Bahasa Indonesia Kelas 10 - Latihan Soal Teks Ikhtisar dan Pembahasan

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 terdapat materi tentang teks ikhtisar. Bagi kamu yang lagi mencari latihan soal teks hikayat, kamu berada di artikel yang tepat. Yaps, di artikel ini akan menyajikan beberapa soal beserta pembahasannya. Silakan dipelajari yaa..
latihan soal teks ikhtisar kelas 10


Soal 1

Di bawah ini yang merupakan pengertian ikhtisar adalah.… 



A. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana.
B. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli
C. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana.
D. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun tidak tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli
E. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar dengan mengubah tema sebuah wacana

Jawaban : A 
Pembahasan : Ikhtisar adalah penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 2

Perbedaan ringkasan dan ikhtisar, yaitu…

A. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tetap memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan  inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. 
B. Ikhtisar tetap mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan  inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. 
C. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan belum memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan  inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. 
D. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan akan memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan  inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. 
E. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan  inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. 

Jawaban : A 
Pembahasan : pada dasarnya, ikhtisar dan rangkuman dibuat untuk memudahkan pembaca untuk mengetahui keseluruhan isi buku. Akan tetapi, dalam penulisannya, ikhtisar dan rangkuman berbeda. Ikhtisar dapat disajikan secara bebas, artinya tidak mengikuti sistematikan penyajian gagasan dari pengarang asli, sedangkan rangkuman harus disajikan berurutan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 3 

Tujuan penulisan ikhtisar adalah.…



A. Untuk mengambil inti dari sebuah bacaan, buku, atau sejenisnya
B. Untuk menjabarkan sebuah karangan
C. Untuk memendekkan isi buku
D. Untuk menghemat waktu
E. Untuk memudahkan pembaca dalam membeli buku

Jawaban : A
Pembahasan : tujuan penulisan ikhtisar adalah mengambil inti dari sebuah bacaan, karangan, atau buku. Dengan demikian, pembaca dapat langsung mengetahui inti dari sebuah buku. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 4 



Berikut ini merupakan ciri-ciri ikhtisar, kecuali….

A. Tidak mempertahankan urutan gagasan
B. Bebas mengombinasikan kata-kata asal tidak menyimpang dari inti
C. Tujuannya untuk mengambil inti
D. Penulis bisa menyampaikan inti dengan bahasanya sendiri
E. Jumlah kata tidak lebih dari 700 kata

Jawaban : E 
Pembahasan : ciri-ciri ikhtisar antara lain tidak mempertahan urutan gagasan, bebas mengombinasikan kata-kata tidak menyimpang dari inti, tujuannya untuk mengambil inti, dan penulis bisa menyampaikan inti dengan bahasa sendiri. Namun, tidak ada ketentuan jumlah kata dalam ikhtisar. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

Soal 5 

Orang yang bisa membuat ikhtisar, yaitu.… 

A. Siapa saja
B. Pengarang suatu buku atau bacaan
C. Mahasiswa
D. Murid
E. Semuanya benar



Jawaban : E 
Pembahasan : penulis ikhtisar dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

Soal 6 

Perhatikan dengan saksama bacaan di bawah ini !

Bicara soal mempercantik bulu mata, rasanya ganjil jika tak menyebut maskara. Mastuta memang merupakan salah satu kosmetik yang ampuh mempercantik tampilan bulu mata. Tak heran bila torehan mastuta berhasil menciptakan citra bulu mata lentik memancarkan daya pikat.

Warna dasar mastuta adalah hitam, cokelat, dan cokelat kehitaman. Warna cokelat menciptakan tampilan warna naturaldan sering dipilih wanita dengan warna kulit kuning langsat. Sementara mastuta hitam sering dipilih kulit warna gelap.

Ikhtisar yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah....

A. Mastuta merupakan kosmestik yang dapat mempercantik bulu mata dan memiliki tiga warna dasar yaitu, cokelat, hitam dan cokelat kehitaman
B. Alat untuk mempercantik bulu mata adalah mastuta yang dapat memancarkan daya pikat dan memiliki beraneka warna dasar
C. Mempercantik dengan mastuta dapat menciptakan kesan bulu mata menjadi lebih lentik dan memberikan daya pikat
D. Mastuta adalah kosmetik untuk memperindah bulu mata dan banyak dipilih pemilik warna kuning langsat maupun kulit gelap

Jawaban : A
Pembahasan : Ikhtisar berisi inti dari bacaan. Biasanya inti bacaan terdapat dalam gagasan utama. Karena paragraf di atas terdiri atas dua paragraf, jadi gagasa utamanya juga ada dua. Oleh sebab itu, ikhtisar yang dapat ditulis adalah gabungan dari kedua gagasan utama. Gagasan utama paragraf satu terdapat pada kalimat (2) dan gagasan utama paragraf dua terdapat pada kalimat (1). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 7 

Bahasa yang digunakan dalam penulisan ikhtisar adalah.…



A. Bahasa melayu modern
B. Bahasa melayu klasik
C. Bahasa baku, sopan, dan tidak menyimpang dari inti
D. Bahasa bermajas
E. Bahasa informal

Jawaban : C 
Pembahasan : umumnya, bahasa yang digunakan dalam penulisan ikhtisar adalah bahasa baku, sopan, dan tidak menyimpang dari inti. Pilihan A, B, D, dan E bukanlah jawaban yang tepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Soal 8

Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata, merupakan kegunaan dari.… 

A. Ringkasan 
B. Rangkuman
C. Kesimpulan 
D. Simpulan
E. Ikhtisar

Jawaban : E 
Pembahasan : karena ikhtisar disajikan tanpa mematuhi urutan gagasan pengarang asli, hal itu membuat penulis ikhtisar bisa mengembangkan ekspresi dan melakukan penghematan kata. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 


Soal 9

1) Menulis ikhtisar
2) Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokok yang terdapat dalam naskah
3) Mengedit ikhtisar dengan kaidah bahasa Indonesia
4) Membaca naskah asli beberapa kali “setidak-tidaknya dua kali”.
5) Urutan langkah-langkah menulis ikhtisar yang tepat adalah.…

A. (1)-(2)-(3)-(4)
B. (4)-(2)-(1)-(3)
C. (4)-(2)-(3)-(1)
D. (2)-(4)-(1)-(3)

Jawaban : B 
Pembahasan : berikut ini merupakan urutan langkah-langkah menulis ikhtisar, antara lain: 
- Membaca naskah asli beberapa kali “setidak-tidaknya dua kali”
- Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokok yang terdapat dalam naskah
- Menulis ikhtisar
- Mengedit ikhtisar dengan kaidah bahasa Indonesia. 

Soal 10



Perhatikan kutipan ikhtisar di bawah ini!

Sejumlah 30.000 hingga 50.000 orang berkumpul di kota Hiroshima, Jepang untuk mengenang peristiwa jatuhnya bom atom di kota itu pada tanggal 6 Agustus 1945 yang menewaskan sekitar 14.000 jiwa. [......…]. Upacara tersebut akan dilanjutkan pada hari kamis 9 Agustus 2001 di Kota Nagasaki yang 56 tahun yang lalu juga di bom AS sehingga menewaskan sekitar 70.000 orang pada peringatan itu Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi meminta kepada seluruh dunia untuk menghapus sejata nuklir. 

Kalimat yang sesuai untuk paragraf ikhtisar yang rumpang adalah …

A. Mereka mengheningkan cipta selama 60 detik
B. Mereka bersama-sama mengheningkan cipta selama 60 detik dan melepaskan ratusan burung dara pada upacara peringatan ini
C. Banyak orang tak bersalah menjadi korban
D. Pemerintah sangat peduli terhadap hal ini
E. Banyak orang berduka karena peristiwa ini

Jawaban : B 

Pembahasan : untuk mengisi kalimat yang rumpang dalam paragraf, kita harus mencocokkan pilihan jawaban dengan kalimat sesudah kalimat yang rumpang yang berbunyi “Upacara tersebut akan dilanjutkan pada hari kamis 9 Agustus 2001…”. Kalimat yang sesuai dengan kalimat tersebut adalah kalimat mereka bersama-sama mengheningkan cipta selama 60 detik dan melepaskan ratusan burung dara pada peringatan ini. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 



Itu tadi beberapa latihan soal teks hikayat dan pembahasannya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10. Masih banyak soal latihan dan jawaban materi pelajaran sekolah kamu yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar kamu di rumah. Klik aja salah satu link di bawah ini.

Bahasa Indonesia Kelas 10 - Latihan Soal Teks Ikhtisar dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas 10 - Latihan Soal Teks Ikhtisar dan Pembahasan Reviewed by Mas Ryan on 07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.