Latihan Soal Unsur Kebahasaan Teks Fiksi Kelas 12

Artikel kali ini akan menyajikan soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 tentang unsur kebahasaan teks fiksi. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!
Latihan Soal Unsur Kebahasaan Teks Fiksi Kelas 12
sumber foto: https://hugeorange.com/



Soal 1
Unsur kebahasaan yang biasanya terdapat pada cerpen atau novel adalah....
a. verba material
b. frasa adverbia 
c. peribahasa 
d. konjungsi
e. ajektif

Jawaban : c
Pembahasan : unsur kebahasaan yang biasanya terdapat pada cerpen atau novel yaitu majas atau gaya bahasa, peribahasa, dan ungkapan. Pilihan a, b, d, dan e bukan merupakan unsur kebahasaan yang terdapat pada cerpen atau novel. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan c. 

Soal 2 
Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Arin sebenarnya tahu jika orang tuanya merasa keberatan bukan karena dia harus tinggal bersama bibinya. Namun, karena mereka tidak mampu untuk mensekoahkan Arin di sana. Arin pun bimbang dan ragu. Di satu sisi dia ingin berkumpul lagi bersama orang tuanya, di sisi lain dia tahu ayahnya tak punya uang untuk menyekolahkannya. Hari demi hari berlalu, Arin semakin rindu kepada keluarga kecilnya. Tak jarang dia selalu menangis hingga larut malam.

Berdasarkan kutipan di atas, ungkapan yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah.... 
A. keluarga kecil 
B. orangtua 
C. hari demi hari 
D. l arut malam 
E. semakin rindu 



Jawaban : a
Pembahasan : Keluarga kecil merupakan sebuah ungkapan yang memiliki arti keluarga yang jumlahnya tidak banyak maka dikatakan sebagai keluarga kecil. Sedangkan larut malam bukan merupakan ungkapan, melainkan frasa. Pilihan b, c, dan e juga bukan merupakan pilihan yang tepat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan a. 

Soal 3
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Jarum jam di tangannya masih menunjukkan pukul 6 pagi ketika Keira menginjakkan kaki di terminal kota. Udara pagi yang dingin menusuk-nusuk tulangnya tanpa ampun. Keira merapatkan jaket denim yang memberinya kehangatan tak seberapa. Sementara itu calo angkutan mulai berteriak mencari penumpang di antara hilir mudik orang dan penjual asongan.

Berdasarkan kutipan di atas, unsur kebahasaan yang dapat ditemukan pada kalimat yang bercetak tebal adalah gaya bahasa, yaitu gaya bahasa.... 
A. ironi 
B. repetisi 
C. hiperbola 
D. metafora 
E. personifikasi 

Jawaban : e
Pembahasan : Kalimat yang bercetak tebal menggunakan gaya bahasa perbandingan yaitu gaya bahasa atau majas personifikasi. Majas personifikasi yaitu majas atau gaya bahasa yang menggambarkan benda mati seolah-olah hidup. Pada kalimat bercetak tebal, udara pagi seolah-olah hidup dan menusuk tulang Keira. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pilihan e.

Soal 4
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Suasana pagi yang indah, semilir angin yang berhembus dari arah laut, menyeberangi bebatuan karang yang berbaris dengan rapi di mulut pantai. Seakan tak mau kalah untuk turut memeriahkan suasana pagi, burung-burung saling berbalas kicauan indah menambah semarak menyambut datangnya pagi. Dari ufuk timur, sang surya mulai mengintip, dengan senyumnya yang sumbringah seakan memberikan semangat baru kepada seluruh penghuni Pulau Sabang. Pulau yang begitu indah, Pulau yang merupakan titik ujung barat Indonesia ini memang terkenal akan keindahan pantainya yang masih begitu terjaga dengan baik, yang akan membuat siapapun jatuh cinta dan akan enggan untuk meninggalkan Pulau ini.

Berdasarkan kutipan teks berikut, kalimat yang bercetak tebal merupakan kalimat yang menggunakan gaya bahasa.... 
A. metafora 
B. personifikasi 
C. litotes 
D. hiperbola 
E. sinisme 

Jawaban : b 
Pembahasan : Kalimat yang bercetak tebal menggunakan gaya bahasa perbandingan yaitu gaya bahasa atau majas personifikasi. Majas personifikasi yaitu majas atau gaya bahasa yang menggambarkan benda mati seolah-olah hidup. Pada kalimat bercetak tebal, udara pagi seolah-olah hidup dan menusuk tulang Keira. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pilihan b.



Soal 4 
Perhatikan kutipan teks berikut!

Letak desa Batu yang berada di dasar lembah, berkelilingkan bukit-bukit berhutan lebat dan berbatu cadas, membuat desa ini benar-benar terisolir, jangankan kecanggihan teknologi yang mereka dapat. Bantuan medis, tenaga pendidik serta bahan makanan pokok pun tak terjangkau ke sana. Bukannya pemerintah tak ingin, namun transportasi yang tak memadai. Mungkin hanya segelintir orang yang telah terbiasa dan berurusan penting saja bisa ke desa ini. Hal ini menyebabkan anak-anak jauh dari namanya pendidikan, setiap hari mereka hanya disibukkan dengan urusan perut belaka. Entah kapan penduduk di sini bisa dijamahi oleh kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi dan entah kapan masanya anak-anak di sini dapat mengenyam namanya pendidikan, padahal mereka adalah harapan bangsa, dari tangan-tangan mungil mereka itulah kelak penentu ke mana negeri ini akan dibawa.

Berdasarkan kutipan teks di atas, kata yang bercetak tebal termasuk dalam unsur kebahasaan.... 
A. frasa 
B. ungkapan 
C. peribahasa 
D. gaya bahasa 
E. kata kiasan 

Jawaban : b
Pembahasan : Kata yang bercetak tebal merupakan sebuah ungkapan. Tenaga pendidik merupakan ungkapan yang memiliki arti seseorang yang bertugas membimbing, pengajar, dan/atau pelatih peserta didik. Tenaga pendidik bukan merupakan peribahasa, gaya bahasa dan kata kiasan. Tenaga pendidik memang merupakan sebuah frasa tapi frasa bukan termasuk dalam unsur kebahasaan teks fiksi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan b.


Nah itu tadi beberapa contoh latihan soal unsur kebahasaan teks fiksi kelas 12 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sampai jumpa di artikel lainnya ya
Latihan Soal Unsur Kebahasaan Teks Fiksi Kelas 12 Latihan Soal Unsur Kebahasaan Teks Fiksi Kelas 12 Reviewed by Mas Ryan on 07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.