Bahasa Indonesia Kelas 10 - Latihan Soal dan Pembahasan Teks Biografi

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 terdapat materi tentang teks biografi. Bagi kamu yang lagi mencari latihan soal dan jawaban teks biografi, kamu berada di artikel yang tepat. Yaps, di artikel ini akan menyajikan beberapa soal beserta pembahasannya. Silakan dipelajari yaa..
header latihan soal dan pembahasan teks biografi kelas 10

Bacalah kutipan teks biografi di bawah ini untuk menjawab soal 1 dan soal 2.


B.J. Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.


Soal 1
Tokoh yang dibahas dalam kutipan teks biografi tersebut adalah....
A. B. J. Habibie
B. Alwi Abdul Jalil Habibie
C. RA. Tuti Marini Puspowardojo
D. Hasri Ainun Habibie 
E. Thareq Kemal

Jawaban: A
Pembahasan: Berdasarkan kutipan di atas, tokoh yang dibahas adalah B.J. Habibie. Pilihan B, C, D tidak tepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Soal 2
Kutipan di atas termasuk struktur teks biografi ....
A. Reorientasi
B. Peristiwa dan masalah 
C. Orientasi
D. Koda
E. Simpulan 

Jawaban: C
Pembahasan: Kutipan teks biografi di atas memuat struktur teks biografi orientasi karena memuat pengenalan B.J. Habibie. Pilihan A, B, dan D, tidak tepat.

Soal 3
Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki Sekolah Dasar.

Kutipan di atas termasuk struktur teks biografi....
A. Reorientasi
B. Masalah dan peristiwa penting
C. Orientasi
D. Koda
E. Simpulan

Jawaban: B
Pembahasan: Kutipan teks biografi di atas termasuk struktur teks biografi peristiwa dan masalah karena memuat beberapa kejadian penting dalam hidup B.J. Habibie. Pilihan A, C, dan D tidak tepat.

Soal 4
Urutan struktur teks biografi yang benar adalah ....
A. Abstraksi – orientasi – krisis – reaksi – koda 
B. Abstrak – pembuka – isi – penutup 
C. Pembuka – isi – penutup – koda 
D. Orientasi – masalah dan peristiwa penting – reorientasi 
E. Pembuka – orientasi – penutup 

Jawaban: D
Pembahasan: Struktur teks biografi, yaitu orientasi, masalah dan peristiwa penting, dan reorientasi. Pilihan A, B, dan C tidak tepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Bacalah kutipan teks biografi di bawah ini untuk menjawab soal 5 dan soal 6.

George Saa dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua. Ia lahir di Manokwari pada 22 September 1986. Sejak kecil, dia sering tinggal berpindah-pindah mengikuti orang tuanya. Bahkan, tak jarang dia hidup terpisah dari orang tua. Dia adalah seorang pemenang lomba First Step to Nobel Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul Infinite Triangle and Hexagonal Lattice Networks of Identical Resisto. Rumus Penghitung Hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu “George Saa Formula”.

Soal 5
Berdasarkan kutipan tersebut, George Saa dikenal sebagai ....
A. Sang Jenius dari Papua
B. Presiden Amerika 
C. Seorang anak yang yatim-piatu
D. Animator professional
E. Identical Resisto

Jawaban: A
Pembahasan: Pilihan yang tepat adalah A yang ditunjukkan pada kalimat pertama, yaitu “George Saa dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua”. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Soal 6
Pada struktE. ur teks biografi, orientasi berisi ....
A. Pandangan tokoh terhadap sesuatu
B. Pengenalan dan gambaran awal tokoh
C. Masalah dan peristiwa yang dialami tokoh
D. Masalah yang dialami tokoh
E. Pendapat pengarang

Jawaban: B
Pembahasan: Pada struktur teks biografi, orientasi berisi pengenalan dan gambaran awal tokoh, sedangkan masalah dan peristiwa penting berisi masalah-masalah atau peristiwa-peristiwa penting yang pernah di alami sang tokoh dalam biografi tersebut secara kronologis, dan reorientasi yang berisi penutup. Maka, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Soal 7
“Sejak tahun 2005, saya mulai melamar untuk menjadi ilustrator penerbit dunia. Caranya, saya memasang lamaran pekerjaan untuk menjadi ilustrator di berbagai web, dengan dilengkapi ilustrasi terbaik karya saya. Tapi, lama sekali enggak dapat order. Paling hanya order membuat komik tanpa imbalan. Meski begitu, tetap saya kerjakan, sambil mengasah kemampuan menggambar,” kata Ardian.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. Pantang menyerah
B. Berhemat
C. Giat belajar
D. Rajin ibadah
E. pemalas

Jawaban: A
Pembahasan: Kutipan teks biografi di atas berisi peristiwa penting yang menjabarkan usaha tokoh dalam melamar pekerjaan, oleh karena itu, terdapat hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah pantang menyerah.

Soal 8
Berikut ini merupakan langkah membuat teks bografi:
1. Mengumpulkan informasi tokoh
2. Mulai menyusun kerangka tulisan
3. Menyusun teks sesuai struktur
4. Menyusun poin-poin perisiwa penting

Urutan langkah untuk membuat teks biografi adalah…
A. 1 – 3 – 4 – 2 
B. 3 – 2 – 5 – 1 
C. 1 – 4 – 2 – 3 
D. 2 – 4 – 3 – 1 
E. 2 – 3 – 4 – 1 

Jawaban : C
Pembahasan: Urutan langkah membuat teks biografi yang tepat adalah
- Mengumpulkan informasi tokoh,
- Menyusun poin-poin perisiwa penting2
- Mulai menyusun kerangka tulisan3
- Menyusun teks sesuai struktur

Soal 9

Mario Teguh adalah seorang muslim yang menjadi motivator dan konsultan bisnis dan kepribadian asal Indonesia. Nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di depan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp, dan menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunitas Mario Teguh Super Club (MTSC). 

Bagian yang tidak terdapat dalam biografi di atas adalah...
A. Nama asli tokoh
B. Pekerjaan sang tokoh
C. Tempat dan tanggal lahir tokoh
D. Riwayat pendidikan dari kecil
E. Perjalanan karier tokoh

Jawaban: C
Pembahasan: Pada kutipan teks biografi di atas berisi pengenalan tokoh yang terdapat pengenalan nama asli, pekerjaan, dan riwayat pendidikan tokoh, sedangkan tempat dan tanggal lahir tokoh tidak disebutkan. 

Soal 10

Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Beliau bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda, sekaligus memperoklamasikannya pada 17 Agustus 1945. Beliau pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta. Ia mundur dari jabatan Wakil Presiden pada tahun 1945 karena sesuatu hal. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ....
A. Seorang pejuang, negarawan, dan ekonom
B. Semangat yang tinggi untuk kemerdekaan RI
C. Mundur dari jabatan Wakil Presiden RI
D. Penjuang yang penuh semangat
E. Bapak Koperasi Indonesia

Jawaban : B
Pembahasan : Keistimewaan tokoh merupakan sesuatu yang dapat diteladani oleh pembaca, yaitu Bung Hatta adalah seseorang yang memiliki semangat tinggi untuk kemerdekaan RI.


Itu tadi beberapa latihan soal teks debat dan jawabannya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10. Masih banyak soal latihan dan jawaban materi pelajaran sekolah kamu yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar kamu di rumah. Klik aja salah satu link di bawah ini.

Label: 
SMA
Bahasa Indonesia Kelas 10 - Latihan Soal dan Pembahasan Teks Biografi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Latihan Soal dan Pembahasan Teks Biografi Reviewed by Mas Ryan on 13.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.