Latihan Soal - Kreatif dan Inovatif dalam Ekonomi IPS Terpadu Kelas 7

Artikel Mataoker kali ini akan menyajikan latihan soal IPS Terpadu kelas 7 untuk materi kreatif dan inovatif dalam ekonomi. Selamat berlatih dan semoga bermanfaat.

Latihan Soal - Kreatif dan Inovatif dalam Ekonomi IPS Terpadu Kelas 7


1. Pak Ahmad dikenal sebagai salah satu wirausaha yang sukses di bidang kerajinan. Dia  membuat usaha kerajinan tangan dari botol plastik bekas. Faktor yang melekat pada Pak Ahmad  adalah…
a. Pesimis
b. Mudah putus asa
c. Tidak disiplin
d. Dapat menciptakan peluang

Jawaban : D. dapat menciptakan peluang
Pembahasan: Banyak faktor yang membuat seorang wirausaha berhasil. Salah satu faktor yang mendorong seorang wirausaha berhasil adalah dapat menciptakan peluang. Pak Ahmad adalah orang yang melihat botol plastik bukan sebagai sampah melainkan peluang usaha untuk dijadikan kerajinan. Selain dapat melihat peluang, faktor lainnya adalah pantang menyerah, disiplin dalam administrasi dan keuangan, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan memiliki visi, misi dan strategi dalam usahanya.

2. Banu berjualan es klapa muda setelah pulang sekolah. Dia berjualan untuk membeli keperluan sekolah. Banu tidak malu. Ciri wirausaha yang ada pada diri banu adalah….
a. Percaya diri
b. Berani mengambil risiko
c. Berorientasi pada hasil
d. Mampu melihat peluang

Jawaban : A. Percaya diri
Pembahasan: Percaya diri adalah modal penting dalam berwirausaha. Pengusaha-pengusaha sukses memulai dari berjualan kecil-kecilan. Beberapa dari mereka menjual dengan cara dari rumah ke rumah. Kepercayaan diri membuat mereka tidak malu ketika harus berjualan atau mulai merintis usaha. Seorang wirausaha yang percaya diri lebih sukses karena mereka memperkenalkan produknya dengan meyakinkan sehingga konsumen tertarik.

3. Di daerah Pak Bari tinggal terdapat banyak pengangguran. Pak Bari berinisiatif untuk membuat usaha bank sampah dan memperkerjakan masyarakat sekitar rumah Pak Bari tidak menganggur lagi. Peran wirausaha yang dilakukan pak bari adalah....
a. Membayar pajak
b. Menciptakan lapangan kerja
c. Menambah pendapatan nasional
d. Agar pak bari menjadi kaya raya

Jawaban : B. Menciptakan lapangan kerja
Pembahasan: Wirausaha adalah seorang yang mengatur faktor produksi agar dapat menghasilkan barang atau jasa yang efisien. Salah satu faktor produksi adalah tenaga kerja. Pak Bari memperkerjakan orang-orang disekitar yang menganggur. Salah satu penyebab keberhasilan dari berwirausaha adalah kemampuan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki seperti yang dilakukan oleh pak bari.

4. Semakin banyak jumlah wirausaha yang berhasil, pemerintah semakin banyak mendapatkan uang. Peran wirausaha tersebut adalah….
a. Menciptakan lapangan pekerjaan
b. Menambah pendapatan nasional
c. Menambah penghasilan pajak
d. Negara semakin maju

Jawaban : C. menambah penghasilan pajak
Pembahasan: Pemerintah mewajibkan pajak yang diambil dari orang-orang yang berpengasilan. Jika semakin banyak wirausaha, semakin banyak juga orang-orang yang wajib membayar pajak. Uang pajak yang dikumpulkan digunakan untuk membangun sekolah, jembatan, jalan raya, dan fasilitas umum lainnya. Pajak juga digunakan untuk membantu masyarakat miskin agar lebih sejahtera dengan memberikan bantuan-bantuan seperti sembako murah dan sekolah gratis.

5. Penyebab seorang gagal dalam berwirausaha adalah….
a. Mampu melihat peluang usaha
b. Disiplin dalam administrasi dan keuangan
c. Memiliki strategi, visi dan misi yang jelas dalam berwirausaha
d. Kurang memahami usaha yang dijalankan.

Jawaban : D. kurang memahami usaha yang dijalankan
Pembahasan: Selain kurang memahi usaha yang dijalankan, faktor yang penyebab kegagalan dana berwirausaha adalah tidak fokus, tergesa-gesa, tidak mampu menciptakan peluang, tidak disiplin dalam administrasi dan keuangan serta mudah asa. Seorang wirausaha akan menghadapi masalah dalam menjalankan usahanya dan bagaimana cara menyelesaikannya akan menentukan apakah wirausaha akan gagal atau berhasil. Wirausaha yang memiliki ciri diatas akan gagal karena tidak mampu menyelesaikan masalah.


Nah, itu tadi artikel latihan soal IPS Terpadu kelas 7 tentang kreatif dan inovatif dalam ekonomi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 
Latihan Soal - Kreatif dan Inovatif dalam Ekonomi IPS Terpadu Kelas 7 Latihan Soal - Kreatif dan Inovatif dalam Ekonomi IPS Terpadu Kelas 7 Reviewed by Mas Ryan on 03.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.