Gagal di SNMPTN? Ini 5 Tips Mempersiapkan UTBK

Masih jelas banget enggak di benak kita semua tentang status kelulusan giveaway siswa yang harusnya melaksanakan Ujian Nasional SMA di bulan Maret kemarin? Tentu, susah untuk dilupakan ya. Sepertinya tahun 2020 ini tahun covid-19 kalau kata netizen mah hehe. Semua siswa diluluskan tanpa terkecuali. Ya, bagaimana tidak, semua tempat ibadah, perbelanjaan ditutup, konon lagi sekolah yang menampung banyak orang dan lebih riskan untuk mudahnya penyebaran covid-19. Nilai UN yang serba dadakan, karena ujian juga ya begitulah, kurang berasa euforianya membuat siswa merasa senang, jika ia memang santai menghadapi UN ini. Tapi ada juga yang panik, cemas, bagaimana kelak nilai yang ia peroleh? Banyak sekali loh, yang terjadi di psikologis siswa setelah gagal terlaksananya UN seperti biasanya ini. 
Gagal di SNMPTN? Ini 5 Tips Mempersiapkan UTBK
Oke, berlanjut setelah UN, muncullah SBMPTN atau sekarang dikenal dengan UTBK atau ujian tulis berbasis komputer. Banyak yang sudah mati-matian yakin di SNMPTN, tetapi harus bisa menerima kegagalan di SNMPTN. Setelah gagal di SNMPTN, apa yang harus dilakukan? Hmmm… Nangis? Hahahaha. Jujur saja, penulis juga ketika dikatakan gagal merasa terpukul, merasa bodoh, tapi ya sudah, hidup akan tetap berjalan, ujian sudah di depan mata. Tidak ada yang dapat mengubah nasib jika bukan kita yang mengubahnya. 

Galau berakhir, masuklah ke babak di mana pendaftaran UTBK di buka, semua berbondong-bondong mengisi formulir secara online, begitu juga dengan pembayarannya. Tapi setelah itu dikejutkan lagi dengan. Bagaimanakah saya ketika menjawab soal UTBK nanti? Baik, ini ada 5 tips kece yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi UTBK 2020 ini! 

Pertama, beli buku khusus soal UTBK yang ramai di pasaran, mulai dari toko buku offline, online, nah sekarang lagi covid-19 tuh kan, banyak loh toko buku online yang mewadahi konsumennya untuk membeli secara online dan langsung diantar ke rumah! Banyak diskon juga kok bertebaran. Kamu bisa cek di official website gramedia, togamas, bookabook, dll. Daripada uang habis di go-fo*d doang, jajan buku lebih bermanfaat loh! :) Atau kamu ribet nih milih buku yang mana, harganya juga. Pengen yang di gadget aja lah, susah nanti bawanya ke mana-mana ribet. Tenang! Kamu tinggal berlangganan paket Ruangguru aja berarti! Sudah tersedia ratusan ribu latihan soal. 

Ikuti try out baik versi online maupun offline. Balik lagi dikarenakan kondisi masih pandemi, jangan dong kita keluar masuk rumah untuk ujian doang, kasian keluarga kita bisa terpapar virus dari luar, apalagi kalau kita tidak mengindahkan protokol kesehatan huhu. Banyak banget loh sekarang akun instagram yang mewadahi try out ini. Modalnya mereka ya cuma bikin akun, lalu kamu harus share poster try out, dengan syarat tertentu lainnya kamu akan diundang ke grup whatsapp dan bisa ikut try out, kemudian setelah selesai try out, silakan mengunduh pembahasan di link yang mereka bagikan. Canggih sih modal kuota aja! Merasa ribet juga dengan share ini itu, apalagi kalau story kamu dikhususkan untuk yang urgent aja? Hahaha males banget kan, yaudah try out online aja, jelas pakai Ruangguru! 

Gagal di SNMPTN? Ini 5 Tips Mempersiapkan UTBK

Pilih jurusan dan PTN yang secara realistis bisa kamu raih. Kadang nih, banyak banget dari siswa yang merasa bisa seperti Bondowoso, bikin candi dalam satu malam. Aduh sekarang itu sudah tidak bisa, kamu harus benar-benar berusaha cuy! Kamu lihat peluang kamu masuk ke mana. Disesuaikan dengan kemampuan kamu jika dilihat dari hasil try out yang sudah kamu ikuti. Bahkan di Ruangguru setelah try out kamu bisa langsung melihat jurusan yang Ruangguru rekomendasikan untuk kamu. Kurang baik apa cobaaa! 


Keempat, bimbel online di Ruangguru! Ini jawaban banget dari semua tips yang ada. Dengan biaya yang murah kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas yang kamu dapatkan juga jika ikut bimbingan belajar di luar. Toh, kalau kamu bimbel di luar juga kan semuanya dalam keadaan di rumah saja. Jadi, sayang dong beli bimbingan belajar offline? Hehehe. Kamu cuma mengeluarkan hanya beberapa persen dari biaya jika kamu bimbel offline. 

Gagal di SNMPTN? Ini 5 Tips Mempersiapkan UTBK


Terakhir, berdoa dan berserah diri, meminta doa restu dari keluarga, terutama bapak ibu kamu. Untuk teman bahkan sahabat dan mantan yang pernah kamu sakiti jangan lupa deh kamu minta maaf juga sama dia, mumpung abis lebaran juga kan hehe. Setelah kita berusaha, lalu kita ikut nih ujian UTBK, kita juga harus pasrah sama kehendak Allah, lulus atau tidaknya kita harus bisa menerima dengan lapang dada. Itu bentuk keikhlasan yang mendalam.
Gagal di SNMPTN? Ini 5 Tips Mempersiapkan UTBK Gagal di SNMPTN? Ini 5 Tips Mempersiapkan UTBK Reviewed by Mas Ryan on 06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.