Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Hindu-Budha

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang kehidupan masa kerajaan Hindu-Budha untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!

Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Hindu-Budha


1. Penyebaran budaya dan agama Hindu disebarkan oleh masyarakat Indonesia sendiri merupakan teori Arus Balik, yang disampaikan oleh.... 
a. N.J. Krom
b. C.C. Berg
c. J.C. van Leur
d. F.D.K. Bosch

Kunci jawaban: D. F.D.K. Bosch
Pembahasan:
Teori Arus Balik adalah teori penyebaran budaya dan agama Hindu oleh masyarakat Indonesia sendiri. Orang Indonesia datang ke India untuk mempelajari agama Hindu dan mendatangi tempat-tempat suci. Mereka kemudian kembali ke Indonesia dan menyebarkan agama Hindu ke seluruh Indonesia. Teori ini dikemukakan oleh George Coedes dan F.D.K. Bosch. 

2. Salah satu peninggalan kerajaan Kutai adalah prasasti.... 
a. Tugu
b. Yupa
c. Cidanghiang
d. Kebon Kopi

Kunci jawaban: B. Yupa 
Pembahasan:
Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Keberadaan kerajaan ini dapat diketahui dari prasasti yang disebut Yupa. Prasasti Yupa berbentuk seperti tiang-tiang batu. Prasasti Yupa yang berjumlah tujuh buah ditulis menggunakan huruf Pallawa dengan bahasa Sansekerta. 

3. Keberadaan kerajaan Tarumanegara dapat dilihat dari catatan Tiongkok yang ditulis oleh musafir bernama.... 
a. I-Tsing
b. Fa Hien
c. Ma Huan
d. Cheng Ho

Kunci jawaban: B. Fa Hien 
Pembahasan:
Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu pertama di pulau Jawa. Keberadaan kerajaan ini dapat dilihat salah satunya dari catatan Tiongkok pada masa Dinasti Tang. Catatan ini ditulis oleh seorang musafir Tiongkok bernama Fa Hien yang singgah di pantai utara Jawa dan menceritakan kehidupan beragama masyarakat To-lo-mo (Taruma). 


4. Berikut ini yang termasuk kerajaan bercorak Buddha yaitu....
a. Kediri
b. Kutai 
c. Sriwijaya
d. Tarumanegara

Kunci jawaban: C. Sriwijaya
Pembahasan:
Kerajaan-kerajaan bercorak Buddha di Indonesia antara lain Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Mataram (di bawah Dinasti Syailendra). Kerajaan Sriwijaya berdiri sekitar abad ke-7 M. Sriwijaya merupakan pusat studi agama Buddha Mahayana di Asia Tenggara. Menurut catatan I-Tsing, banyak pendeta dan pelajar yang belajar agama Buddha di Sriwijaya. Pengajaran Buddha berada di bawah bimbingan guru bernama Sakyakirti.

5. Candi Borobudur merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada masa pemerintahan.... 
a. Rakai Pikatan
b. Rakai Panangkaran
c. Raja Samaratungga
d. Ratu Pramodhawardhani

Kunci jawaban: C. Raja Samaratungga
Pembahasan:
Candi Borobudur merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan candi bercorak Buddha terbesar di Indonesia dan pernah menjadi salah satu keajaiban dunia. 

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan kehidupan masa kerajaan Hindu-Budha IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Hindu-Budha Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Hindu-Budha Reviewed by Mas Ryan on 03.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.