Soal Latihan Teks Eksposisi Kelas 10

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 terdapat materi tentang teks eksposisi. Bagi kamu yang lagi mencari soal latihan dan jawaban materi teks eksposisi, kamu berada di artikel yang tepat. Yaps, di artikel ini akan menyajikan beberapa soal beserta pembahasannya. Silakan dipelajari yaa..

soal latihan teks eksposisi kelas 10

Soal 1




Di bawah ini yang merupakan pengertian dari teks eksposisi adalah....
A. Teks yang berisi langkah-langkah membuat teks 
B. Teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat yang bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu agar dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca
C. Teks yang berisi cerita tentang realita saat ini 
D. Teks yang mendeskripsikan suatu benda 
E. Teks yang berisi sebuah berita 


Jawaban : B
Pembahasan : Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat yang bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu agar dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.



Soal 2


Perhatikan teks berikut!


Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.


Kutipan teks di atas merupakan salah satu struktur teks eksposisi, yaitu...
A. Penegasan ulang pendapat 
B. Argumentasi 
C. Pernyataan pendapat 
D. Kesimpulan 
E. Penutup


Jawaban : C
Pembahasan : Pernyataan pendapat berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks. Dalam kutipan di atas, terlihat bahwa penulis mengenalkan sebuah topik mengenai sistem pendidikan di Indonesia. Kutipan di atas bukan termasuk penegasan ulang pendapat, argumentasi, kesimpulan, maupun penutup. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.





Soal 3


Salah satu kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi adalah menggunakan kalimat yang memiliki objek sehingga bisa dipasifkan, yaitu....
A. Kalimat aktif transitif
B. Kalimat aktif intransitif
C. Kalimat pasif
D. Kalimat majemuk
E. Kalimat tunggal

Jawaban : A
Pembahasan : Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang memiliki objek sehingga bisa dipasifkan. Pilihan B, C, D, dan E bukanlah jawaban yang tepat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Soal 4 

Perhatikan kutipan teks berikut!

Akibatnya, arus lalu lintas sempat macet selama beberapa jam. Bahkan, mereka melakukan sweeping angkot lainnya yang masih tetap beroperasi. Sebab, mereka menilai aksi unjuk rasa kenaikan tarif ini merupakan aksi lanjutan yang telah disepakati bersama. Apalagi aksi ini pun demi kepentingan serta kesejahteraan hidup para sopir angkot. 

Kata yang bercetak tebal merupakan salah satu kaidah kebahasaan teks eksposisi berupa istilah dan makna. Makna dari kata sweeping adalah....
A. Penertiban 
B. Pembersihan
C. Penyapuan 
D. Penarikan 
E. Pemberantasan 

Jawaban : A
Pembahasan : kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi salah satunya adalah istilah dan makna. Kata sweeping dalam kalimat tersebut memiliki makna penertiban. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.



Soal 5

Kata bercetak tebal di bawah ini yang terdapat nomina dapat ditemukan dalam kalimat...

A. Informasi juga bermanfaat sebagai sarana menyampaikan pesan kepada keluarga, saudara teman, rekan bisnis, untuk meningkatkan hubungan baik di antara mereka. 
B. Telepon seluler merupakan perihal konkret yang dapat dilihat oleh mata, disaksikan secara jelas, dan digunakan untuk beragam kepentingan.
C. Perbedaan yang dapat dikaji lebih lanjut adalah kekhasan.
D. Hal ini dapat memberikan nilai tambah, yaitu membuat asri suasana dan juga memberikan kesegaran bagi orang yang melihatnya. 
E. Awalnya, mereka menggelar aksinya di depan Dishub. 

Jawaban : B
Pembahasan : Nomina merupakan kata-kata yang sifatnya merujuk dari bentuk sebuah benda atau barang. Kalimat pada pilihan B termasuk dalam kaidah kebahasaan nomina karena terdapat kata benda yaitu “telepon”. Sementara itu, pada pilihan selain B yang dicetak tebal bukanlah nomina. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Soal 6 

Perhatikan kutipan teks di bawah ini!

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional. 

Kutipan teks di atas merupakan salah satu struktur dalam teks eksposisi yaitu...
A. Pernyataan pendapat 
B. Penegasan ulang 
C. Argumentasi 
D. Kesimpulan 
E. Penutup 

Jawaban : C
Pembahasan : Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung pendapat yang disampaikan. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Dalam kutipan di atas terdapat fakta berupa angka yang menunjukkan tahun 2013. Selain fakta berupa angka, terdapat fakta yang lainnya yaitu sebuah lembaga yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengenai kurikulum 2013. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Soal 7

Perhatikan kutipan paragraf di bawah ini!

Seluruh masyarakat tentu mengetahui bahwa jeruk nipis merupakan tumbuhan yang mudah ditemukan di daerah kita. Umumnya, kita mengetahui jeruk nipis hanya digunakan sebagai perawatan wajah atau kecantikan. Ternyata, jeruk nipis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Siapa menyangka buah yang memiliki rasa masam, berbentuk bulat, dan batangnya dipenuhi dengan duri itu—umumnya oleh masyarakat digunakan sebagai obat batuk dan bumbu memasak ini—memiliki berbagai manfaat kesehatan dan dapat kita konsumsi setiap saat tanpa efek samping. 

...

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang dapat kita ketahui. Banyaknya manfaat dari jeruk nipis ini membuat jeruk nipis dijuluki sebagai tanaman sejuta manfaat oleh para pakar kesehatan. 

Kutipan teks di atas merupakan struktur teks eksposisi bagian...
A. Pernyataan pendapat dan argumentasi 
B. Argumentasi dan penegasan ulang 
C. Pernyataan pendapat dan penutup 
D. Pernyataan pendapat dan penegasan ulang 
E. Penegasan ulang dan pernyataan pendapat

Jawaban : D
Pembahasan : Dalam paragraf pertama, penulis terlihat ingin memperkenalkan jeruk nipis. Paragraf pertama dijadikan sebagai pembuka teks atau pengantar. Kemudian pada paragraf terakhir, topiknya dibahas dan ditegaskan kembali sebagai akhir dari teks. Maka dari itu paragraf pertama disebut dengan pernyataan pendapat dan paragraf terakhir disebut penegasan ulang pendapat. 


Soal 8 

Perhatikan poin-poin di bawah ini.



1) Ratusan sopir angkutan umum di Manokwari kembali menggelar aksi unjuk rasa, Rabu (26/6/2013). Aksi menuntut realisasi kenaikan tarif angkot menyusul dinaikannya harga bahan bakar minyak bersubsidi itu sempat diwarnai kericuhan dan pemblokadean jalan. 

2) Keadaan ini makin parah, karena sebentar lagi masuk tahun ajaran baru, tentunya biaya sekolah akan bertambah mahal. “Kita hanya menuntut tarif angkot dinaikkan karena hak kita untuk dapat hidup sejahtera. Sandang, pangan, dan papan akan terpenuhi kalau omzet kita dapat sedikit lebih, bukan cukup atau pas,” kata Worwari. 

3) Akibatnya, arus lalu lintas sempat macet selama beberapa jam. 

4) Dalam sweeping dadakan tersebut, para penumpang yang berada dalam angkot dipaksa turun. 

5) Blokade jalan berhasil dibuka setelah aparat kepolisian bernegosiasi dengan para pengunjuk rasa. 

6) Hamzah (27 tahun), salah satu sopir angkot, mengatakan jika tarif angkot tidak segera dinaikkan, pemerintah “membunuh” para sopir angkot secara perlahan-lahan. 

Urutan yang tepat untuk menjadi teks eksposisi yaitu...
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(3)-(5)-(2)-(4)-(6)
C. (1)-(3)-(4)-(5)-(6)-(2)
D. (2)-(4)-(6)-(3)-(5)-(1)
E. (3)-(5)-(1)-(4)-(6)-(2)

Jawaban : C
Pembahasan : Poin (1) merupakan pernyataan pendapat penulis mengenai unjuk rasa yang terjadi di Manokwari. Kemudian pilihan poin (3) sudah masuk ke dalam argumentasi, lalu poin (4), (5), (6) juga termasuk dalam argumentasi juga karena ada fakta yang berupa angka yaitu umur dari seorang narasumber saat wawancara. Lalu, poin (2) termasuk dalam penegasan ulang pendapat karena tema/topik pada poin (1) dibahas kembali pada poin (2). Teks eksposisi yang tepat sesuai dengan strukturnya yaitu pernyataan pendapat, argumentasi dan penegasan ulang pendapat. Oleh karena itu, urutan yang sesuai adalah (1)-(3)-(4)-(5)-(6)-(2).

Soal 9 

Struktur teks eksposisi, yaitu....
A. Pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat 
B. Argumentasi, pernyataan pendapat, dan penutup
C. Penegasan ulang pendapat, pernyataan, dan penutup
D. Pernyataan pendapat, penjelasan, dan penutup
E. Pernyataan pendapat, argumentasi, dan penutup

Jawaban : A
Pembahasan : struktur yang terdapat dalam teks eksposisi, yaitu pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. Pilihan B, C, D, dan E bukanlah jawaban yang tepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Soal 10

Di bawah ini yang bukan merupakan langkah-langkah membuat teks eksposisi adalah....
A. Menentukan tema 
B. Mengumpulkan bahan 
C. Menyusun kerangka 
D. Membuat gambar 
E. Menentukan tujuan 

Jawaban : D
Pembahasan : Langkah-langkah dalam membuat teks eksposisi yaitu menentukan tema, menentukan tujuan, mengumpulkan bahan, menyusun kerangka, dan mengembangkan kerangka menjadi paragraf. Membuat gambar tidak termasuk ke dalam langkah-langkah membuat teks eksposisi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Itu tadi beberapa soal latihan teks eksposisi dan jawaban untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10. Masih banyak soal latihan dan jawaban materi pelajaran sekolah kamu yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar kamu di rumah. Klik aja salah satu link di bawah ini.

Soal Latihan Teks Eksposisi Kelas 10 Soal Latihan Teks Eksposisi Kelas 10 Reviewed by Mas Ryan on 09.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.