Teks Anekdot Kelas 10: Pengertian, Ciri, dan Struktur

Berikut ini disajikan materi belajar teks anekdot kelas 10 yang mencakup pengertian, ciri, struktur. Semoga bermanfaat dan selamat belajar
Teks Anekdot Kelas 10: Pengertian, Ciri, dan Struktur

Pengertian Teks Anekdot

Teks Anekdot merupakan cerita pendek yang di dalamnya memiliki faktor lucu serta memiliki iktikad buat melaksanakan kritikan. Teks anekdot umumnya mengkritik tentang layanan publik, politik, area, serta sosial. 

Ciri Teks Anekdot

1. Mempunyai watak humoris, lucu, menggelitik, serta berbau candaan tetapi menyindir 
Teks anekdot memanglah terbuat dengan tujuan membagikan kritik dengan metode yang berbeda. Semacam guyonan yang memanglah disengaja buat menyindir. Umumnya menyangkut isu sosial dalam negara. 

2. Terselip kritikan 
Memanglah salah satu tujuan dibuatnya suatu Teks berupa anekdot ialah pembuatnya hendak menyelipkan kritikan dengan metode yang lucu supaya dapat diterima oleh warga. 

3. Berbentuk Teks yang mendekati perumpamaan 
Cerita yang di informasikan oleh Teks anekdot nyaris mirip dengan dongeng. Seperti karangan cerita bersumber pada imajinasi serta ditambah dengan seluruh perihal yang bertabiat nyata yang memanglah terjalin di warga. 

4. Menunjukkan tokoh yang dekat dengan kehidupan tiap hari ataupun orang penting 
Umumnya di suatu Teks anekdot ada tokoh memanglah kita temui di dunia nyata. 

Struktur Teks Anekdot 

1. Abstraksi 
Struktur Teks anekdot yang awal ialah abstraksi. Abstraksi berperan buat menggambarkan Teks anekdot secara universal sehingga pembaca dapat membayangkan. 

2. Orientasi 
Orientasi merupakan dini peristiwa pada cerita serta pula bagian yang menarangkan latar balik kenapa kejadian utama dalam cerita dapat terjalin. 

3. Krisis 
Krisis merupakan bagian yang menarangkan tentang pokok permasalahan utama dengan corak unik pula tidak biasa. Apalagi terjalin pada diri penulisnya. 

4. Reaksi 
Struktur respon ini berhubungan besar dengan struktur krisis. Respon ialah bagian yang hendak memenuhi berbentuk penyelesaian permasalahan memakai metode yang pula unik serta berbeda. 

5. Koda 
Struktur Teks anekdot yang terakhir ialah Koda. Koda merupakan bagian yang menutup cerita dalam Teks tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang teks anekdotn kelas 10 Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Teks Anekdot Kelas 10: Pengertian, Ciri, dan Struktur Teks Anekdot Kelas 10: Pengertian, Ciri, dan Struktur Reviewed by Mas Ryan on 03.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.