Latihan Soal - Hubungan Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran, Harga dan Pasar

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang hubungan kelangkaan dengan penawaran, permintaan, harga, dan pasar untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!

latihan soal hubungan kelangkaan dengan permintaan


1. Penyebab kelangkaan adalah….
a. Kebutuhan manusia terbatas
b. Alat pemenuhan tidak terbatas
c. Pertumbuhan penduduk lebih kecil dibandingkan pertambahan barang dan jasa
d. Perbedaan letak geografis

Jawaban : D. perbedaan letak geografis
Kelangkaan adalah kondisi dimana alat pemenuh kebutuhan lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan manusia. kelangkaan membuat manusia berusaha menciptakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. selain alat pemenuh yang terbatas dan kebutuhan yang tidak terbatas, penyebab kelangkaan lainnya adalah pertumbuhan penduduk yang lebih besar dari pertambahan jumlah barang dan jasa yang diproduksi dan letak geografis yang berbeda-beda. Letak geografis yang berbeda-beda membuat ada daerah yang subur dan tidak subur, ada daerah pantai dan pegunungan. Sumber daya alam yang tersedia pun berbeda-beda.

2. Kelangkaan membuat manusia melakukan aktifitas ekonomi berupa….
a. Produksi
b. Konsumsi
c. Penawaran
d. Permintaan

Jawaban : A. Produksi
Kelangkaan mendorong manusia untuk memproduksi barang dan jasa. Manusia harus memenuhi kebutuhannya karena jika tidak terpenuhi maka dapat mengancam kehidupan manusia. Dengan memproduksi barang dan jasa, kebutuhan manusia terpenuhi. Selain produksi, kelangkaan juga mendorong manusia melakukan kegiatan distribusi barang dan jasa. Distribusi dari tempat berlebih ke tempat yang kekurangan.

3. Sebuah negara yang memiliki teknologi rendah sering mengalami kelangkaan. Hal tersebut dikarenakan oleh….
a. Letak geografis
b. Pertumbuhan penduduk yang tinggi
c. Keterbatasan kemampuan berproduksi
d. Bencana alam

Jawaban : C. keterbatasan kemampuan berproduksi
Negara yang memiliki teknologi rendah tidak dapat memproduksi barang dan jasa dengan jumlah besar dan kualitas baik, sehingga menyebabkan kelangkaan. Keterbatasan kemampuan berproduksi suatu negara dapat menimbulkan kekacauan seperti kelaparan penduduk. Teknologi sangat dibutuhkan dalam memproduksi barang dan jasa sehingga produsen diharapkan mampu mengembangkan teknologi agar produksi lebih efektif dan efisien.


4. Permintaan kebutuhan pokok naik pada saat….
a. Menjelang tahun ajaran baru
b. Menjelang hari kemerdekaan
c. Menjelas hari raya agama
d. Menjelang hari pahlawan

Jawaban : C. menjelang hari raya agama
Pada saat menjelang hari raya, masyarakat membeli bahan makanan lebih banyak dan bermacam-macam daripada hari-hari biasa. Permintaan kebutuhan pokok meningkat seperti kebutuhan daging ayam, daging sapi, telur dan kebutuhan lainnya. Ketika permintaan meningkat, umumnya, harga akan naik karena barang menjadi langka. Untuk mendapatkan barang dan jasa dibutuhkan pengorbanan (membayar) lebih banyak daripada biasanya.

5. Salah satu fungsi pasar adalah distribusi, maksudnya adalah….
a. Sumber pendapatan negara
b. Menciptakan lapangan pekerjaa
c. Penyetabil harga
d. Menyalurkan barang sehingga memperpendek jarak antara produsen dan konsumen

Jawaban : D. menyalurkan barang sehingga memperpendek jarak antara produsen dan konsumen
Fungsi distribusi memberikan keuntungan bagi pembeli dan penjual. Bagi pembeli, memperpendek jarak untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Bayangkan, jika ibu kalian ingin membeli daging ayam, daging sapi, susu sapi dan sayur-sayuran tetapi harus membeli langsung ke produsen, pasti repot kan ?. Bagi produsen, lebih mudah menjual barang dagangannya daripada dia berkelilingan untuk menawarkan barang dagangan.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan hubungan kelangkaan dengan penawaran, permintaan, harga, dan pasar IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Latihan Soal - Hubungan Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran, Harga dan Pasar Latihan Soal - Hubungan Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran, Harga dan Pasar Reviewed by Mas Ryan on 05.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.