Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Islam

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang kehidupan masa kerajaan Islam untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!

Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Islam


1. Teori yang menyatakan bahwa Islam berasal dari Tiongkok didukung oleh.... 
a. Snouck Hurgronje
b. Naquib Al-Attas
c. Slamet Muljana
d. N.A. Baloch 

Kunci jawaban: C. Slamet Muljana
Pembahasan:
Proses masuknya agama dan budaya Islam ke Indonesia memiliki beberapa teori, salah satunya adalah teori Tiongkok. Teori ini didukung oleh Slamet Muljana. Teori Tiongkok menyebutkan bahwa Sultan Demak dan Wali Songo merupakan keturunan Tiongkok. Contohnya adalah Sultan Demak disebut Jin Bun, Sunan Ampel bernama Bong Swi Hoo, Sunan Gunung Jati bernama Toh Ah Bo. 

2. Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-13 dibuktikan dengan adanya.... 
a. catatan perjalanan I-Tsing
b. catatan perjalanan Marcopolo 
c. munculnya pedagang yang singgah di Sriwijaya
d. adanya makam Fatimah binti Maimun di Leran

Kunci jawaban: B. catatan perjalanan Marcopolo
Pembahasan:
Bukti yang menyebutkan bahwa Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-13 adalah catatan perjalanan Marcopolo. Catatan perjalanan tersebut ditulis Marcopolo saat sedang melakukan perjalanan dari Tiongkok ke Persia, ia kemudian singgah di wilayah Aceh. Catatan perjalanan Marcopolo menceritakan bahwa Marcopolo menemukan penduduk beragama Islam di Aceh pada tahun 1292. 


3. Kesultanan Pajang mengalami masa kejayaan saat diperintah oleh.... 
a. Sutawijaya
b. Jaka Tingkir
c. Arya Pangiri
d. Pangeran Benawa

Kunci jawaban: B. Jaka Tingkir
Pembahasan:
Kesultanan Pajang didirikan oleh Jaka Tingkir atau Adiwijaya sekitar abad ke-16. Kesultanan Pajang mengalami puncak kejayaan yang singkat saat dipimpin oleh Jaka Tingkir. Kejayaan Pajang mulai menurun setelah Jaka Tingkir wafat pada tahun 1582. Hal itu karena perebutan tahta kekuasaan antara Arya Pangiri dan Pangeran Benawa.

4. Kemunculan golongan ulama dalam kehidupan masyarakat pada masa Islam merupakan salah satu dampak masuknya agama dan kebudayaan Islam dalam bidang.... 
a. sosial
b. politik
c. budaya
d. pendidikan

Kunci jawaban: A. sosial
Pembahasan:
Proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Nusantara membawa berbagai pengaruh dalam kehidupan masyarakat. Pengaruh tersebut terlihat pada munculnya golongan ulama atau golongan agamawan dalam masyarakat. Kemunculan golongan ulama ini menandai bahwa masuk dan berkembangnya Islam ke Nusantara membawa pengaruh dalam bidang sosial. 

5. Salah satu pengaruh masuknya Islam ke Nusantara dalam bidang budaya adalah.... 
a. penyebutan pemimpin kerajaan sebagai sultan
b. adanya hikayat, babad, suluk yang ditulis oleh ulama Indonesia
c. munculnya seni melukis indah berupa tulisan Arab atau kaligrafi
d. adanya santri atau seseorang yang mengenyam pendidikan di pesantren

Kunci jawaban: C. munculnya seni melukis indah berupa tulisan Arab atau kaligrafi
Pembahasan:
Pengaruh masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara terlihat dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang budaya. Beberapa pengaruh dalam bidang budaya antara lain adalah masjid, keraton, nisan, kaligrafi, dan seni ukir. Kaligrafi adalah seni menulis indah berupa tulisan Arab. Kaligrafi biasanya dipahatkan pada batu atau kayu. Kaligrafi ini berkembang pada abad ke-16 sampai abad ke-17. 

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan kehidupan masa kerajaan Islam IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya
Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Islam Latihan Soal - Kehidupan Masa Kerajaan Islam Reviewed by Mas Ryan on 03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.