Konsep Kebutuhan dan Kelangkaan Kelas 7 - Latihan Soal dan Pembahasan

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang konsep kebutuhan dan kelangkaan untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!
Konsep Kebutuhan dan Kelangkaan Kelas 7 - Latihan Soal dan Pembahasan

1. Kebutuhan manusia bersifat…. 
A. Terbatas 
B. Sangat terbatas 
C. Tidak terbatas 
D. Secukupnya saja 

Jawaban : C. Tidak terbatas 
Selain tidak terbatas, kebutuhan manusia juga terus bertambah dan bermacam-macam. Hal ini disebabkan oleh sifat manusia yang tidak pernah puas, padahal, alat pemenuh kebutuhan terbatas sehingga menyebabkan kelangkaan. Kebutuhan manusia dibagi menjadi beberapa jenis, misalnya, menurut tingkatannya, menurut sifatnya, menurut waktu penggunaannya dan menurut subjeknya. Kebutuhan manusia memberikan dorongan kepada manusia untuk terus berkembang dalam membuat barang-barang yang dibutuhkan. 

2. Keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ekonomi disebut…. 
A. Kebutuhan 
B. Kelangkaan 
C. Kekurangan 
D. Kelebihan 

Jawaban : B. kelangkaan 
Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dibandingkan dengan alat pemenuh kebutuhan yang terbatas akan menyebabkan kelangkaan. Kelangkaan menyebabkan manusia melakukan pengorbanan, biasanya membayar sejumlah uang. Misalnya, ada dua barang yaitu udara dan baju. Sifat dari udara tidak terbatas maka kalian tidak perlu melakukan pengorbanan atau membayar udara menghirup udara. Bandingkan dengan baju yang jumlah terbatas, maka untuk memperoleh baju kalian harus melakukan pengorbanan atau membayar sejumlah uang. 

3. Barang yang fungsinya saling melengkapi adalah…. 
A. Barang produksi 
B. Barang konsumsi 
C. Barang substitusi 
D. Barang komplementer 


Jawaban : D. barang komplementer 
Jika barang ini tidak terpenuhi maka kegunaan barang lainnya tidak optimal, misalnya, kalian minum teh tanpa mencampurkan gula. Ada beberapa barang komplementer yang bahkan tidak berguna jika tidak terpenuhi. Misalnya, kalian kehilangan sepatu sebelah kanan, maka sepatu sebelah kiri pun tidak dapat dipakai. Hubungan harga dan permintaan barang komplementer adalah terbaik, misalnya, ketika harga teh naik maka permintaan gula akan menurun 

4. Menurut waktu penggunaannya, pada saat hujan, payung termasuk kebutuhan…. 
A. Kebutuhan sekarang 
B. Kebutuhan yang akan dating 
C. Kebutuhan individual 
D. Kebutuhan kelompok 

Jawaban: A. Kebutuhan sekarang 
Jika kalian tidak memiliki payung pada saat hujan, maka kalian akan kehujanan. Payung menjadi kebutuhan sekarang yang harus dipenuhi pada saat hujan dan tidak dapat ditunda. Kebutuhan sekarang mempengaruhi secara langsung kepada manusia apabila tidak terpenuhi. Selain payung pada saat hujan, contoh lain dari kebutuhan sekarang meliputi makan saat lapar, minum saat haus dan tidur saat mengantuk. 

5. Contoh dari barang setengah jadi adalah…. 
A. Nasi 
B. Beras 
C. Kapas 
D. Kain 

Jawaban: D. Kain 
Barang setengah jadi sudah melewati proses dari barang mentah tapi masih belum dapat digunakan sehingga membutuhkan proses lebih lanjut. Barang setengah jadi terletak antara barang mentah dan barang jadi. Kain perlu dijahit agar menjadi baju atau celana. Contoh lainnya adalah papan kayu diolah agar manjadi pintu, jendela atau meja. Barang setengah jadi yang telah diproses menjadi barang jadi akan mengalami perubahan bentuk menjadi siap pakai.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan konsep kebutuhan dan kelangkaan IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Konsep Kebutuhan dan Kelangkaan Kelas 7 - Latihan Soal dan Pembahasan Konsep Kebutuhan dan Kelangkaan Kelas 7 - Latihan Soal dan Pembahasan Reviewed by Mas Ryan on 03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.