Latihan Soal Teks Kritik dan Esai Kelas 12

Artikel berikut ini akan menyajikan beberapa soal latihan teks kritik dan esai mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12. Selamat belajar!
Latihan Soal Teks Kritik dan Esai Kelas 12
sumber foto: grow-media.co.u



Soal 1 
Di bawah ini yang termasuk dalam ciri-ciri kritik sastra yaitu... 
A. Singkat 
B. Memiliki gaya pembeda 
C. Memberikan pertimbangan baik dan buruk (kelebihan dan kekurangan) 
D. Selalu tidak utuh 
E. Memenuhi keutuhan penulisan 

Jawaban : C 
Pembahasan : Ciri-ciri kritik sastra yaitu memberikan tanggapan terhadap hasil karya, memberikan pertimbangan baik dan buruk (kelebihan dan kekurangan), pertimbangan bersifat obyektif, memaparkan kesan pribadi kritikus terhadap sebuah karya sastra, memberikan alternatif perbaikan atau penyempurnaan, tidak berprasangka, tidak terpengaruh siapa penulisnya. Maka pilihan yang tepat yaitu pilihan C. Sedangkan pilihan A, B, D dan E termasuk dalam ciri-ciri esai. 

Soal 2 
Perhatikan poin-poin berikut! 

(1) Memberikan tanggapan terhadap hasil karya sastra 
(2) Mempunyai nada pribadi atau bersifat personal 
(3) Memberikan pertimbangan baik dan buruk (kelebihan dan kekurangan) 
(4) Berbentuk prosa 
(5) Pertimbangan bersifat obyektif 
(6) Selalu tidak utuh 

Berdasarkan poin-poin di atas yang termasuk dalam ciri-ciri esai yaitu... 
A. (1), (2), (3) 
B. (4), (5), (6) 
C. (1), (3), (5) 
D. (2), (4), (6) 
E. (3), (4), (5) 



Jawaban : D 
Pembahasan : Poin-poin yang termasuk dalam ciri-ciri esai terdapat pada poin (2), (4), dan (6). Sedangkan pada poin (1), (3) dan (5) termasuk dalam ciri-ciri kritik sastra. Pilihan A, B, C dan E terdapat campuran ciri-ciri kritik sastra dan esai. Maka pilihan yang tepat adalah D. 

Soal 3
Cermatilah penggalan cerpen berikut! 

Aku memberi selamat kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan. 
“Monggo, Den Yanto, silahkan duduk.” 
Den Yanto! Ia memanggilku den, tidak lagi nak. 
Aku tertarik pada seorang bocah patah di seblah Sumarni. 
Entah mengapa aku ingin menegurnya. Apakah karena matanya mirip dengan Sri? 
“Sopo jenengmu, cah ayu?” tanyaku sambil men-jawil pipinya. 
“Yanti ...,” jawabnya dengan cukup kenes. 

(Perkawinan, I Yudhi Sunarto) 

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah... 
A. Cerpen “Perkawinan” memiliki cerita yang menarik walaupun bahasanya sangat sederhana, tetapi tetap segar dan komunikatif. 
B. Pembaca cerpen “Perkawinan” dihadapkan pada etika berbahasa yang berlaku di Jawa, terutama penggunaan kata sapaan “Den”. 
C. Penggunaan bahasa Jawa dalam cerpen “Perkawinan” agak mengganggu karena tidak semua pembaca memahami makna pilihan katanya. 
D. Cerpen “Perkawinan” mengisahkan cerita yang kurang menarik karena alur cerita agak berbelit-belit dan susah dipahami. 
E. I. Yudhi Sunarto telah sukses merangkai peristiwa menjadi alur yang menarik dalam cerpen “Perkawinan”. 



Jawaban : B 
Pembahasan : Kalimat krtitik biasanya berisi mengenai kelebihan dan kekurangan sebuah karya sastra. Pada kutipan cerpen di atas, kalimat kritik yang sesuai adalah pilihan B. Karena terlihat pada kutipan di atas, pada awal kutipan membahas mengenai sapaan “Den”. Pada pilihan A kurang tepat karena tidak sesuai dengan makna komunikati yang artinya dapat dipahami banyak orang, pada kutipan di atas terlihat menggunakan bahasa Jawa. Pilihan C sebenarnya termasuk dalam kritik, tetapi tidak sesuai dengan isi kutipan. Pilihan D dan E juga tidak sesuai dengan isi kutipan tersebut. 

Soal 4 
Estetik, Epistemik, dan normatif merupakan bagian dari penentuan nilai dalam penulisan kritik sastra dan esai, ketiga hal tersebut termasuk dalam aspek penulisan bagian... 

A. Aspek penghakiman 
B. Aspek rekreatif 
C. Aspek historis 
D. Aspek bahasa 
E. Aspek artistik 

Jawaban : A 
Pembahasan : Dalam penulisan kritik dan esai, ada tiga aspek yang harus diperhatikan yaitu aspek historis yaitu aspek yang berkaitan dengan watak dann orientasi kesejarahan, kemudian aspek rekreatif yaitu aspek yang menghubungkan apa yang ditangkap/yang telah diungkapkan sastrawan, menuliska kesan-kesan tentang pengalaman rohani yang diperloeh dari karya sastra yang telah dibaca dan aspek penghakiman yaiitu berkaitan dengan nilai-nilai dan kadar artistiknya, dalam nilai-nilai tersebut harus memenuhi tiga kriteria yaitu estetik, epistemik dan normatif. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan A. 

Soal 9 
Prinsip menulis kritik dan esai berkaitan dengan tiga aspek yaitu... 

A. Aspek historis, aspek realistis, aspek rekreatif 
B. Aspek kreatif, aspek penghakiman, aspek rekreatif 
C. Aspek historis, aspek rekreatif, aspek penghakiman 
D. Aspek kreatif, aspek realistis, aspek rekreatif 
E. Aspek historis, aspek kreatif, aspek penghakiman 

Jawaban : C 
Pembahasan : Prinsip menuliskan kritik dan esai berkaitan dengan toga aspek, yaitu aspek historis, aspek rekreatif, dan aspek penghakiman. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan C. Sedangkan pilihan A, B, D dan E tidak termasuk dalam prinsip menulis kritik dan esai.


Nah, itu tadi beberapa soal latihan teks kritik dan esai untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12. Terima kasih dan sampai jumpa!
Latihan Soal Teks Kritik dan Esai Kelas 12 Latihan Soal Teks Kritik dan Esai Kelas 12 Reviewed by Mas Ryan on 06.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.