Latihan Soal UNBK SMP Bahasa Indonesia 2020 Plus Kunci Jawaban

Soal-soal berikut ini bukan soal UNBK yang akan keluar di tahun 2020 ya. Soal-soal ini cuma buat kamu latihan aja biar makin paham dan siap menghadapi UNBK tahun ini. Jadi, jangan maksain soal yang keluar nanti di ujian bakalan sama persis 100%. Udah ngga sabar ya? Yaudah deh...selamat belajar yaa...:)
Latihan Soal UNBK 2020 Bahasa Indonesia SMP Plus Kunci Jawaban

SOAL 1
Bacalah paragraf berikut!

Pembiasan cahaya atau difraksi adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya ketika melewati batas antara dua medium yang berbeda kerapatan optiknya. Pembiasan cahaya terjadi akibat kecepatan cahaya berbeda pada setiap medium. Kerapatan optik suatu medium dinyatakan sebagai indeks bias. Semakin besar indeks bias suatu medium, kerapatannya semakin besar pula. Jika seberkas cahaya melalui suatu medium yang indeks biasnya besar, akan semakin besar pula cahaya tersebut dibelokkan atau dibiaskan.

Makna kata yang dicetak tebal adalah….
A. sedang
B. media
C. tengah
D. perundingan



Jawaban: B

Pembahasan: Terdapat enam makna kata medium di dalam KBBI, yaitu:

- Ukuran sedang,
- Alat untuk mengalihkan atau mencapai sesuatu,
- Media
- Seseorang yang dapat bertindak sebagai penghubung antara roh orang yang sudah meninggal dan manusia hidup dengan cara membiarkan diri kemasukan roh itu,
- Zat perantara untuk merambatnya gelombang bunyi,
- Zat yang digunakan untuk membiakkan bakteri, fungus, dan sebagainya.
Dari keenam makna ini, makna yang tetap sesuai dengan konteks kata di dalam kalimat adalah makna ketiga, media.




SOAL 2

Bacalah teks berikut!

Kolesterol adalah masalah umum yang menyebabkan penyakit jantung lebih dari 80% orang di dunia. Kolesterol jahat (LDL) dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit jantung, gagal ginjal, dan penyumbatan pembuluh darah (1). Terlalu banyak kolesterol di tempat yang salah di dalam tubuh bisa menimbulkan banyak masalah karena kolesterol tidak larut di dalam air dan bisa mengalir di dalam darah (2). Hal ini tentu tidak baik walaupun tubuh membutuhkannya setiap hari (3). Untuk itu, kita perlu menjaga kadar kolesterol di dalam darah (4).

Terdapat sepuluh cara menurunkan kadar kolesterol di dalam darah (5). Pertama, minum jus jeruk di pagi hari karena jus jeruk dapat menjaga aliran darah tetap sehari (6). Kedua, makan dengan jumlah sedikit (7). Ketiga, ganti roti biasa dengan roti gandum untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) (8). Keempat, gunakan minyak zaitun untuk memasak atau dressing salah (9). Kelima, tambahkan 6 gram kayu manis dalam masakan dan makanan untuk menurunkan kolesterol jahat (10). Keenam, mulai makan semangkuk oatmeal untuk sarapan (11). Ketujuh, ganti gula pasir dengan madu untuk membuat minuman dan makanan manis (12). Kedelapan, makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna dan salmon (13). Kesembilan, berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat membantu menjaga kadar kolesterol di dalam darah (14). Terakhir, berhenti merokok agar kadar kolesterol HDL terjaga, tekanan darah turun, dan risiko serangan jantung berkurang (15). Menurut penelitian, kesepuluh cara tersebut ampuh untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengontrol kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh (16).

Kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat pada paragraf pertama ditunjukkan dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)



Jawaban: B

Pembahasan: Kalimat yang mengandung hubungan sebab akibat ditandai dengan penggunaan kata hubung (konjungsi) yang menyatakan sebab, yaitu karena dan sebab. Pada paragraf pertama, konjungsi yang menyatakan sebab terlihat pada kalimat kedua. Kalimat kolesterol tidak larut di dalam air dan bisa mengalir di dalam darah menjadi penyebab dari kalimat terlalu banyaknya kolesterol di tempat yang salah di dalam tubuh bisa menimbulkan banyak masalah.

SOAL 3
Bacalah teks berikut ini!

(1) Mereka seperti larut dalam suasana dan obrolan yang tak menentu ini. (2) Aku memperhatikannya dari jauh. (3) Dengan tatapan penuh tanya, aku terus memandanginya. (4) Di belakang pintu kamar, aku bingung melihat teman SMP menemui keluargaku padahal kami tidak berteman sewaktu masih di sekolah. (4) Dari kejauhan aku bisa mendengar maksud dan tujuannya ke rumah.(5) Ternyata, ia ingin menawarkan sesuatu.

Bukti bahwa watak tokoh “aku ingin tahu” terdapat pada kalimat nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Jawaban :C

Pembahasan: Watak dan perilaku tokoh dapat terlihat dari sikap yang ditunjukkan oleh tokoh serta dapat juga melalui percakapan tokoh. Watak tokoh yang ingin tahu terlihat dari bagian awal kalimat nomor (3), yaitu “dengan tatapan penuh tanya”. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SOAL 4

Perhatikan kalimat berikut!

Seorang .… mampu menyelesaikan perselisihan dengan jalur damai, tanpa perlu angkat senjata.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. Negosiator
B. Provokator
C. Kurator
D. Promotor


Jawaban: A

Pembahasan: Untuk mengisi bagian rumpang, perlu diketahui makna kata yang ada di pilihan. Negosiator berarti ‘orang yang melakukan negosiasi; penegosiasi’. Provokator memiliki makna ‘orang yang melakukan provokasi’. Kurator adalah orang yang mengurus atau mengawasi museum dan sebagainya. Promotor berkaitan dengan seseorang yang mengarahkan orang lain untuk mendapat gelar doktor (akademik) atau penanggung jawab keuangan suatu pertandingan. Dari keempat pilihan, kata yang sesuai dengan makna kalimat adalah A.



SOAL 5

Perhatikan paragraf rumpang berikut ini!


Ragam hias adalah karya seni rupa yang (…) dari bentuk-bentuk flora (vegetal), fauna (animal), figural (manusia), dan bentuk geometris. Ragam hias tersebut bisa diterapkan pada media dua atau tiga dimensi. Ragam hias dengan motif flora (vegetal) mudah dijumpai pada barang seni, seperti batik, ukiran, kain sulam, kain tenun, dan bordir. Ragam hias dengan motif animal dapat dibuat berdasarkan (…) jenis binatang, misalnya burung, gajah, cicak, ikan, dan ayam. Ragam hias figuratif biasanya (…) pada bahan tekstil atau kayu yang proses (…) dengan cara digambar. Ragam hias geometris dikembangkan dari bentuk geometris yang dikreasikan sesuai dengan imajinasi pembuatnya.

Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah….
A. diambil, berbagai, ditemukan, pembuatannya
B. mengambil, berbagai, menemukan, pembuatnya
C. berbentuk, mengambil, ditemukan, berbuat
D. dibentuk, beragam, menemukan, pembuatannya




Jawaban: A

Pembahasan:
Kata berimbuhan yang tepat mengisi bagian rumpang dicocokan dengan makna dan konteks kalimatnya. Cara mudahnya, coba masukkan setiap kata ke dalam wacana rumpang tersebut. Jadi, pilihan yang tepat adalah pilihan A.



SOAL 6

Cermatilah kalimat acak berikut!


(1) Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat. 
(2) Di suatu pagi yang sangat cerah, Elsa pergi mencari kayu bakar di hutan.
(3) Ia mendengar suara-suara hewan yang nyaring. 
(4) Ia tidak pergi ke sana sendiri, tetapi pergi bersama sang Kakek.
(5) Seketika ia merasa takut karena itu pengalaman pertamanya mencari kayu bakar di hutan.

Urutan yang tepat untuk membentuk paragraf narasi yang baik adalah….
A. (1) – (2) – (3) – (4) – (5)
B. (2) – (4) – (1) – (3) – (5)
C. (1) – (4) – (3) – (5) – (2)
D. (2) – (4) – (3) – (5) – (1)


Jawaban: B

Pembahasan: Kalimat pembuka sebuah narasi haruslah dimulai dengan pencantuman tokoh dan latar peristiwa. Kalimat yang mencantumkan nama tokoh adalah kalimat (2). Jadi, paragraf akan dimulai dengan kalimat (2). Pilihan A dan C bukanlah jawaban yang tepat.Dari pilihan B dan D, perbedaan terlihat pada urutan kalimat (1) dan (3). Kalimat (1) harus muncul lebih dahulu karena kalimat (3) memuat keterangan setelah tokoh sampai di hutan. Urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang baik terdapat pada pilihan B.

SOAL 7

Bacalah kalimat berikut!


Ia telah mumpuni menjadi penyelenggara festival musik di kota ini.

Makna kata mumpuni pada kalimat tersebut adalah.…
A. Berkuasa terhadap sesuatu
B. Memiliki kecakapan yang berbeda
C. Berhasil menyukseskan acara
D. Mampu melaksanakan tugas dengan baik

Jawaban: D

Pembahasan: Kata mumpuni di dalam KBBI memiliki makna ‘mampu melaksanakan tugas dengan baik (tanpa bantuan orang lain); menguasai keahlian (kecakapan, keterampilan) tinggi. Jika makna denotatif di dalam KBBI tidak dapat diterka, cara sederhana mengetahui makna kata tersebut adalah dengan mengganti kata mumpuni dengan makna yang muncul pada pilihan. Makna yang cocok mengantikan adalah makna kata yang tepat. Pilihan D adalah satu-satunya makna yang tidak janggal untuk menggantikan kata mumpuni di dalam kalimat. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.



SOAL 8

Bacalah teks berikut!


(1) Habibie Ainun adalah film yang mengisahkan perjalanan hidup dan percintaan Habibie dan Ainun.
(2) Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya B. J. Habibie.
(3) Novel tersebut ditulis Habibie setelah istrinya meninggal.
(4) Film yang berdurasi 121 menit ini menggabungkan nuansa romantik antara Habibie dan Ainun dalam mengarungi bahtera rumah tangga disertai dengan semangat nasionalisme dalam membangun bangsa.
(5) Film ini juga mengisahkan perjalanan politik Habibie sebagai pejabat negara yang akhirnya dilantik menjadi presiden RI ke-3 menggantikan Presiden Soeharto.

Variasi kalimat berikut yang sesuai dengan kalimat ketiga adalah.…
A. Habibie menulis novel tersebut setelah istrinya meninggal.
B. Istrinya meninggal ditulis Habibie di dalam novel tersebut.
C. Setelah istrinya meninggal Habibie ditulis novel tersebut.
D. Novel tersebut setelah istrinya meninggal menulis Habibie.


Jawaban: A
Pembahasan: Pada pilihan C dan D, terdapat kalimat yang tidak logis. Pilihan C menyebutkan Habibie ditulis novel dan pilihan D menyebutkan novel menulis Habibie. Pilihan A dan B bisa jadi variasi untuk kalimat nomor 3. Perbedaannya adalah kalimat pilihan A merupakan bentuk aktif dari kalimat 3, sedangkan kalimat pilihan B masih dalam bentuk pasif sesuai dengan kalimat 3. Akan tetapi, kalimat pada pilihan B mengubah makna kalimat, berbeda dengan makna kalimat 3. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.



SOAL 9

Penulisan kata gabung yang tidak tepat adalah….
A. Bus antarkota Ramayana mengantarkan penumpang dari Jakarta ke Yogyakarta dan sebaliknya.
B. Sebagai orang baik, kita harus berani mempertanggungjawabkan perbuatan kita.
C. Arkeolog Indonesia menemukan situs baru yang berisi peninggalan prasejarah.
D. Orangtua Andi mengajarkannya untuk membantu orang yang membutuhkan.

Jawaban: D

Pembahasan: 
Penulisan kata gabung yang tepat terdapat pada pilihan A, B, dan C. Kata antar dan pra pada pilihan A dan C harus ditulis melekat dengan kata yang diikutinya. Kata majemuk (tanggung jawab) pada pilihan B sudah tepat karena kedua kata mendapat imbuhan sehingga penulisannya harus digabung. Penulisan kata yang tidak tepat terdapat pada pilihan D. Kata orangtua harusnya ditulis terpisah menjadi orang tua untuk menunjukkan ibu dan bapak kandung atau orang yang dituakan.



SOAL 10

Kata berimbuhan yang ditulis dengan tepat adalah….
A. Mereka sedang membor tanah untuk mendapatkan sumber minyak baru.
B. Perguruan tinggi itu mempunyai lima fakultas dan lima belas program studi.
C. Pengemudi bus mengelokkan kendaraannya ke arah kanan.
D. Mereka memberati kayu itu dengan batu agar dapat tenggelam.


Jawaban: A
Pembahasan: Kata berimbuhan di dalam pilihan adalah membor, mempunyai, mengelokkan, dan memberati. Penulisan yang salah terdapat kata membor. Imbuhan me- yang dibubuhkan pada kata dasar yang terdiri dari tiga huruf akan mengalami perubahan menjadi menge-. Jadi, kata bor yang diberi imbuhan me- akan menjadi mengebor. Kata mempunyai benar karena kata dasarnya empunya, bukan punya, sehingga huruf p tidak luluh jika dilekatkan dengan imbuhan me-. Kata berimbuhan mengelokkan berasal dari kata dasar kelok yang diberi imbuhan me-/-kan, huruf k pada kata dasar akan luluh. Kata berawalan huruf b pada kata memberati mengubah imbuhan me- menjadi mem-.


Itu tadi 10 prediksi soal UNBK Bahasa Indonesia SMP untuk tahun 2020. Semoga soal-soal prediksi ini bisa membantu kamu supaya mendapat nilai yang bagus di UNBK nanti ya. Masih banyak soal-soal latihan di website ini kok. Bisa kalian pelajari lho. Sampai jumpa di prediksi soal UNBK 2020 lainnya.


Label:

Latihan Soal UNBK SMP Bahasa Indonesia 2020 Plus Kunci Jawaban Latihan Soal UNBK SMP Bahasa Indonesia 2020 Plus Kunci Jawaban Reviewed by Mas Ryan on 06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.