Contoh Soal Latihan Teks Proposal Kelas 11

Materi di artikel berikut ini akan menyajikan contoh soal latihan teks proposal buat kelas 11 Bahasa Indonesia. Semoga contoh soal di bawah ini berguna buat kamu yang sedang belajar materi teks proposal ya.
contoh-soal-teks-proposal

Soal 1 
Proposal dibuat….
A. sebelum kegiatan dilaksanakan 
B. setelah kegiatan dilangsungkan 
C. ketika kegiatan diselenggarakan 
D. sewaktu pembicara memaparkan materi 
E. sesudah penandatangan hasil rapat

Jawaban: A 
Pembahasan: karena proposal ialah sebuah rencana suatu kegiatan, proposal disusun sebelum kegiatan itu dilaksanakan. Sementara itu, setelah kegiatan berlangsung, panitia umumnya menyusun laporan kegiatan.

Soal 2
Untuk mempresentasikan proposal, hal yang tidak perlu diperhatikan adalah.... 
A. memahami materi yang dipresentasikan 
B. menyiapkan data yang berkaitan dengan proposal 
C. memerhatikan jarak tempat dilakukannya presentasi 
D. menggunakan bahasa dan sikap yang santun 
E. menyiapkan pakaian yang akan dikenakan

Jawaban: C
Pembahasan: Pada saat melangsungkan presentasi, kita tidak perlu mencermati jarak tempat dilangsungkannya presentasi karena itu tidak terlalu berpengaruh terhadap penampilan orang yang melakukan presentasi. Sementara itu, hal lainnya, seperti menguasai materi, menyiapkan data, menggunakan bahasa yang santun, dan menyiapkan busana, berpengaruh terhadap kredibilitas orang tersebut.

Soal 3
Cermatilah pernyataan berikut ini.
Kegiatan penataran ini ditujukan kepada semua editor yang bekerja di sejumlah media cetak dan elektronik.

Pernyataan tersebut merupakan bagian dari proposal, yaitu .... 
A. Nama Kegiatan 
B. Pendahuluan
C. Jadwal 
D. Tujuan 
E. Sasaran

Jawaban: E
Pembahasan: pernyataan tersebut berisi tentang siapa saja yang menjadi calon peserta kegiatan yang akan dilangsungkan. Hal itu diperlihatkan oleh kata “ditujukkan” dan sejumlah profesi yang disebut, yaitu “semua editor yang bekerja di sejumlah media cetak dan elektronik”. Oleh sebab itu, jawaban yang sesuai dengan pernyataan tersebut ialah E. Sasaran.

Soal 4
Cermatilah penggalan proposal berikut ini.
Memiliki keterampilan menulis itu tidak semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli terampil menuangkan gagasannya saat berbicara. Namun, sering mereka kurang terampil menyajikannya secara utuh melalui tulisan. Oleh sebab itu, perlu kiranya diadakan lomba menulis karya sastra SMA se-DKI sebagai wadah bagi siswa berlatih menulis. 

Penggalan proposal kegiatan di atas merupakan unsur proposal bagian….
A. pendahuluan 
B. sasaran 
C. penutup 
D. jadwal 
E. anggaran

Jawaban: A
Pembahasan: Dalam bagian pendahuluan, penyusun proposal menunjukkan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan. Sehubungan dengan hal tersebut, hal penting yang diperlihatkan pada teks ialah bahwa perlu diadakan lomba menulis karya sastra sebagai wadah berlatih menulis. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat untuk soal tersebut ialah A. pendahuluan.

Soal 5
Perhatikanlah ilustrasi berikut ini.
Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMA Sekar Arum 1 akan mengadakan kegiatan lomba menulis esai dan cerpen antarsekolah. Untuk membiayai kegiatan tersebut, panitia harus menyusun proposal yang akan disampaikan kepada calon donatur untuk menghimpun dana. 

Kalimat yang menunjukkan tujuan proposal yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .
A. Dengan lomba menulis esai dan cerpen, sikap peduli terhadap pendidikan bangsa seyogyanya ditingkatkan. 
B. Lomba menulis esai dan cerpen menanamkan sikap mencintai kegiatan menulis, terutama menulis karya sastra. 
C. Lomba menulis esai dan cerpen merupakan alternatif cara untuk membuat siswa belajar menulis karya sastra. 
D. Lomba menulis esai dan cerpen dimaksudkan meningkatkan dan mengembangkan kreativitas siswa untuk menulis karya tulis. 
E. Lomba menulis esai dan cerpen adalah agenda yang rutin dilaksanakan setiap bulan bahasa.

Jawaban: D
Pembahasan: Walaupun disampaikan secara tersirat, kalimat yang terdapat di opsi D menunjukkan tujuan proposal. Hal itu ditandai dengan adanya kata “dimaksudkan” yang menyatakan suatu tujuan. Sementara itu, opsi pilihan A cenderung menunjukkan opini; pilihan B menyatakan kalimat fakta, pun opsi C dan D.  

Soal 6
Perhatikanlah ilustrasi berikut ini.
Siswa-siswa SMA Kurnia I akan melaksanakan kegiatan bakti sosial yang berupa penggalangan dana untuk panti asuhan. Proposal kegiatan tersebut telah disusun untuk dibahas bersama sebelum diajukan kepada kepala sekolah dan pihak-pihak lain guna mendapatkan persetujuan dan bantuan. Dalam proposal tersebut memuat (a) Nama Kegiatan, (b) pendahuluan, (c) tujuan, (d) anggaran (e) jadwal, dan (f) susunan panitia. 

Bagian yang belum tercantum dalam proposal tersebut adalah…. 
A. Latar Belakang Masalah, Landasan teori dan Manfaat Penelitian 
B. Sasaran, Susunan Acara, dan Penutup 
C. Manfaat Penelitian, Susunan Acara, dan Kepengurusan
D. Event Organizer, Penutup, dan Sambutan 
E. Landasan Teori, Susunan Acara, dan Kata Pengantar

Jawaban: B
Pembahasan: Susunan proposal yang lengkap ialah (1) Nama Kegiatan, (2) Pendahuluan, (3) Tujuan, (4) Sasaran, (5) Jadwal, (6) Susunan Acara, (7) Kepanitiaan, (8) Anggaran,  dan (9) Penutup.

Soal 7
Perhatikanlah ilustrasi berikut ini.
Setiap tahun di sekolah saya diadakan perkenalan bersama (Persama) dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini sudah disusun dalam program kerja OSIS. Panitia yang terbentuk akan merencanakan kegiatan tersebut tanggal 4-15 September 2017 di perkemahan Cidahu, Sukabumi. Untuk itu, panitia menyusun proposal. 

Nama kegiatan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut ialah... 
A. Ayolah Kita Mengikuti Acara Persama!
B. OSIS SMA Pertiwi Mengadakan Persama
C. Persama: Berkemah Sekaligus Bercengkrama
D. Persama Akan Diadakan di Sukabumi?
E. Marilah Kita Berkemah pada Tanggal 4-15 September 2017

Jawaban: C
Pembahasan: Opsi pilihan C menunjukkan nama kegiatan proposal yang tepat karena (1) sesuai topik, (2) singkat, padat, dan jelas, dan (3) diungkapkan dalam bentuk frasa. Sementara itu, pilihan A dan E memperlihatkan kalimat ajakan. Pilihan B cenderung mengungkapkan suatu informasi berita, dan pilihan E menampilkan suatu pertanyaan.

Soal 8
Perhatikanlah kalimat penutup proposal berikut ini.
Kami amat sangat mengharapkan partisipasi Bapak-Ibu untuk menyukseskan acara tersebut agar supaya proses edukasi penyakit dalam bisa seyogyanya bermanfaat bagi para hadirin yang datang.

Perbaikan kalimat penutup proposal tersebut agar lebih efektif ialah…. 
A. Kami sangat mengharapkan partisipasi Bapak-Ibu untuk menyukseskan acara tersebut agar supaya proses edukasi penyakit dalam bisa seyogyanya bermanfaat bagi para hadirin yang datang.
B. Kami sangat mengharapkan partisipasi Bapak-Ibu untuk menyukseskan acara tersebut agar proses edukasi penyakit dalam bisa seyogyanya bermanfaat bagi para hadirin yang datang.
C. Kami sangat mengharapkan partisipasi Bapak-Ibu untuk menyukseskan acara tersebut agar proses edukasi penyakit dalam bisa bermanfaat bagi para hadirin yang datang.
D. Kami amat sangat mengharapkan partisipasi bapak-ibu untuk menyukseskan acara tersebut agar proses edukasi penyakit dalam bisa bermanfaat bagi hadirin yang datang.
E. Kami sangat mengharapkan partisipasi Bapak-Ibu untuk menyukseskan acara tersebut agar proses edukasi penyakit dalam bisa bermanfaat bagi hadirin yang datang.

Jawaban: E
Pembahasan: di dalam kalimat penutup proposal tersebut, terdapat pleonasme, yaitu penambahan kata yang tidak diperlukan, seperti amat sangat dan agar supaya. Untuk membuat kalimat itu lebih efektif, kita bisa menghapus salah satu kata. Kemudian, kata seyogyanya juga dapat dihapus karena kata itu menyatakan suatu opini, seperti kata seharusnya dan semestinya. Sementara itu, kata para pada kata para hadirin dapat dihapus karena kata hadirin sudah menyatakan sesuatu yang banyak.

Soal 9
Cermatilah penggalan proposal berikut ini.
Teks proposal 1
Kasus cyberbullying di media sosial memang tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Aksi mempermalukan orang lain itu bisa berakibat fatal bagi korbannya. Dampaknya menyerang psikis, mulai dari perasaan malu, merasa tertekan hingga depresi. Dengan maraknya pengguna perangkat mobile dan internet, aksi cyberbullying di media sosial dapat dilakukan berulang dan berkelanjutan. Korban akan semakin merasa terintimidasi dan ditindas secara online. Oleh sebab itu, kami selaku OSIS SMA Victory bermaksud menyelenggarakan suatu seminar tentang dampak cyberbullying di kalangan siswa.

Teks proposal 2
Tidak ada yang salah dengan memposting foto di media sosial. Namun, setiap orang harus mengetahui beberapa fakta ini sebelum memposting foto anak orang lain, atau sebaliknya, membiarkan orang lain men-share foto anaknya. Pertama, memposting foto-foto anak di media sosial itu berarti kita meninggalkan rekam jejak digital mereka. Hal itu akan menyebabkan orang tersebut malu lantaran fotonya disebarluaskan sembarangan. Kedua, setelah Anda mem-posting foto di media sosial, foto-foto itu tidak lagi dapat kita kontrol penggunaannya. Untuk mengatasi persoalan itu, Pegiat Media Sosial Jakarta ingin menyelenggarakan suatu seminar tentang bahayanya menyebar foto anak di media sosial. 

Persamaan kedua teks proposal tersebut ialah….
A. memaparkan simulasi pencegahan manakala terjadi penyebaran berita hoax
B. menjelaskan langkah-langkah mengatasi peredaran narkoba
C. mengungkapkan keburukan yang ditimbulkan oleh bully di asrama 
D. membahas dampak penyalahgunaan media sosial di masyarakat
E. menerangkan teknik manipulasi foto yang dapat dilakukan oleh setiap orang 

Jawaban: D
Pembahasan: kedua teks tersebut memaparkan dampak penyalahgunaan media sosial di masyarakat. Hal itu diperlihatkan oleh intisari teks 1 bahwa media sosial telah digunakan untuk melakukan cyberbullying. Sementara itu, pada teks 2 terdapat penjelasan bahwa penyebaran foto anak di media sosial ternyata bisa menyebabkan efek negatif pada jangka panjang, seperti penyalahgunaan foto tersebut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka, persamaan kedua teks tersebut mengungkapkan dampak penyalahgunaan media sosial.

Soal 10
Perbedaan kedua teks proposal tersebut ialah….
A. Teks 1 menjelaskan dampak buruk cyberbullying, sedangkan teks 2 memaparkan efek penyebaran foto sembarangan
B. Teks 1 mengungkapkan efek penyalahgunaan narkoba, sementara teks 2 menerangkan dampak buruk manipulasi foto 
C. Teks 1 menerangkan perkembangan psikologi anak, sedangkan teks 2 memaparkan kecenderungan warganet
D. Teks 1 mengungkapkan efek berlebihan bermain game, sementara teks 2 menerangkan teknik manipulasi video
E. Teks 1 memaparkan dampak buruk pornografi, sedangkan teks 2 memaparkan efek penyiaran tayangan di youtube

Jawaban: A
Pembahasan: teks 1 memuat intisari bahwa media sosial telah digunakan untuk melakukan cyberbullying. Sementara itu, teks 2 menerangkan bahwa foto anak yang disebar di media sosial ternyata berpotensi bisa disalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, kedua perbedaan itu tampak pada pilihan A.

Itu tadi contoh soal latihan teks proposal kelas 11 yang bisa kalian pelajari. Masih banyak lho contoh soal Bahasa Indonesia kelas 11. Langsung klik link di bawah ini ya.



Contoh Soal Latihan Teks Proposal Kelas 11 Contoh Soal Latihan Teks Proposal Kelas 11 Reviewed by Mas Ryan on 16.48 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.