Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Produksi

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang kegiatan pokok ekonomi yakni produksi untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!

Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Produksi

1. Contoh faktor produksi dari sumber daya alam adalah…
a. Arsitek yang dapat menggambar bangunan
b. Mesin-mesin besar di pabrik sepeda motor
c. Minyak bumi yang dapat dijadikan bahan bakar
d. Truk yang digunakan  untuk menganggkut pasir

Jawaban : C. minyak bumi yang dapat dijadikan bahan bakar
Pembahasan : semua bahan di alam yang diperlukan dalam proses produksi. Faktor alam atau SDA biasanya berupa bahan mentah atau bahan baku, tanah tempat berlangsungnya proses produksi, barang tambang ataupun yang lainnya. Minyak bumi, gas alam, emas dan perak termasuk jenis dari bahan tambang

2. Contoh dari modal lancar adalah….
a. Mesin-mesin besar yang ada di pabrik perakitan sepeda motor
b. Truk penganggkut hasil pertanian dari desa ke kota
c. Papan tulis yang digunakan oleh Ibu guru untuk mengajar mata pelajaran IPS
d. Uang yang digunakan untuk membeli terigu oleh Pabrik Roti

Jawaban : D. uang yang digunakan untuk membeli terigu oleh Pabri Roti
Pembahasan : Modal lancar merupakan barang-barang modal yang penggunaanya habis dalam satu kali kegiatan produksi. Modal lancar bisa dapat berupa bahan mentah seperti tepung terigu, margarin dan coklat atau uang untuk membeli bahan mentah tersebut yang nantinya akan habis untuk proses produksi.

3. Pak Bandi bekerja sebagai seorang kuli bangunan. Dia hanya bersekolah sampai SD kemudian tidak dilanjutkan ke jenjang berikutnya. Tugasnya adalah membuat adukan semen dan memasang genting di atap rumah. Pak Bandi termasuk jenis tenaga kerja….
a. Terdidik
b. Terlatih
c. Tidak terdidik dan tidak terlatih
d. Termuda

Jawaban : C. tidak terdidik dan tidak terlatih
Pembahasan : tenaga kerja yang memperoleh pengetahuannya tanpa melalui proses pendidikan ataupun latihan. Contoh kuli bangunan dan tukang sapu. Tenaga kerja ini biasanya disebut sebut sebagai tenaga kerja kasar karena pekerjaannya lebih banyak melibatkan kekuatan fisik.

4. Untuk meningkatkan hasil produksi, kelompok petani di daerah Purworejo menerapkan program panca usaha tani seperti memilih bibit unggul, penggunaan pupuk yang tepat, pemberantasan hama, pengairan yang cukup. Upaya peningkatan produksi yang dilakukan oleh kelompok petani adalah….
a. Rasionalisasi
b. Diversifikasi
c. Ekstensifikasi
d. Intensifikasi

Jawaban : D. Intensifikasi
Pembahasan : Intensifikasi yaitu suatu upaya untuk meningkatkan hasil produksi, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya dengan cara memperbaiki metode kerja dan meningkatkan produktivitas faktor produksi yang digunakan. 

5. Setiap tahun, Perusahaan membuka lowongan kerja untuk berbagai jenjang pendidikan dan jenis pekerjaan dari bagian administrasi sampai bagian keuangan. Upaya peningkatan produksi yang dilakukan oleh Perusahaan adalah….
a. Intensifikasi
b. Ekstensifikasi
c. Diversifikasi
d. Rasionalisasi

Jawaban : B. Ekstensifikasi
Pembahasan : Ekstensifikasi yaitu suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dengan cara menambah faktor-faktor produksi. Untuk menambah hasil industri, dilakukan upaya penambahan tenaga kerja, penambahan bahan baku atau penggantian mesin-mesin produksi dengan mesin yang lebih mutakhir.


Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan kegiatan pokok ekonomi yakni produksi IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Produksi Latihan Soal - Kegiatan Pokok Ekonomi Produksi Reviewed by Mas Ryan on 03.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.