Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 10: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Langkah Menyusun

Berikut ini disajikan materi belajar teks laporan hasil observasi kelas 10 yang mencakup pengertian, tujuan, ciri, dan langkah menyusunnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar

Pengertian Bacaan Laporan Hasil Observasi

Bacaan laporan hasil observasi merupakan bacaan yang muat klasifikasi menimpa tipe suatu bersumber pada kriteria tertentu yang bertabiat global ataupun umum. Bacaan laporan lebih menekankan pada pengelompokan bermacam perihal ke dalam sesuatu tipe, cocok dengan karakteristik tiap tipe pada biasanya. Bacaan ini pula berkaitan dengan ikatan antara suatu kelas serta subkelas yang terdapat didalamnya.

 eks Laporan Hasil Observasi Kelas 10: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Langkah Menyusun

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Bacaan hasil observasi bertujuan buat menginformasikan keadaan objektif sesuatu perihal yang diamati serta dianalisis secara sistematis.

 

Ciri- ciri Teks Laporan Hasil Observasi

o Bersifat universal( global serta univesal)

o Menekankan pada pengelompokan bermacam perihal ke dalam tipe cocok dengan karakteristik tiap tipe pada umumnya

o Berkaitan dengan ikatan berjenjang antara suatu kelas serta subkelas yang terdapat didalamnya.

Baca Juga:  Latihan Soal Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 10

Langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Berikutnya kita hendak mengulas tentang langkah- langkah membuat bacaan laporan hasil observasi. Langkah- langkahnya ialah:

1. Langkah awal, ialah tentukan tema aktivitas observasi

2. Langkah kedua, ialah tentukan tujuan observasi

3. Langkah ketiga, ialah melaksanakan observasi. Setelah itu simak langkah- langkah yang ada dalam struktur bacaan laporan hasil observasi bagian anggota/ aspek yang dilaporkan.

4. Langkah keempat, ialah menyusun kriteria aspek yang wajib dilaporkan. Sehabis melaksanakan observasi serta memperoleh data- datanya, kita wajib menyusun kriteria aspek yang hendak dibahas, diseskripsikan serta dilaporkan dalam bacaan laporan hasil observasi.

5. Langkah kelima, ialah menghalangi aspek yang wajib dilaporkan. Kita wajib menghalangi aspek apa saja yang wajib dilaporkan, supaya tidak keluar dari tujuan yang telah terbuat.

6. Langkah keenam, ialah mulai mendeskripsikan unsur- unsur yang dipaparkan cocok aspeknya. Diawali dengan mendefinisikan ataupun mengartikan aspek yang diseleksi berbentuk statment universal. Jangan kurang ingat buat memakai kaidah kebahasaan kalimat definisi.

7. Langkah ketujuh, ialah memenuhi bacaan laporan hasil observasi dengan informasi serta foto. Sehabis terbuat definisi aspek yang diseleksi, tambahkan data- data yang didapatkan dari hasil observasi dapat berbentuk foto ataupun informasi yang berbentuk angka yang menampilkan sesuatu dimensi. Jangan kurang ingat pakai kaidah kalimat simpleks serta lingkungan, konjungsi, persamaan kata(sinonim), serta lawan kata(antonim).

8. Langkah kedelapan, ialah membuat simpulan hasil observasi. Sehabis dilengkapi dengan informasi serta foto, kita dapat membuat kesimpulan dari hasil observasi yang sudah kita jalani.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang teks laporan hasil observasi kelas 10. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 10: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 10: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Langkah Menyusun Reviewed by Mas Ryan on 04.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.