Latihan Soal - Bidang-bidang Usaha dan Proses Kemandirian IPS Terpadu Kelas 7

Artikel Mataoker kali ini akan menyajikan latihan soal IPS Terpadu kelas 7 untuk materi bidang-bidang usaha. Selamat berlatih dan semoga bermanfaat.
Latihan Soal -  Bidang-bidang Usaha dan Proses Kemandirian IPS Terpadu Kelas 7


1. Kewirausahaan di bidang bisnis terbagi menjadi dua sektor yaitu…
a. Sektor primer dan sektor sekunder
b  Sektor formal dan sektor informal
c. Sektor pertanian dan sektor industri
d. Sektor konvensional dan sektor otomatis

Jawaban : B. sektor formal dan sektor informal
Pembahasan : sektor formal adalah sektor usaha yang membutuhkan syarat – syarat tertentu agar dapat melakukan kegiatan usaha. Misalnya izin usaha, dan biasanya bermodal besar serta memiliki kepastian hukum. Contohnya kontraktor, biro perjalanan, dan lain-lain. Sedangkan, sektor informal adalah sektor usaha atau kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orag yang sifatnya masih sederhana, modalnya rendah dan ruang lingkup usahanya belum luas. Contohnya padagang kaki lima, pedagang asongan, usaha jasa seperti penjahit, tukang cukur, tukang sol sepatu

2. Perhatikan ciri-ciri sektor usaha berikut ini.
1) Penggunaan sistem pembukuan yang profesional
2)Tidak memerlukan jenjang pendidikan yang tinggi
3)Diperlukan modal yang cukup besar untuk mendirikan perusahaan
4)Karyawan berasal dari keluarga sendiri
Ciri sektor usaha formal adalah…
a. 1) dan 2)
b. 3) dan 4)
c. 1) dan 3)
d. 2) dan 4)

Jawaban : C. 1) dan 3)
Pembahasan : Ciri-ciri usaha wirausaha yang bergerak dalam sektor ekonomi formal adalah sebagai berikut:
  • Memiliki izin resmi dari pemerintah
  • Kegiatan usaha yang dilakukannya dikenakan pajak
  • Umumnya berada di daerah perkotaan.
  • Menggunakan sistem pembukuan yang profesional.
  • Memerlukan modal yang cukup besar daripada sektor informal
3. Sikap mental yang selalu percaya diri dalam memecahkan segala persoalan tanpa bergantung pada bantuan orang lain disebut….
a. Mandiri
b. Percaya diri
c. Optimis
d. Egois

Jawaban : A. Mandiri
Pembahasan : Orang yang mandiri selalu melakukan segala sesuatu kepentingannya oleh sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Sikap kemadirian bukan berarti individualistis, melainkan berusaha untuk meminimalisasi bantuan dari orang lain terutama untuk kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukannya sendiri. Contohnya, seorang siswa menyempatkan untuk mempersiapkan semua kebutuhan sekolahnya sendiri dari mulai mempersiapkan jadwal pelajaran sampai menyiapkan perlengkapan sekolah yang lain.

4. Orang-orang yang dibesarkan di keluarga sederhana biasanya lebih mandiri dibandingkan dengan keluarga kaya yang serba ada. Hal ini menunjukan bahwa faktor kemandirian adalah…
a. Daya pikir
b. Cita-cita
c. Lingkungan
d. Kondisi fisik

Jawaban : C. lingkungan
Pembahasan : pengaruh lingkungan sangat memengaruhi kemandirian seseorang. Baik lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat. orang tua yang hidup sederhana biasanya mendidik anaknya lebih mandiri seperti mencuci baju sendiri, menyetrika dan diberi tugas rumah seperti menyapi dan memasang lampu. 

5. Aziz ingin menjadi seorang atlet lari seperti ayahnya. Karena itu, dia mulai menjadi anak yang lebih mandiri dan disiplin. Setiap hari, dia berlatih bersama ayahnya sesuai dengan jadual latihan. jika ayahnya tidak bisa menemani latihan, Aziz tetap berangkat sendiri ke tempat latihan. Hal ini menunjukan bahwa faktor kemandirian Aziz adalah…
a. Daya pikir
b. Cita-cita
c. Lingkungan
d. Kondisi fisik

Jawaban : B. Cita-cita
Pembahasan : cita-cita Aziz adalah menjadi atlet lari. Maka, dia melakukan latihan setiap hari dengan disiplin dan mandiri. Kemandirian Aziz terlihat saat ayahnya tidak bisa menemani dia latihan tetapi Aziz tetap berangkat latihan sendiri demi mencapai cita-citanya.


Nah, itu tadi artikel latihan soal IPS Terpadu kelas 7 tentang bidang-bidang usaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 
Latihan Soal - Bidang-bidang Usaha dan Proses Kemandirian IPS Terpadu Kelas 7 Latihan Soal -  Bidang-bidang Usaha dan Proses Kemandirian IPS Terpadu Kelas 7 Reviewed by Mas Ryan on 03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.