4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Secara Tepat

Di artikel kali ini kamu akan mendapatkan informasi tentang tips memilih jurusan kuliah secara tepat. Apa saja tips yang bisa kamu lakukan? Baca artikelnya sampai selesai ya.

Guys, siapa sih yang nggak mau masuk jurusan dan Universitas favorit yang sesuai dengan keinginan kita? Sekedar informasi nih, banyak di luar sana teman-teman kita yang salah dalam memilih jurusannya. Penyebabnya ada beberapa, bisa jadi karena ternyata jurusannya tidak sesuai dengan cita-citanya, atau jurusannya ternyata jauh dari minat dan bakatnya. Untuk itu, memilih jurusan yang tepat sangat penting. Jangan sampai salah, kalau salah, ribet urusannya. 

Nah, di sini Mataoker akan memberikan tips-tips yang pastinya akan bermanfaat agar teman-teman semua agar tidak salah memilih jurusan kuliahnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

tips pilih jurusan
sumber: kampusundip.com


1. Ketahui apa passion diri kita sendiri.
Hal ini adalah hal yang sangat mendasar untuk digali, tetapi justru yang paling sering diabaikan. Banyak mahasiswa di luar sana yang salah masuk jurusan karena tidak tahu atau telat mengetahui di mana passion dia sebenarnya. Passion ini sendiri bisa berdasarkan minat, hobi, dan bakat kita.

Misalnya, jika suka berinteraksi dengan hewan, maka bisa diambil jurusan peternakan atau kedokteran hewan. Suka mengikuti perkembangan politik, jurusan Ilmu Politik bisa dijadikan pilihan utama. Begitu juga yang lainnya. Maka, sedini mungkin harus diketahui di mana passion kita berada. Lebih cepat tahu lebih baik, karena tidak semua orang bisa mengetahui di mana passionnya secara cepat.

2. Tentukan apa cita-cita kita.
Hal ini berangkat dari tips yang pertama. Setelah kita mengetahui di mana passion kita, selanjutnya kita harus menentukan kita ingin menjadi apa setelah lulus kuliah nanti. Itulah yang namanya cita-cita. Jika kita suka berinteraksi dengan hewan, kita bisa menentukan cita-cita kita, mau jadi peternak atau seorang dokter hewan? Tinggal pilih jurusan yang sesuai dengan itu. Atau jika suka matematika, kita bisa menentukan ingin menjadi guru matematika, penganalisis data, atau lainnya? Jika ingin menjadi guru matematika, maka ambil jurusan pendidikan matematika, jika ingin menjadi penganalisis data, maka ambil jurusan statistika. Begitu juga dengan lainnya. 

pilih jurusan kuliah
sumber: https://www.cmwib.org/



3. Ketiga, pilih kampus yang sesuai.
Jika tips satu dan dua sudah dijalankan dengan baik, maka selanjutnya mudah. Kita tinggal pilih kampus yang sesuai keinginan dan kemampuan kita. Jurusan yang kita mau sudah ada, kita tinggal pilih kampus yang akreditasinya A, serta mau di luar kota yang jauh apa kota terdekat. 

4. Persiapan ideal 1-2 tahun.
Idealnya, kita harus sudah tahu passion, cita-cita, dan kampus tujuan kita itu 1 sampai 2 tahun sebelum lulus SMA. Artinya, maksimal kita sudah tahu sejak kelas 11. Dengan begitu, banyak waktu yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi yang ada. Nah, dalam mempersiapkan itu teman-teman sendiri bisa mengikuti bimbel online Ruangbelajar dari Ruangguru. Bimbel online Ruangbelajar sendiri sangat cocok diakses untuk persiapan masuk perguruan tinggi, baik SNMPTN maupun SBMPTN. 

Oh iya, mau ngingetin juga nih, kalau kamu langganan Ruangbelajar atau RuangbelajarPlus selama 1 atau 2 tahun, masukkan kode diskon ELIYANAUGIJJ ya. Nantinya kamu akan dapat diskon 60% lho. Berlaku selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020. Buruan yuk daftar sekarang dengan klik banner di bawah atau chat admin DISINI
4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Secara Tepat 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Secara Tepat Reviewed by Mas Ryan on 04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.