Latihan Soal Teks Buku Fiksi Nonfiksi Kelas 12

Artikel kali ini akan menyajikan soal latihan bahasa Indonesia kelas 12 untuk materi teks buku fiksi dan nonfiksi. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Latihan Soal Teks Buku Fiksi Nonfiksi Kelas 12
sumber foto: inc.com



Soal 1 
Di bawah ini yang termasuk dalam buku fiksi adalah... 
A. Cerpen, jurnal, esai, drama, dongeng 
B. Biografi, esai, opini, pidato, buku pelajaran 
C. Cerpen, drama, novel, puisi, dongeng 
D. Laporan ilmiah, biografi, cerpen, dongeng, novel 
E. Biografi, esai, cerpen, buku ensiklopedia, laporan ilmiah 

Jawaban : C 
Pembahasan : Yang termasuk dalam buku fiksi yaitu Cerpen, Novel, Puisi, Drama, Dongeng, Mitos, Fabel, Hikayat, Komik. Pada pilihan selain C bukan termasuk buku fiksi karena ada salah satu yang termasuk buku non fiksi. 

Soal 2 
Perhatikan kutipan teks di bawah ini! 

Sepeninggal kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. Benar saja seperti yang dikatakan oleh orang tuanya. Pada suatu hari yang panas, hujan turun rintik-rintik dan ada pelangi. Terlihat air di sungai berubah menjadi putih seperti susu. Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam perkelahian maut dengan naga putih. Namun, anak itu tidak dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya. Oleh karena itu, ia tetap duduk termenung sampai akhir hayatnya. 

(Legenda Lok Si Naga : Cerita Rakyat dari Kalimantan, oleh James Danandjaja) 

Nlai moral yang terandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah... 
A. Seorang anak yang merasa bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya 
B. Seorang anak yang sering duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah sungai 
C. Seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat 
D. Seorang anak yang selalu patuh dan menurut nasihat orang tua 
E. Seorang anak yang senang melihat air sungai berwarna putih seperti susu 

Jawaban : C 
Pembahasan : Nilai moral merupakan sifat-sifat mengenai perbuatan, sikap kewajiban, akhlak, budi pekerti, susila. Nilai moral yang terdapat pada kutipan teks di atas adalah seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat. 

Soal 3 
Perhatikan kutipan novel Laskar Pelangi di bawah ini! 



Chiang Si Ku atau sembahyang rebut diadakan setiap tahun. Sebuah acara semarak di mana seluruh warga tionghoa berkumpul. Tak jarang anak-anaknya yang merantau pulang kampung untuk acara ini. Banyak hiburan lain ditempelkan pada ritual keagamaan ini, misalnya panjat pinang, komidi putar, dan orkes Melayu, sehingga menarik minat setiap orang untuk berkunjung. Dengan demikian ajang ini dapat disebut sebagai media tempat empat komponen utama subetnik di kampong kami: orang Tionghoa, orang Melayu, orang pulau bersarung, dan orang Sawang berkumpul (Hirata,2005:259). 

Nilai yang terdapat dalam kutipan novel Laskar Pelangi di atas adalah... 
A. Nilai moral 
B. Nilai agama 
C. Nilai sosial 
D. Nilai pendidikan 
E. Nilai budaya 

Jawaban : C 
Pembahasan : Nilai sosial merupakan gambaran keadaan sosial penduduk disekitar. Terlihat pada paragraf di atas menunjukkan warga Belitong sangat menghargai satu sama lain karena saat ada acara ritual keagamaan warga Tionghoa, warga yang bukan keturunan Tionghoa dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan suku dan agama bukan menjadi penghalang untuk bersilaturahmi dan menjaga perdamaian antar sesama. 

Soal 4 
Perhatikan kutipan cerpen Sandal Jepit Merh karya S.Rais 

"Dengan berbekal keterampilan di bidang bangunan, Mamat mampu membiayai hidupnya dan menyewa sepetak kamar di pinggiran kota. Kebahagiaannya makin lengkap setelah dari rahim istrinya lahir seorang anak sehat walaupun saat itu usianya baru enam belas." 

Nilai budaya yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah... 
A. Orang yang pas-pasan hidupnya bahagia 
B. Kalangan strata menengah ke bawah hidup serba pas-pasan 
C. Anak di bawah umur sudah menikah 
D. Kemampuan minim hanya akan membuat hidup susah 
E. Strata menengah ke bawah hanya mampu hidup di pinggran kota 

Jawaban : B 
Pembahasan : Dalam kutipan diatas terlihat bahwa Mamat hanya punya kemampuan di bidang bangunan dan ia sudah memiliki keluarga yang harus ia beri nafkah. Dengan kemapuan yang ia punya ia bisa tinggal di pinggiran kota. Biasanya memang orang-orang yang bernasib sama dengan Mamat akan ada di posisi yang sama. Mamat termasuk orang berstrata menengah ke bawah yang hanya mampu menyewa kamar di pinggiran kota serta harus bekerja di bidang bangunan untuk menghidupi keluarganya . 

Soal 5 
Perhatikan kutipan cerpen Agoni Pengantin karya Dina Oktaviani! 



Waktu adzan kau tak melakukan apa-apa tapi mematung menatap cermin. Kadang kau kencangkan suara tape karena tahu tak ingin sembahyang atau menangis. Jika melintas bayangan penghuni rumah yang lain di jendela kamarmu engkau mengambil sebuah buku besar dan berpura-pura telah membacanya sejak lama. 

NilaI yang terdapat dalam kutipan di atas adalah... 
A. Nilai budaya 
B. Nilai sosial 
C. Nilai moral 
D. Nilai agama 
E. Nilai pendidikan 

Jawaban : D 
Pembahasan : Dalam kutipan cerpen di atas, sangat terlihat bahwa nilai agama yang terkandung karena membahas tentang suara adzan. Dalam agama islam adzan merupakan sebuah panggilan untuk mengerjakan ibadah solat, maka dari itu sebagai umat muslim seharusnya mendengarkan adzan dan segera beribadah bukan mengencangkan suara tape atau pura-pura membaca buku.


Semoga latihan soal teks buku fiksi nonfiksi kelas 12 ini bermanfaat buat kamu. Sampai jumpa di artikel lainnya.
Latihan Soal Teks Buku Fiksi Nonfiksi Kelas 12 Latihan Soal Teks Buku Fiksi Nonfiksi Kelas 12 Reviewed by Mas Ryan on 07.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.