Penawaran, Permintaan, Harga, dan Pasar Kelas 7 - Latihan Soal dan Pembahasan

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang penawaran, permintaan, harga, dan pasar untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!
Penawaran, Permintaan, Harga, dan Pasar Kelas 7

1. Jika jumlah penduduk meningkat, jumlah permintaan akan… 
A. Meningkat 
B. Menurun 
C. Tetap 
D. Tidak menentu 

Jawaban: A. meningkat 
Jumlah penduduk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan. Jika jumlah penduduk meningkat, permintaan juga akan ikut meningkat karena kebutuhan manusia ada yang bersifat individu seperti makan, minum, baju, dan sepatu. Ketika jumlah penduduk meningkat, permintaan akan barang-barang tersebut juga akan meningkat. Selain jumlah penduduk, faktor lainnya adalah harga barang tersebut, harga barang lainnya, pendapatan/gaji serta selera masyarakat. 

2. Jika teknologi semakin canggih, jumlah penawaran akan…. 
A. Meningkat 
B. Menurun 
C. Tetap 
D. Tidak menentu 

Jawaban : A. meningkat 
Teknologi semakin canggih, maka jumlah barang yang dapat diproduksi semakin banyak dan semakin cepat sehingga jumlah penawaran barang akan meningkat. Misalnya, sejak ada toko online, penawaran barang dan jasa meningkat karena orang tidak perlu menyewa tempat untuk memajang dagangannya. Penjual cukup mengunggah foto produk dan jasanya di internet. Selain teknologi, faktor lainnya meliputi biaya produksi, harapan mendapat laba dan kebijakan pemerintah. 

3. Harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli disebut…. 
A. Harga keserasian 
B. Harga keseimbangan 
C. Harga timpang 
D. Harga asli 


Jawaban : B. harga keseimbangan 
Proses terjadinya harga keseimbangan hasil tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Penjual ingin menjual dengan harga mahal, sedangkan pembeli ingin membeli dengan harga murah. jika penjual tidak menurunkan harga yang ditawarkan dan pembeli tidak menaikan harga yang diminta maka keduanya tidak akan mendapatkan keuntungan, maka proses tawar-menawar pun terjadi hasilnya adalah harga keseimbangan. Harga keseimbangan terjadi secara alami dan dapat pula dibuat oleh pemerintah melalui kebijakan-kebijakan pemerintah. 

4. Menurut wujudnya, toko online disebut sebagai pasar…. 
A. Pasar harian 
B. Pasar tahunan 
C. Pasar konkret 
D. Pasar abstrak 

Jawaban: D. Pasar abstrak 
Menurut wujudnya, pasar dibagi menjadi dua meliputi pasar konkret dan pasar abstrak. pasar abstrak merupakan pasar yang diakibatkan perkembangan teknologi. Jika sebelumnya, penjual, pembeli dan barang yang dijual harus berada dalam satu tempat, namun dengan perkembangan teknologi, hal tersebut berubah. Ciri-ciri pasar meliputi salah satu unsur, baik penjual, pembeli dan barang yang dijual tidak dalam satu tempat. Pasar abstrak membuat jual-beli barang lebih mudah karena orang tidak perlu bertemu untuk bertransaksi. 

5. Menurut organisasinya, PLN merupakan contoh pasar… 
A. Persaingan sempurna 
B. Monopolistik 
C. Monopoli 
D. Oligopoli 

Jawaban: C. Monopoli 
Pasar monopoli termasuk dalam pasar persaingan tidak sempurna, dimana penjual dapat menentukan harga karena hanya ada satu penjual. Ciri lainnya adalah barang yang dijual unik, tidak ada pengganti, dan hambatan memasuki pasar sangat besar. Pasar monopoli dapat terjadi secara alami seperti google dan ada juga yang karena buatan seperti PLN, dan PT.Kereta Api Indonesia

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan penawaran, permintaan, harga, dan pasar IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Penawaran, Permintaan, Harga, dan Pasar Kelas 7 - Latihan Soal dan Pembahasan Penawaran, Permintaan, Harga, dan Pasar Kelas 7 - Latihan Soal dan Pembahasan Reviewed by Mas Ryan on 04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.