Kegiatan Ekonomi dan Kaitannya dengan IPTEK Kelas 7- Latihan Soal dan Pembahasan

Berikut ini disajikan latihan soal dan pembahasan tentang kegiatan ekonomi dan kaitannya dengan IPTEK untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas 7. Selamat belajar!
Kegiatan Ekonomi dan Kaitannya dengan IPTEK

1. Kegiatan usaha manusia untuk memenuhi semua kebutuhan disebut…. 
A. Kegiatan ekonomi 
B. Produksi 
C. Konsumsi 
D. Distribusi 

Jawaban : A. Kegiatan Ekonomi 
Kegiatan ekonomi dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dan terus bertambah. Kegiatan ekonomi mencakup produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan ekonomi yang bertujuan menambah nilai kegunaan suatu barang disebut produksi. Kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan barang dan jasa ke konsumen disebut distribusi. Kegiatan mengurangi atau menghabiskan kegunaan barang dan jasa disebut konsumsi. 

2. Faktor produksi berupa tanah, air dan hutan disebut…. 
A. Modal 
B. Kewirausahaan 
C. Tenaga kerja 
D. Sumber daya alam 

Jawaban: D. Sumber daya alam 
Sumber daya alam sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai faktor produksi karena tanpa faktor produksi ini, manusia tidak dapat memproduksi barang dan jasa apapun. Faktor produksi sumber daya alam ada yang bisa diperbaharui seperti air dan hutan tetapi ada ada juga yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batu bara. Sumber daya alam setiap daerah berbeda jenis dan jumlahnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh letak geografis. 


3. Contoh dari pedagang besar adalah…. 
A. Toko kelontong 
B. Agen gas elpiji 3 kg 
C. Importir 
D. Pedagang asongan 

Jawaban : C. Importir 
Pedagang besar membeli barang langsung dari produsen. Sesuai namanya, pedagang besar membeli barang dalam jumlah besar. Barang yang dibeli dari produsen dijual ke pedagang kecil atau retail,mulai dari supermarket, minimarket, toko kelontong dan pedagang asongan. Peran pedagang besar sangat penting dalam distribusi karena biasanya produsen tidak mau menjual barang secara eceran. Selain importir, pedagang besar juga meliputi grosir dan eksportir. 

4. Contoh dari dampak buruk perkembangan teknologi dalam kegiatan produksi adalah…. 
A. Produksi barang semakin banyak dan cepat 
B. Kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan mudah 
C. Polusi udara akibat asap pabrik 
D. Banyak menciptakan lapangan pekerjaan 

Jawaban : C. Polusi udara akibat asap pabrik 
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat produksi semakin cepat. Pabrik-pabrik menghasilkan ribuan atau bahkan ratusan ribu baju, sepeda motor, mobil, dan barang kebutuhan lainnya dalam waktu satu hari. Mesin membutuhkan bahan bakar dan setiap mesin mengeluarkan gas pembuangan yang semakin hari semakin banyak menumpuk di udara. Polusi udara menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. 

5. Contoh dampak positif perkembangan teknologi dalam kegiatan konsumsi adalah…. 
A. Masyarakat lebih boros 
B. Masyarakat menjadi individualistis 
C. Kebutuhan masyarakat terpenuhi 
D. Masyarakat lebih susah mencari pekerjaan 

Jawaban : C. kebutuhan masyarakat terpenuhi 
Konsumsi adalah kegiatan terakhir dalam kegiatan ekonomi yaitu menghabiskan nilai dari barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat masyarakat lebih mudah memenuhi kebutuhannya. Misalnya, dengan adanya ojek online, selain sebagai sarana transportasi, kalian juga dapat memesan makanan, mengirim barang bahkan memesen tiket bioskop. Pada masa yang akan dating, kebutuhan manusia akan semakin banyak dan teknologi menjadi sangat penting dalam hal kemampuan berproduksi.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang latihan soal dan pembahasan tentang kegiatan ekonomi dan kaitannya dengan IPTEK IPS Terpadu kelas 7. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Kegiatan Ekonomi dan Kaitannya dengan IPTEK Kelas 7- Latihan Soal dan Pembahasan Kegiatan Ekonomi dan Kaitannya dengan IPTEK Kelas 7- Latihan Soal dan Pembahasan Reviewed by Mas Ryan on 04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.