Soal Latihan dan Jawaban Teks Ceramah Kelas 11

Lagi mencari soal latihan dan pembahasan teks ceramah kelas 11? Nah, kebetulan banget nih, kamu ada di postingan yang tepat. Langsung aja dipelajari ya soal-soal berikut. Semoga bermanfaat.

soal-latihan-jawaban-bahasa-indonesia-teks-ceramah

Soal 1 
Apa pengertian ceramah…
A. pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama
B. pidato yang disampaikan sebagai pengantar atau pembuka suatu kegiatan. 
C. Berbicara di depan umum dengan tujuan memengaruhi orang lain
D. Pidato yang mempromosikan suatu barang atau jasa
E. Pidato yang menyampaikan topik-topik nasionalisme. 

Jawaban : A
Pembahasan : ceramah adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama. Ajaran-ajaran tersebut dapat berupa nasihat, petuah, petunjuk, ataupun kisah-kisah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 2
Orang yang berceramah disebut… 
A. Orator
B. Penceramah
C. Ustad
D. Pastor
E. Biksu

Jawaban : B 
Pembahasan : orang yang melakukan kegiatan ceramah disebut penceramah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

Soal 3
Metode ceramah tanpa persiapan disebut… 
A. Impromptu
B. Menghafal
C. Membaca naskah 
D. Ekstemporan
E. Ekspresif 

Jawaban : A 
Pembahasan : metode ceramah tanpa persiapan disebut impromptu. Biasanya metode ini dilakukan oleh penceramah yang jam terbangnya sudah tinggi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 4
Ceramah yang berisi materi yang tidak terbatas usia disebut… 
A. Ceramah umum
B. Ceramah khusus
C. Ceramah langsung
D. Ceramah tidak langsung
E. Ceramah rekaman

Jawaban : A 
Pembahasan : Ceramah umum adalah ceramah yang ditujukan kepada khayalak umum atau masyarakat luas. Artinya, materi yang disampaikan dalam ceramah ini bersifat umum sehingga bisa diterima oleh pendengar dari kalangan manapun, baik tua maupun muda. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 5
Ceramah yang berisi materi yang terbatas untuk kalangan tertentu, disebut … 
A. Ceramah umum
B. Ceramah khusus
C. Ceramah langsung
D. Ceramah tidak langsung
E. Ceramah rekaman

Jawaban : B 
Pembahasan : Ceramah khusus adalah ceramah yang berisi materi khusus yang ditujukan untuk kalangan tertentu. Contohnya, ceramah dalam acara Maulid Nabi, Peringatan Kenaikan Isa Almasih, Hari Waisak, dan sebagainya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

Soal 6
Berikut ini adalah ciri-ciri kebahasaan teks ceramah,  …
A. Menggunakan kalimat simpleks
B. Menggunakan kalimat kompleks
C. Menggunakan kalimat deklaratif atau imperatif
D. Menggunakan kata sapaan
E. Pilihan A, B, C, D benar

Jawaban : E 
Pembahasan : ciri-ciri kebahasaan teks ceramah antara lain, menggunakan kalimat simpleks atau kompleks, menggunakan kalimat deklaratif atau imperatif, dan menggunakan kata. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah E karena pilihan A, B, C, D benar. 

Soal 7
Kalimat pengantar yang tepat untuk mengawali naskah ceramah adalah … 
A. Hadirin yang saya hormati, berikut ini saya sampaikan ceramah saya …
B. Hadirin yang saya hormati, izinkanlah saya akan menyampaikan ceramah yang ditulis oleh Bapak …
C. Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan ini, saya akan menyampaikan ceramah yang berjudul …
D. Hadirin yang saya hormati, untuk menghemat waktu, baiklah saya bacakan ceramah ini. 
E. Hadirin yang saya hormati, ceramah pembukaan pertama ini akan saya sampaikan …

Jawaban : C
Pembahasan : kalimat pengantar berfungsi untuk mengantarkan pendengar menuju topik ceramah. Pilihan A kurang tepat untuk menjadi pengantar teks ceramah, penggunaan kata “berikut ini” lebih cocok untuk bahasa tulis, bukan lisan. Pilihan B tidak tepat karena pilihan kata yang dipakai terlalu berlebihan. Hal itu terlihat pada kata “izinkanlah”. Pilihan D juga tidak tepat karena bahasa yang digunakan kurang komunikatif. Pilihan E tidak tepat karena pilihan kata yang terlalu bertele-tele. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C. 
Soal 8 
Cermatilah kutipan ceramah di bawah ini!
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Illahi Rabbi, atas karunia-Nya kita bisa berkumpul dalam rangka thalabulilmi atau mencari ilmu. Kita juga bisa bersilaturahmi dan bertatap muka di majelis yang mulia ini dalam keadaan sehat walafiat. Mudah-mudahan setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkatan derajat di hadapan Allah Swt. 

Kutipan di atas termasuk dalam bagian struktur ceramah, yaitu …
A. Pendahuluan
B. Isi 
C. Penutup
D. Kesimpulan
E. Pilihan A dan B benar 

Jawaban : A 
Pembahasan : kutipan di atas merupakan ucapan puji syukur. Ucapan puji syukur ini termasuk ke dalam bagian pendahuluan dalam struktur teks ceramah. 

Soal 9
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak itu kemudian menjadi orang yang arogan, kering, kasar dan kering dari nilai-nilai etika dan agama. Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orang tua dan masyarakat manapun. 

Kutipan di atas merupakan bagian dari struktur ceramah ...
A. Pendahuluan
B. Isi
C. Komentar
D. Kesimpulan
E. Materi 

Jawaban : D 
Pembahasan : kutipan di atas merupakan bagian kesimpulan dari teks ceramah. Pada bagian kesimpulan berisi inti dari materi ceramah. Dapat kita lihat pada kalimat yang berbunyi, “Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orang tua dan masyarakat manapun” merupakan pernyataan penutup dari teks ceramah. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D. 

Soal 10
Perhatikan kutipan ceramah di bawah ini!
Di lingkungan bermasyarakat, tetangga adalah saudara terdekat kita karena apabila terjadi sesuatu tetanggalah yang pertama kali menolong kita. Tetangga sebagai saudara dekat mempunyai tempat khusus dalam Islam sehingga baik buruknya sikap kita kepada tetangga merupakan ukuran iman seseorang. Hal ini sebagaimana yang disabdakan nabi Muhammad Saw. yang berbunyi, “Demi Allah, dia tidak beriman! Orang yang tetangganya tidak aman dari keburukannya.” Jadi belum sempurnalah iman kita apabila berperilaku tidak menyenangkan kepada tetangganya. 

Penggalan ceramah di atas menekankan pentingnya …
A. kehidupan bermasyarakat 
B. hubungan baik dengan tetangga
C. menjalin silaturahmi dengan umat manusia
D. kewajiban beriman kepada Allah
E. menghindari perbuatan buruk

Jawaban : B
Pembahasan : kutipan tersebut menekankan pentingnya menjalin hubungan baik dengan tetangga karena hal itu merupakan wujud dari keimanan seseorang. Hal itu terlihat pada kalimat yang berbunyi “Tetangga sebagai saudara dekat mempunyai tempat khusus dalam Islam sehingga baik buruknya sikap kita kepada tetangga merupakan ukuran iman seseorang.”

Itu tadi 10 soal latihan dan jawaban teks ceramah kelas 11. Kalau kamu mau cari soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11, kami rekomendasikan link di bawah ini. Gratis..!!

Soal Latihan dan Jawaban Teks Ceramah Kelas 11 Soal Latihan dan Jawaban Teks Ceramah Kelas 11 Reviewed by Mas Ryan on 06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.