Latihan Soal Teks Cerita Sejarah Kelas 12

Artikel berikut ini akan menyajikan beberapa soal latihan teks cerita sejarah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12. Selamat belajar dan semoga bermanfaat!
Latihan Soal Teks Cerita Sejarah Kelas 12
sumber foto: www.talenttalks.net



Soal 1
Perhatikan penggalan teks cerita sejarah dibawah ini!

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang pada mulanya diciptakan oleh Departemen Pertahanan milik Amerika Serikat pada sekitar tahun 1969. Awal mula diciptakannya internet adalah untuk kepentingan militer. Dengan sistem sistem operasi berbasis UNIX, mereka mendemonstrasikan dan mencoba perangkat keras dan lunak untuk berkomunikasi secara jarak jauh yang jaraknya tidak terjangkau melebihi jarak sambungan telepon.

Penggalan teks cerita sejarah diatas merupakan salah satu struktur teks cerita sejarah, yaitu...
a. Orientasi
b. Reorientasi 
c. Urutan peristiwa 
d. Abstraksi 
e. Koda 

Jawaban : A
Pembahasan : Orientasi merupakan pengenalan atau pembuka teks cerita sejarah. Dalam penggalan teks diatas terlihat bahwa teks tersebut mengenalkan apa itu internet dan menceritakan sedikit mengenai awal mula internet. Maka dari itu penggalan teks diatas termasuk struktur teks cerita sejarah bagian orientasi, karena teks diatas mengenalkan apa itu internet. 



Soal 2
Dibawah ini yang termasuk kaidah teks cerita sejarah adalah...

a. Terdapat konjungsi temporal, frasa adverbial, pronomina, verba material 
b. Terdapat frasa adjektiva, verba material, konjungsi waktu 
c. Terdapat frasa verbal, verba material, konjungsi aditif 
d. Terdapat frasa adjektifa dan adverbial 
e. Terdapat konjungsi temporal dan waktu 

Jawaban : A
Pembahasan : Kaidah kebahasaan teks cerita sejarah yaitu pronomina, frasa adverbial, konjungsi temporal dan verba material. Jadi jawaban yang benar yaitu pilihan A. 

Soal 3
Perhatikan penggalan teks cerita sejarah dibawah ini!

Berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu dapat disembunyikan, dengan perjanjian Post Dam Jepang menyerahkan kekuasaanya kepada Sekutu dan otomatis di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 



Salah satu struktur yang terdapat dalam penggalan teks diatas adalah...
a. Orientasi 
b. Urutan waktu 
c. Koda
d. Reorientasi 
e. Abstraksi

Jawaban : D
Pembahasan : Reorientasi merupakan pendapat pribadi penulis terhadap masalah yang ditulis. Penggalan teks diatas termasuk reorientasi, karena penulis mengomentari berita kekalahan Jepang . 

Soal 4
Perhatikan penggalan teks ceria ulang dibawah ini!

Pada awalnya, ARPANET ini hanya menghubungkan tidak lebih dari 4 situs saja, yakni university of california, university of utah, standford research instittute, dan santa barbara yang pada mulanya mereka membentuk sebuah jaringan terpadu sekitar tahun 1969 silam. Secara garis besar ARPANET resmi diluncurkan pada bulan oktober tahun 1972, dan tidak lama setelahnya proyek ini mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga ke seluruh penjuru daerah di Amerika Serikat. Hal ini memicu antusias barbagai universitas untuk bergabung dengan jaringan ARPANET hingga membuat departemen pertahanan kewalahan.

Maka dari itu, untuk menanggapi fenomena ini akhirnya Arpanet dipisah dan dipecah menjadi dua bagian yakni Milnet yang mengatur keperluan militer saja dan Arpanet baru dengan skala yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti untuk universitas. Penggabungan dari kedua sistem ini akhirnya disebut dengan DARPA internet, namun seiring perkembangan jaman akhirnya nama tersebut mengalami bentuk penyederhanaan menjadi internet saja.



Salah satu struktur yang terdapat dalam penggalan diatas adalah...
a. Urutan peristiwa 
b. Kesimpulan
c. Abstraksi
d. Koda
e. Reorientasi

Jawaban : E
Pembahasan : Reorientasi merupakan komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya. Salah satu paragraf termasuk reorientasi karena penulisnya memberikan pendapat tentang paragraf sebelumnya yang berisi tentang ARPANET. 

Soal 5
Perhatikan penggalan teks cerita sejarah dibawah ini!

...karena tertimpa reruntuhan bangunan dikarenakan konstruksi bangunan yang tidak aman, akibat gempa juga terjadi eksodus besar-besaran warga yang tinggal disekitar pantai ke tempat lain karena adanya isu akan datangnya gelombang tsunami. 

Kalimat yang bercetak tebal termasuk dalam kaidah teks cerita ulang bagian...
a. Frasa Adverbia 
b. Pronomina 
c. Verba material
d. Konjungsi temporal
e. Frasa Adjektiva

Jawaban : A
Pembahasan : Frasa Adverbial merupakan gabungan 2 kata yang salah satu katanya menerangkan kata satunya. Gelombang Tsunami termasuk frasa adverbial karena kata gelombang menerangkan kata Tsunami yang berarti gelombang yang dihasilkan dari bencana Tsunami. Tsunami adalah nama bencananya sedangkan gelombang adalah yang dihasilkan dari bencana itu.
 

Nah itu tadi beberapa latihan soal teks cerita sejarah Bahasa Indonesia kelas 12. Tetap semangat belajar dan sampai jumpa.
Latihan Soal Teks Cerita Sejarah Kelas 12 Latihan Soal Teks Cerita Sejarah Kelas 12 Reviewed by Mas Ryan on 06.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.