Latihan Soal Teks Fakta dan Opini Artikel Kelas 12

Artikel kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 untuk materi teks fakta dan opini artikel. Selamat belajar dan tetap semangat ya!
Latihan Soal Teks Fakta dan Opini Artikel Kelas 12
dumber foto: ceritaihsan.com
---

Soal 1 (Soal UN SMA 2015) 

Bacalah paragraf berikut dengan seksama! 

(1) Di perairan sepanjang Selat Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur, ada keunikan yang menakjubkan wisatawan, yang tidak kalah menarik dengan Raja Ampat, Papua. (2) Di sana ada berbagai jenis ikan, termasuk jenis mamalia dan aneka warna terumbu karang yang dikelilingi puluhan pulau kecil, seperti Pulau Buaya, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. (3) Di gugusan pulau-pulau ini terdapat satu selat, terletak antara Pulau Alor Kecil dan Pulau Kepa, seluas 3 km persegi, disebut Selat Kumbang atau warga setempat menyebutnya mulut kumbang. (4) Di mulut kumbang inilah, pada pagi dan sore hari, ratusan ekor lumba-lumba berwarna merah muda dan tampak jinak, muncul di permukaan air, mendekati perahu-perahu kecil yang melintas seperti menyapa pengunjung. (5) Selain lumba-lumba, jalur ini juga menjadi lintasan ikan paus dari perairan Pasifik menuju Papua, Selat Banda, Selat Pantar, terus ke Laut Sawu, tempat paus menjadi incaran pemburu tradisional warga Lamalera, Lembata. 

Kalimat fakta pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat... 
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2), dan (4) 
C. (2), (3), dan (4) 
D. (2), (4), dan (5) 
E. (3), (4), dan (5) 

Jawaban : A 

Pembahasan : Fakta merupakan sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Kalimat yang berupa fakta adalah kalimat yang didalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Kalimat yang termasuk dalam kalimat fakta yaitu nomor (1), (2), (3) dan (5). Karena kalimat tersebut berisi informasi sebuah tempat yang pasti dan bisa dibuktikan kebenarannya. Sedangkan kalimat nomor (4) bukan termasuk kalimat fakta karena berisi pendapat. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan A, sedangkan pilihan B, C, D, dan E kurang tepat karena terdapat nomor (4) yang tidak termasuk dalam kalimat fakta. 


Soal 2 (Soal UN SMA 2011) 
Bacalah paragraf berikut! 

(1) Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. (2) Padahal, Kementrian Pendidika Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. (3) Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinan kecil sekolah menggunakan buku digital. (4) Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid, orang tua, dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dan di internet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet. 

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor... 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 

Jawaban : B 
Pembahasan : Kalimat fakta adalah kalimat yang didalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Kalimat yang termasuk kalimat fakta yaitu nomor (2) karena kalimatnya berisi informasi dari narasumber mengenai jumlah buku digital. Sedangkan kalimat nomor (1), (3), (4) dan (5) bukan termasuk kalimat fakta karena berisi pendapat-pendapat penulis mengenai buku pelajaran digital. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan B. 

Soal 3 (Soal UN SMA 2009) 
Bacalah paragraf berikut dengan seksama! 

(1) Sebagai salah satu negara dengan hutan terluas di dunia, Indonesia menjadi incaran investor kegiatan ekonomi ekstraktif. (2) Kini luas hutan di Indonesia yang mengalami deorientasi atau penggundulan atau degradasi atau penurunan kualitas tutupan mencapai 5 juta hektar. (3) Perbaikan hutan pada tahun ini diharapkan dapat mencapai 1 juta hektar. (4) Akan tetapi, itu bergantung pada anggaran. (5) Tahun ini Departemen Kehutanan mengajukan anggaran Rp 8,5 triliyun Departemen Keuangan. 

Kalimat fakta dalam paragraf di aas terdapat pada nomor... 
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3) 
C. (2) dan (4) 
D. (2) dan (5) 
E. (4) dan (5) 

Jawaban : D 
Pembahasan : Kalimat fakta adalah kalimat yang didalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Berdasarkan paragaf di atas, yang termasuk dalam kalimat fakta yaitu nomor (2), (3) dan (5). Karena kedua kalimat tersebut berisi informasi mengenai jumlah yang dapat dibuktikan kebenarannya. Sedangkan kalimat nomor (1) dan (4) tidak termasuk dalam kalimat fakta karena kedua kalimat tersebut berisi pendapat mengenai isu atau masalah yang dibahas. 

Soal 4 (Soal UN SMA 2012 Paket E59) 
Cermatilah teks berikut! 

(1) Pendidikan soal kelautan perlu diperenalkan kembali kepada para pelajar untuk meyakinkan bahwa Indonesia merupakan negara bahari. (2) Selama ini pendidikan soal kelautan diabaikan dan lebih banya menitikberatkan soal potensi daratan. (3) Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kelautan dan Indonesia pun pernah jaya di bidang kelautan. (4) Menurut pakar pendidikan, wawasan kebaharian bisa ditanamkan kepada anak-ana dengan memberikan pelajaran sejarah dengan lebih mengendapkan kisah-kisah sejarah di laut. (5) Melalui pendidikan yang berorientes kelaut, diharapkan sumber daya manusia di pesisir akan mampu bersaing secara global. 

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor... 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 

Jawaban : D 
Pembahasan : Kalimat fakta adalah kalimat yang didalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Berdasarkan paragraf di atas, yang termasuk dalam kalimat fakta yaitu kalimat nomor (4) karena kalimat tersebut berasal dari narasumber yang dapat dipercaya dan pasti. Sedangkan kalimat nomor (1), (2), (3) dan (5) tidak termasuk kalimat fakta karena kalimat tersebut berisi pendapat mengenai isu atau masalah yang dibahas. 

Soal 5 
Cermati kutipan berikut! 

(1) Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas ozon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar. 

Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor... 
A.(1) dan (2) 
B. (1) dan (5) 
C. (2) dan (3) 
D. (3) dan (4) 
E. (4) dan (5) 

Jawaban : C 
Pembahasan : Kalimat fakta adalah kalimat yang didalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Berdasarkan paragraf di atas, yang termasuk dalam kalimat fakta yaitu kalimat nomor (2) dan (3). Kalimat nomor (1), (4) dan (5) tidak termasuk dalam kalimat fakta karena kalimat tersebut berisi pendapat mengenai isu atau masalah yang dibahas.


Nah itu tadi contoh latihan soal teks fakta dan opini artikel Bahasa Indonesia kelas 12. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!
Latihan Soal Teks Fakta dan Opini Artikel Kelas 12 Latihan Soal Teks Fakta dan Opini Artikel Kelas 12 Reviewed by Mas Ryan on 06.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.