Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan manfaat kegiatan ekstrakurikuler. Selamat membaca semoga bermanfaat. 

Pengertian Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler ataupun ekskul ini merupakan salah satu aktivitas ataupun kegiatan bonus yang dicoba di luar jam pelajaran yang dicoba baik di sekolah ataupun di luar sekolah itu dengan tujuan buat dapat memperoleh bonus pengetahuan, keahlian dan pengetahuan serta pula menolong di dalam membentuk kepribadian partisipan didik itu cocok dengan atensi dan bakat masing- masing orang.



Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Tujuan Ekstrakurikuler

Dengan bersumber pada Peraturan Menteri Pembelajaran Nasional Republik Indonesia Nomor. 39 Tahun 2008 menimpa pembinaan kesiswaan, tujuan dari aktivitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler antara lain bagaikan berikut:
  • Meningkatkan kemampuan siswa itu dengan secara maksimal dan terpadu yang melingkupi bakat, atensi, dan kreativitas.
  • Menguatkan karakter siswa buat bisa mewujudkan ketahanan sekolah yakni bagaikan area pembelajaran sehingga bebas dari usaha dari pengaruh negatif dan berlawanan itu dengan tujuan pembelajaran.
  • Mengaktualisasi kemampuan siswa di dalam pencapaian kemampuan unggulan cocok bakat dan atensi.
  • Mempersiapkan partisipan didik itu biar bisa jadi masyarakat warga yang memiliki akhlak mulia, yang demokratis, yang menghormati hak- hak asasi manusia( HAM) di dalam rangka mewujudkan suatu warga mandiri( civil society).

Fungsi Ekstrakurikuler

Bagi Aqip dan Sujak( 2011: 68), kalau ada 4( 4) guna aktivitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler antara lain ialah:

Fungsi Pengembangan
Kalau aktivitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler tersebut mempunyai guna di dalam menunjang pertumbuhan personal partisipan didik itu dengan lewat Kalau sesuatu aktivitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler mempunyai guna buat menunjang ekspansi atensi, pengembangan kemampuan, dan pemberian peluang di dalam pembuatan kepribadian dan pula pelatihan kepemimpinan.

Fungsi Sosial
Kalau salah satu aktivitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler mempunyai guna buat meningkatkan keahlian dan rasa tanggung jawab membagikan peluang kepada partisipan didik buat bisa memperluas pengalaman sosial, aplikasi keahlian sosial, dan internalisasi nilai moral serta pula nilai sosial.




Fungsi Rekreatif
Suatu aktivitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler dicoba di dalam atmosfer rilek, menggembirakan, serta mengasyikkan sehingga mendukung proses pertumbuhan partisipan didik. Aktivitas ataupun kegiatan ekstrakulikuler wajib dapat ataupun bisa menjadikan kehidupan ataupun suasana sekolah lebih menantang dan lebih menarik untuk partisipan didik.

Fungsi Persiapan Karir
Seluruh aktivitas ataupun kegiatan ekstrakurikuler mempunyai guna buat bisa meningkatkan kesiapan karir partisipan didik itu dengan lewat pengembangan kapasitas.



Manfaat Ekstrakurikuler

  • dapat membagikan peluang untuk pemantapan ketertarikan yang sudah ataupun telah tertanam serta pula pembangunan ketertarikan yang baru
  • bisa membagikan pembelajaran sosial itu dengan lewat pengalaman dan pengamatan, paling utama di dalam perihal sikap kepemimpinan, persahabatan, kerjasama dan kemandirian
  • membangun sesuatu semangat dan metalitas bersekolah
  • membagikan kepuasan untuk pertumbuhan jiwa anak ataupun pemuda
  • bisa atua dapat mendesak pembangunan jiwa dan moralitas
  • memantapkan kekuatan mental dan jiwa siswa
  • dapat membagikan peluang didalam berteman untuk siswa
  • memperluas suatu interaksi siswa
  • membagikan salah satu peluang kepada siswa di dalam melatih kapasitas kreativitas mereka lebih mendalam.
Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Reviewed by Mas Ryan on 04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.