaksara sudah mulai mengenal sistem kepercayaan. Sistem kepercayaan ini masih dalam tahap awal, terdiri dari animisme, dinamisme, dan totemisme. Animisme adalah sistem kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Dinamisme adalah kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan ghaib. Totemisme adalah kepercayaan terhadap hewan yang dianggap memiliki kekuatan. 

5. Kebudayaan yang dibawa bangsa Deutro Melayu adalah kebudayaan.... 
a. Bacson Hoabinh
b. Sa Hyunh
c. Dongson 
d. Nirleka

Kunci jawaban: c. Dongson 
Pembahasan:
Bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda) datang sekitar tahun 500 SM melalui jalur barat, yakni Semenanjung Malaya lalu ke Sumatera dan menyebar ke seluruh Indonesia. Bangsa Deutro Melayu membawa kebudayaan Dongson. Kebudayaan Dongson dapat ditemukan di Provinsi Thanh Hoa, Annam (Vietnam Utara). Hasil kebudayaan ini berupa alat-alat yang terbuat dari perunggu seperti kapak corong, ujung tombak, mata panah, pisau, patung, bejana dan nekara. 

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan kehidupan masa pra aksara IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Latihan Soal - Kehidupan Masa Pra Aksara Kelas 7 Latihan Soal - Kehidupan Masa Pra Aksara Kelas 7 Reviewed by Mas Ryan on 03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.