Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Konsumsi

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang kegiatan pokok ekonomi yakni konsumsi untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!

Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Konsumsi


1. Ari membeli komputer dan menggunakan untuk keperluan pribadi. Dia menggunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Selain itu, ari juga menggunakan komputernya untuk belajar bahasa inggris di internet. Ari disebut sebagai…
a. Produsen
b. Distributor
c. Konsumen
d. Translator
Jawaban : C. konsumen
Pembahasan : Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang mengurangi atau menghabiskan nilai/kegunaan dari barang dan jasa. Orang atau lembaga yang melakukan konsumsi disebut konsumen. Ari disebut konsumen karena dia menggunakan komputer untuk memenuhi kebutuhan pribadi sebagai pelajar yaitu mengerjakan tugas-tugas sekolah dan belajar bahasa inggris di internet.

2. Contoh dari aspek negatif dari konsumsi adalah….
a. Menjaga keberlangsungan siklus ekonomi
b. Meningkatkan sikap boros
c. Meningkatkan arus perputaran barang
d. Meningkatkan perekonomian menjadi maju

Jawaban : B. meningkatkan sikap boros
Pembahasan : dalam mengkonsumsi suatu barang dan jasa, kita harus memerhatikan jumlah yang kita konsumsi agar tidak berlebihan. Hal ini akan menyebabkan sisi buruk atau negatif antara lain menyebabkan boros, mudah terjebak utang, malas menabung dan membeli yang tidak diperlukan.

3. Pada saat harga rambutan Rp 15.000,00 per kilo, Susi membeli tiga kilogram rambutan. Kemudian, harga rambutan naik menjadi Rp20.000,00 sehingga hanya membeli dua kilogram saja. Konsumsi rambutan Susi dipengaruhi oleh faktor….
a. Pendapatan
b. Harga
c. Gaya hidup
d. Selera

Jawaban : B. Harga
Pembahasan : setiap orang dipengaruhi faktor sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi barang atau jasa. salah satu faktor yang memengaruhi konsumsi adalah harga. Pada contoh di atas, Susi membeli lebih sedikit rambutan saat harga rambutan naik sehingg faktor yang memengaruhi konsumsi rambutan Susi adalah harga.

4. Rudi adalah pegawai kantoran dengan gaji Rp 5.000.000,00 per bulan. Dengan gaji tersebut, dia memilih menggunakan angkutan umum untuk ke kantor. Kemudian, Rudi naik pangkat menjadi manager sehingga gajinya naik menjadi Rp 10.000,00 per bulan. Lalu, Rudi memutuskan untuk membeli motor untuk pergi ke kantor. Faktor yang memengaruhi konsumsi Rudi adalah…
a. Pendapatan
b. Harga
c. Gaya hidup
d. Selera

Jawaban : A. Pendapatan
Pembahasan : Pendapatan biasanya menjadi faktor yang menjadi ukuran kemampuan seseorang dalam mendapatkan berbagai kebutuhan hidupnya. Artinya, semakin tinggi pendapatan seseorang, semakin besar pula kemampuan orang tersebut untuk mendapatkan barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

5. Contoh perbedaan konsumsi antara laki-laki dan perempuan adalah….
a. Jenis makanan
b. Pendidikan 
c. Kosmetik
d. Transportasi

Jawaban : C. Kosmetik
Pembahasan: Setiap orang memiliki konsumsi yang berbeda-beda. Salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan itu adalah faktor jenis kelamin. Konsumsi laki-laki dan perempuan berbeda antara lain kebutuhan kosmetik. Perempuan memiliki kebutuhan kosmetik sedangkan laki-laki cenderung tidak memakai kosmetik maka konsumsi kosmetik lebih banyak dilakukan oleh perempuan.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan kegiatan pokok ekonomi yakni konsumsi IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Konsumsi Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Konsumsi Reviewed by Mas Ryan on 05.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.