Soal Latihan dan Jawaban Teks Buku Pengayaan Nonfiksi Kelas 11

Kamu lagi bingung cari soal-soal latihan Bahasa Indonesia khususnya materi tentang teks buku pengayaan nonfiksi? Berikut kami sediakan soal latihan dan jawaban teks buku pengayaan nonfiksi untuk kelas 11. Silakan dipelajari, semoga soal-soal di blog ini bermanfaat buat kamu. 
latihan-soal-teks-buku-pengayaan-nonfiksi-jawaban

Soal 1 
Manakah yang merupakan tujuan buku pengayaan nonfiksi, kecuali … 
A. Sebagai penunjang buku pelajaran di sekolah
B. Untuk meningkatkan keterampilan
C. Untuk memperkaya pengalaman
D. Untuk memperluas wawasan 
E. Untuk pengisi waktu luang.

Jawaban : E
Pembahasan : Adapun tujuan buku pengayaan nonfiksi, yaitu sebagai penunjang buku pelajaran di sekolah, untuk meningkatkan keterampilan, memperkaya pengalaman, dan memperluas wawasan. Buku pengayaan nonfiksi memang bisa menjadi alternatif pengisi waktu luang, tetapi itu bukanlah tujuan utamanya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

Soal 2 
Perhatikan kutipan paragraf berikut ini!
Ada berapa jenis buku pengayaan nonfiksi …
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
E. lima

Jawaban : C
Pembahasan : Umumnya, buku pengayaan nonfiksi ada tiga jenis, yaitu buku pengayaan pengetahuan, buku pengayaan keterampilan, dan buku pengayaan kepribadian. 

Soal 3
Buku pengayaan nonfiksi juga biasa disebut dengan … 
A. buku terjemahan.
B. Novel
C. Karya sastra
D. Buku bacaan
E. Ensiklopedia

Jawaban : D 
Pembahasan : Karena isi buku pengayaan nonfiksi tidak terbatas oleh kurikulum, buku ini bisa berisi apa saja yang sifatnya nonfiksi. Buku ini dikenal dengan buku bacaan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

Soal 4
Manakah di antara judul buku di bawah ini yang bukan termasuk dalam buku pengayaan nonfiksi … 
A. Mahir Percakapan Bahasa Inggris dalam Satu Malam
B. Perkembangan Iptek abad ke-21
C. Karakteristik Generasi Mileneal 
D. Bahasa Indonesia kelas XI SMA 
E. Psikologi Anak 

Jawaban : D 
Pembahasan : buku pengayaan merupakan buku bacaan yang biasa kita temui di perpustakaan atau toko buku. Akan tetapi, buku pengayaan tidak terbatas oleh kurikulum pendidikan yang diatur oleh pemerintah. Oleh sebab itu, jawaban yang tidak tepat adalah D. 

Soal 5 
Apa perbedaan buku pengayaan nonfiksi dengan buku pelajaran di sekolah … 
A. Buku pengayaan nonfiksi tidak terbatas oleh kurikulum pendidikan. 
B. Buku pelajaran bisa berupa buku pengayaan nonfiksi. 
C. Buku pelajaran bisa diperuntukan untuk semua umur. 
D. Buku penganyaan nonfiksi tidak dijual di toko-toko buku. 
E. Buku pengayaan nonfiksi bukan berupa novel. 

Jawaban : A
Pembahasan : buku pengayaan nonfiksi tidak terbatas oleh kurikulum pendidikan seperti buku pelajaran. Itu sebabnya, buku pengayaan nonfiksi dapat menjadi penunjang buku pelajaran. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 6
Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Bakat bukanlah potensi, melainkan suatu tindakan nyata. Bakat bukan sekadar sesuatu yang dibawa sejak lahir, tapi pengembangan potensi anak hingga menjadi tindakan nyata atau suatu karya yang bermanfaat. Kecerdasan aksara adalah potensi. Menulis buku adalah bakat. Menulis skenario film adalah bakat. Kecerdasan sosial adalah potensi. Menjual barang adalah bakal. Menyakinkan orang adalah bakat. (Bakat Bukan Takdir, 2016: 21)

Kutipan buku di atas termasuk ke dalam jenis buku pengayaan … 
A. Keterampilan
B. Pengetahuan
C. Kepribadian
D. Kecerdasan
E. Wawasan

Jawaban : B
Pembahasan : kutipan di atas memberikan informasi kepada pembaca tentang pengertian bakat. Hal itu bisa dilihat pada kalimat pertama yang berbunyi, “Bakat bukanlah potensi, melainkan suatu tindakan nyata.” Dengan membaca buku ini, pengetahuan pembaca tentang bakat tentu bertambah. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Perhatikan kutipan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 7 dan 8!

Beratku hanya 500 gram waktu dilahirkan. Dokter yang bekerja di rumah sakit tempatku dilahirkan bercerita bahwa ibu tidak bisa mendengarkan penjelasannya karena matanya dibanjiri air mata melihatku yang begitu kecil. Kelima jariku sebesar korek api. Kepalaku sebesar telur, pinggulku sebesar jari kelingking orang dewasa. Selama tujuh bulan  aku dibesarkan dalam inkubator di rumah sakit. Ibu setiap Hari menengokku, tidak peduli apakah saat itu sedang hujan dan turun salju, bahkan ibu datang tanpa membawa payung. Ibu selalu mengajakku bicara dan membelai kepalaku. 

Ibu, bunga Miyuki yang kau sirami setiap hari dengan cinta dan kasih sayangmu sekarang sudah beranjak dewasa. Aku bangga luar biasa mempunyai seorang ibu yang keras dan selalu tegar. Jika ibu dulu mendidikku dengan “lembek” pastilah aku tidak bisa seperti mereka sekarang ini. Sekarang aku ingin ibu bisa mengalirkan air mata yang bahagia. Air mata bahagia yang terus mengalir sampai tidak bisa berhenti. Akan tiba saatnya impianku itu bisa tercapai. (dikutip dari Aku Terlahir 500 gr dan Buta) 

Soal 7
Kutipan teks di atas merupakan jenis buku ...
A. Novel
B. Cerpen
C. Buku pengayaan pengetahuan
D. Buku pengayaan kepribadian
E. Buku pengayaan keterampilan

Jawaban : D 
Pembahasan : Secara sekilas, kutipan di atas terlihat seperti novel atau cerpen karena penyajian teks yang berupa teks naratif. Akan tetapi, apabila kita membaca lebih mendalam teks tersebut mengajak kita menyelami pengalaman batin dari si penulis karena si penulis menceritakan bagaimana kondisi dia saat dia dilahirkan yang membuat pembaca tersentuh. Selain itu, bahasa yang digunakan bersifat figuratif. Contohnya, “Kelima jariku sebesar korek api. Kepalaku sebesar telur, pinggulku sebesar jari kelingking orang dewasa.” Ciri ini menunjukkan bahwa teks ini merupakan jenis buku pengayaan kepribadian. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D. 

Soal 8 
Pesan apa yang dapat kita ambil dalam kutipan teks di atas adalah …
A. Hidup sudah semestinya harus dijalani dengan kuat dan tegar. 
B. Tidak mudah menyerah dalam kondisi apapun.
C. Tidak malu dengan segala kekurangan.
D. Kelembutan dan cinta kasih akan membuka kemampuan seseorang untuk bertahan walaupun dalam keterbatasan. 
E. Kasih sayang ibu tak lekang oleh zaman. 

Jawaban : D 
Pembahasan : untuk dapat menemukan pesan dalam teks, terlebih dahulu kita memahami inti tiap paragraf. Inti paragraf pertama adalah kondisi penulis dengan segala ketidaksempurnaan, tetapi memiliki ibu yang senantiasa menjaganya. Semantara paragraf kedua adalah keinginan penulis untuk membalas jasa dan cinta kasih ibunya yang membuatnya bertahan hingga beranjak dewasa. Dari kedua inti paragraf tersebut dapat disimpulkan bahwa kelembutan dan cinta kasih dapat membuka kemampuan seseorang untuk bertahan walaupun dalam keterbatasan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

Soal 9
Berikut ini struktur laporan buku pengayaan adalah …
A. Pendahuluan, isi, dan penutup.
B. Latar belakang, tujuan, isi, dan kesimpulan.
C. Pendahuluan, ikhtisar, komentar, dan penutup.
D. Pembuka, isi, ikhtisar, dan penutup.
E. Pembuka, ikhtisar, dan penutup. 

Jawaban : C
Pembahasan : struktur laporan buku pengayaan terdiri atas pendahuluan, ikhtisar, komentar, dan penutup. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

Soal 10 
Perhatikan kutipan laporan buku pengayaan di bawah ini!
Judul buku : Bahagia itu Sederhana
Penulis : Tukiyo Suryo Atmojo
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2014
Jumlah halaman : 124 halaman

Kutipan tersebut termasuk dalam bagian pendahuluan dalam struktur laporan buku pengayaan yang disebut …
A. Identitas buku
B. Keterangan buku
C. Perihal buku
D. Gambaran buku
E. Informasi buku

Jawaban : A
Pembahasan : kutipan di atas berisi identitas buku. Identitas buku terdiri atas judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman. Identitas buku ini dapat membantu pembaca apabila ingin mendapatkan buku tersebut. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

Masih belum puas dengan 10 soal latihan dan jawaban teks buku pengayaan nonfiksi?  Ini sudah disediakan soal-soal latihan yang lainnya lho. Bisa kamu pilih dengan klik link di bawah ini

Soal Latihan dan Jawaban Teks Buku Pengayaan Nonfiksi Kelas 11 Soal Latihan dan Jawaban Teks Buku Pengayaan Nonfiksi Kelas 11 Reviewed by Mas Ryan on 06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.