Latihan Soal Teks Editorial Kelas 12

Artikel kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan bahasa Indonesia kelas 12 untuk materi teks editorial. Silakan dipelajari dan semoga bermanfaat.
Latihan Soal Teks Editorial Kelas 12
sumber foto: sekolahnesia.com

Soal 1 
Di bawah ini yang bukan merupakan struktur teks editoral, kecuali... 
a. Pernyataan pendapat /tesis - Argumentasi - Penegasan ulang pendapat (Reiteration) 
b. Pendapat - argumentasi – kesimpulan 
c. Argumentasi - Kesimpulan - Fakta 
d. Opini - Fakta - Argumen 
e. Opini - Fakta - Kesimpulan 

Jawaban : A 
Pembahasan : Struktur teks editorial yaitu pernyataan pendapat/tesis, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat/reiteration. Pada pilihan B,C,D dan E bukan merupakan struktur teks editorial. 

Soal 2 
Perhatikan kutipan teks editorial dibawah ini! 



· Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatra, seperti Riau, Jambi, Sumatra Selatan serta sebagian Kalimantan, telah menyebabkan kabut asap setidaknya dalam tiga bulan terakhir. Di Riau dan Sumatra selatan, kualitas udara di Kota Pekanbaru dan Palembang sempat masuk kategori berbahaya seiring dengan meningkatnya jumlah titik api di Pulau Sumatera. Penyebab kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi dan berulang setiap tahunnya di Sumatera dan Kalimantan disebabkan karena lemahnya penegakan hukum 

· Kelemahan aparat hukum dalam menangani isu lingkungan serta sanksi hukuman yang ringan juga dirasakan sebagai penyebab berulangnya kasus pembakaran hutan dari tahun ke tahun. Kita catat dan pegang janji ini dengan serius karena semua ini diperlukan agar kabut asap tidak muncul lagi di masa mendatang. Semoga kabut asap bukan merupakan bencana tahunan seperti banjir di negara kita. 

Kutipan teks editorial poin kedua termasuk dalam struktur bagian... 
a. Argumentasi 
b. Penegasan Ulang/Reiteration 
c. Pernyataan pendapat 
d. Kesimpulan 
e. Opini 

Jawaban : B 
Pembahasan : Pada poin kedua,terlihat bahwa penulis membahas kembali pembakaran hutan. Pada poin pertama, pernyataan pendapat membicarakan tentang kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap tebal dibeberapa wilayah yang dikarenakan lemahnya penegakan hukum. Kemudian pada poin kedua kembali dibahas mengenai lemahnya hukum di Indonesia tentang pembakaran hutan ilegal. Maka dari itu poin kedua disebut reiterasi atau penegasan ulang pendapat. 



Soal 3 
Cermatilah kutipan teks editorial dibawah ini! 

(1) Tidak terlihat upaya konkret pada pihak terkait hingga saat ini untuk menghentikan pengrusakan hutan (2) Semua pihak berpikir dengan kebutuhan jangka pendek masing-masing, tanpa memikirkan masa depan bumi, serta masa depan anak cucu umat manusia. (3) Tampaknya kepentingan sesaat atas kekayaan ternyata mampu menutupi mata mereka akan keluruhan alam yang harus dipelihara, dilindungi, dan dipenuhi kebutuhannya untuk tidak dihancurkan. (4) Dengan demikian, tampaknya kedepan, perlu ada perubahan mendasar dalam cara berpikir manusia. (5) Lingkungan perlu dipandang sebagai sahabat yang harus diperhatikan, dilindungi, dan dilestarikan. 

Opini penulis tajuk terdapat pada kalimat nomor ... 
a. (1) dan (2) 
b. (1) dan (3) 
c. (2) dan (3) 
d. (3) dan (4) 
e. (4) dan (5) 

Jawaban : E 
Pembahasan : Kalimat (1), (2), dan (3) merupakan sebuah pernyataan umum bukan sebuah opini atau pendapat seorang penulis. Sedangkan kalimat (4) dan (5) menyatakan pendapat karena terlihat adanya saran yang diinginkan penulis pada kalimat (5) 

Soal 4 
Perhatikan teks editorial dibawah ini! 

Banjir di Indonesia sudah seperti perayaan yang setiap tahun ada. Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan atau seiringnya curah hujan. Penyebab terjadinya banjir yaitu penyumbatan aliran sungai yang disebabkan seringnya membuah sampah di sungai dengan sembarangan. Bisa jadi dengan cara penggundulan hutan yang dilakukan oleh ulah tangan manusia karena sikap manusia yang berfikir singkat tanpa berfikir ke depannya sebelum bertindak, sewenang – wenangnya sendiri terhadap lingkungan. Tindakan tersebut berupa penebangan hutan yang tidak menggunakan system tebang pilih, akibatnya tidak ada pohon untuk menyerap air sehingga air mengalir tanpa terkendali. Dampak yang ditimbulkan dari banjir yaitu menimbulkan korban jiwa, rusaknya saran dan prasarana, dan timbulnya berbagai macam penyakit. 

Paragraf diatas merupakan struktur teks editorial bagian... 
a. Reiteration 
b. Argumentasi 
c. Pernyataan pendapat 
d. Kesimpulan 
e. Fakta 



Jawaban : C 
Pembahasan : Paragraf diatas merupakan pernyataan pendapat/tesis karena dijadikan sebagai bahan untuk pengenalan atau awalan teks. Pernyataan diatas merupakan pernyataan pendapat penulis karena tidak terdapat fakta dalam paragraf tersebut. 

Soal 5 
Perhatikan kutipan teks editorial dibawah ini! 

Setelah musim penghujan datang hampir sepekan ini kita sudah dapat kembali melihat langit yang biru dan udara yang mulai cerah. Semoga kondisi udara terus membaik, normal seperti sediakala. Kondisi udara membaik yang kini disambut lega hendaknya tidak membuat kita larut dalam kegembiraan yang berlebihan. Kita baru saja melewati masa-masa menyedihkan yang sangat panjang akibat kabut asap hasil pembakaran hutan dan lahan.. 

Kutipan teks diatas termasuk kedalam struktur teks editorial bagian... 
a. Argumentasi 
b. Pernyataan pendapat 
c. Penegasan ulang reiteration 
d. Fakta 
e. Kesimpulan 

Jawaban : A 
Pembahasan : Pada kutipan teks diatas, kita melihat ada salah satu kaidah kebahasaan yaitu kata setelah. Kutipan di atas termasuk struktur teks editorial bagian argumentasi karena kalimat-kalimat di atas menunjukkan penulis mengomentari kondisi udara saat itu. Argumentasi dimulai ketika penulis masih melanjutkan pendapat/komentar tentang peristiwa yang terjadi agar pendapatnya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta. 


Nah, itu tadi beberapa soal latihan tentang materi teks editorial untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.
Latihan Soal Teks Editorial Kelas 12 Latihan Soal Teks Editorial Kelas 12 Reviewed by Mas Ryan on 06.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.