Latihan Soal Teks Eksplanasi Kelas 11 dan Pembahasan

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA terdapat materi tentang teks eksplanasi. Bagi kamu yang lagi mencari soal latihan dan jawaban materi teks eksplanasi, kamu berada di artikel yang tepat. Yaps, di artikel ini akan menyajikan beberapa soal latihan teks eksplanasi beserta pembahasannya. Silakan dipelajari yaa.
latihan soal teks eksplanasi kelas 11

Soal 1
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Sampah merupakan salah satu fenomena yang sering kali kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memeberikan dampak yang besar. Seperti sarang penyakit, banjir, dan tanah longsor. Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang nantinya akan mendatangkan penyakit seperti muntaber, dan DBD. Selain itu sampah juga dapat mendatangkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus, akan membuat air sungai menjadi sulit mengalir, dan lama-kelamaan air sungai meluap. Apabila banjir, tentu saja akan menyulitkan kita untuk beraktivitas dan bekerja. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

Kutipan teks tersebut merupakan salah satu struktur teks eksplanasi yaitu...
A. Urutan sebab-akibat 
B. Pernyataan umum 
C. Interpretasi 
D. Fakta 
E. Pendapat

Jawaban : A
Pembahasan : Kutipan teks di atas termasuk dalam struktur bagian urutan sebab-akibat, karena dalam kutipan tersebut dijelaskan rincian peristiwanya mulai dari penyebab peristiwa yang terjadi sampai akibat dari peristiwa itu. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan A. Kutipan di tas bukan termasuk dalam pilihan B, C, D, dan E. 

Soal 2
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pacifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.

Kutipan teks di atas termasuk dalam salah satu struktur teks eksplanasi yaitu...
A. Pernyataan umum
B. Urutan sebab-akibat 
C. Interpretasi 
D. Fakta 
E. Pendapat 

Jawaban : C
Pembahasan : Interpretasi, merupakan penutup atau akhiran dari paragraf berupa kesimpulan dari teks tersebut. Kutipan teks di atas termasuk dalam interpretasi karena dalam teks tersebut berupa akhiran dari sebuah paragraf yang berupa kesimpulan. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan C. Kutipan teks di atas bukan termasuk pada pilihan A, B, D, dan E. 

Soal 3 
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Sampah merupakan barang atau benda yang sudah tidak digunakan lagi, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat disekitar. Sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai seperti sayuran, daun-daun kering, dan sisa-sisa makanan. Sampah ini dapat diolah sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Kutipan teks di atas termasuk dalam struktur teks eksplanasi bagian...
A. Pernyataan umum 
B. Urutan sebab-akibat 
C. Interpretasi 
D. Fakta 
E. Pendapat 

Jawaban : A 
Pembahasan : Pernyataan umum, merupakan gambaran umum mengenai hal yang akan dibahas dalam teks. Kutipan teks di atas termasuk dalam pernyataan umum, karena kutipan teks di atas berisi gambaran umum mengenai hal/peristiwa/kejaidan yang dibahas. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan A. Kutipan teks tersebut tidak termasuk dalam pilihan B, C< D, dan E. 

Soal 4
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Rata-rata setiap petir mempunyai  sampai 5 jalur utama akibat adanya ionisasi. Persiapan pelepasan elektron melalui jalur ini membutuhkan waktu sekitar 0,01 sekon. Setelah itu akan terjadi petir dengan waktu sekitar 0,0004 sekon. Sebelum terjadi petir selanjutnya, dibutuhkan waktu istirahat selama 0,03-0,05 sekon. Rata-rata kuat arus dalam petir sebesar 20ribu ampere. 

Kata yng bercetak tebal termasuk dalam salah satu kaidah kebahasaan teks eksplanasi yaitu bagian...

A. Menggunakan verba material dan verba relasional 
B. Menggunakan konjungsi temporal dan kausal 
C. Bahasa yang ringkas, menarik dan jelas 
D. Istilah ilmiah 
E. Hal umum 

Jawaban : B
Pembahasan : Salah satu kaidah teks eksplanasi yaitu menggunakan konjungsi temporal dan kausal, salah satu kata yang termasuk dalam konjungsi temporal dan kausal yaitu kata setelah dan sebelum. Maka kata yang bercetak tebal termasuk dalam konjungsi temporal dan kausal dan pilihan yang tepat adalah pilihan B. Kata yang bercetak tebal tidak termasuk dalam pilihan A, C, D, dan E. 


Soal 5 
Perhatikan kutipan teks berikut!
Salju adalah salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin tiba. Salju menjadi apik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya muncul secara alami di wilayah beriklim subtropis, yaitu yang memiliki 4 musim. Dapat juga ditemukan di tempat-tempat tertinggi, seperti di puncak Gunung Jayawijaya, Papua.

Kata yang bercetak tebal termasuk dalam salah satu kaidah kebahasaan teks eksplanasi yaitu bagian...
A. Verba relasional 
B. Verba material 
C. Konjungsi temporal dan kausal 
D. Bahasa yang ringkas, menarik dan jelas
E. Istilah ilmiah 

Jawaban : A
Pembahasan : Verba relasional atau kata kerja relasional merupakan kata kerja yang menunjukkan hubungan intensitas (yang mengandung pengertian A adalah B), sirkumstansi (yang mengandung pengertian A pada/di dalam B), dan milik (yang mengandung pengertian A mempunyai B). Kata yang bercetak tebal merupakan salah satu verba relasional karna menunjukkan hubungan intensitas antara salju dan kristal-kristal lembut.

Soal 6 
Perhatikan kutipan teks berikut!

Tsunami adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang, terdiri dari dua kata “tsu” dan “nami”, yang masing-masing berarti “pelabuhan” dan “gelombang”. Sedangkan ilmuwan mengartikannya sebagai“gelombang pasang” (tidal wave) atau gelombang laut akibat gempa (seismic sea waves). Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dati aktivitas gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai. 

Kata yang bercetak tebal merupakan salah satu kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi yaitu bagian...
A. Verba relasional 
B. Konjungsi temporal dan kausal 
C. Verba material 
D. Istilah ilmiah 
E. Bahasa yang ringkas, menarik dan jelas

Jawaban : C
Pembahasan : Salah satu kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi adalah penggunaan verba amaterial dan verba relasional. Kata yang bercetak tebal merupakan verba material karena kata tersebut merupakan kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik. Kata yang bercetak tebal tidak termasuk pada pilihan A, B, D, dan E. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan C. 

Soal 7
Perhatikan kutipan teks berikut!

Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehinggal mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori “Tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan buatan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung dilapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain. 


Kata yang bercetak tebal merupakan salah satau kaidah kebahasaan teks eksplanasi bagian...
A. Konjungsi temporal 
B. Konjungsi kausal 
C. Verba relasional 
D. Verba material 
E. Istilah ilmiah 

Jawaban : B
Pembahasan : Salah satu kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi adalah penggunaan konjungsi temporal dan kausal. Kata yang bercetak tebal termasuk dalam konjungsi kausal yang berarti konjungsi sebab. Kata karena menunjukkan sebab. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan B. Kata yang bercetak tebal tidak termasuk dalam pilihan A, C, D dan E. 

Soal 8 
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah. Dengan pendapatan yang rendah, masyarakat tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan pokok, seperti makan, minum, pakaian, tempat berlindung, dan pendidikan.

Kutipan teks tersebut mengandung salah satu struktur teks eksplanasi yaitu bagian...
A. Pendapat 
B. Fakta 
C. Urutan sebab-akibat 
D. Pernyataan umum 
E. Interpretasi 

Jawaban : D
Pemabahasan : Salah satu struktur teks eksplanasi adalah pernyataan umum, yaitu bagian yang berisi gambaran umum mengenai hal/peristiwa/kejadian yang dibahas dalam senuah teks. Kutipan teks tersebut termasuk dalam pernyataan umum karena memberikan gambaran umum tentang kemiskinan. 

Soal 9 
Perhatikan kutipan teks berikut! 

Poin di atas merupakan beberapa penyebab terjadiya kelongsoran akibat dari bencana ini tentu sedikit kerugian paling parah adalah korban jiwa, selain itu kerugian materi seperti kehilangan rumah, tanah, harta benda yang harus direlakan karena tertimbun oleh longsoran. Sangat jarang orang dalam longsor bisa menyelamatkan dirinya karena kecepatan tanah longsor diperkirakan kecepatannya bisa mencapai 100km/jam kecepatan yang mustahil untuk lari bagi manusia tanpa peralatan. Selain itu setelah kejadian pun korban selamat tidak sedikit akan mengalami trauma yang mendala. Jika mendengar suara gemuruh besar didekat anda maka segeralah lari menuju tempat atau wilayah dataran stabil. Jangan pergi ke pinggir tebing atau jurang curam karena itu sama saja seperti bunuh diri. 

Kutipan teks di atas termasuk salah satu struktur teks eksplanasi bagian...
A. Pernyataan umum 
B. Urutan sebab-akibat 
C. Interpretasi 
D. Fakta 
E. Pendapat 

Jawaban : C
Pembahasan : Salah satu struktur teks eksplanasi yaitu interpretasi. Interpretasi merupakan bagian akhir dari sebuah tes eksplanasi yang berisi kesimpulan. Kutipan teks tersebut termasuk interpretasi karena menjelaskan tentang kesimpulan mengenai bencana tanah longsor serta saran bagi masyarakat tentang tanah longsor. 

Soal 10 
Perhatikan kutipan teks berikut!

 Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya. Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik. Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehinggal mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori “Tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan buatan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung dilapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain. Itulah yang menyebabkan mengapa gempa bumi dapat terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi dikarenakan adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.

Kutipan teks tersebut termasuk salah satu struktur teks eksplanasi yaitu bagian...
A. Pernyataan umum 
B. Interpretasi 
C. Fakta
D. Pendapat 
E. Urutan sebab-akibat 

Jawaban : E
Pembahasan : Salah satu struktur yang terdapat dalam teks eksplanasi adalah urutan sebab akibat. Urutan sebab-akibat merupakan rincian kejadian sebuah perisitiwa secara rinci yang berisi sebab dan akibat peristiwa itu terjadi. Kutipan teks di atas termasuk dalam urutan sebab-akibat karena menjelaskan secara rinci tentang awal mula gampa sampai akhir gempa serta sebab dan akibat gempa. Maka pilihan yang tepat adalah pilihan E. Kutipan teks tersebut tidak termasuk dalam pilihan A, B, C, dan D. 

Udah jelas kan latihan soal teks eksplanasi kelas 11? Kamu bisa cari latihan soal lainnya dengan mengklik salah satu link di bawah ini lho..Kamu juga bisa baca nih Soal Latihan dan Jawaban Teks Prosedur Kelas 11 lumayan buat nambah-nambah persiapan kamu ujian.
Latihan Soal Teks Eksplanasi Kelas 11 dan Pembahasan Latihan Soal Teks Eksplanasi Kelas 11 dan Pembahasan Reviewed by Mas Ryan on 21.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.