Latihan Soal Teks Hikayat Bahasa Indonesia Kelas 10

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 terdapat materi tentang teks hikayat. Bagi kamu yang lagi mencari soal latihan teks hikayat, kamu berada di artikel yang tepat. Yaps, di artikel ini akan menyajikan beberapa soal beserta pembahasannya. Silakan dipelajari yaa..

Latihan Soal Teks Hikayat Bahasa Indonesia Kelas 10


Soal 1

Yang dimaksud dengan hikayat adalah.… 
A. Salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan menggunakan bahasa Melayu modern
B. Salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan menggunakan bahasa Melayu klasik
C. Jenis karya sastra lama yang menggunakan kata-kata lampau
D. Karya sastra yang menggunakan kata-kata yang sulit dipahami
E. Cerita rakyat yang sudah lampau yang hampir punah

Jawaban : B 
Pembahasan : Hikayat adalah salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan menggunakan bahasa Melayu klasik. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Soal 2

Dalam hikayat, sering kali ditemukan kata-kata arkais. Maksud kata-kata arkais adalah....
A. Kata-kata yang sudah tidak digunakan di masa sekarang
B. Kata-kata asing
C. Kata-kata yang sulit dimengerti
D. Kata-kata bersayap
E. Kata-kata lampau



Jawaban : A
Pembahasan : kata-kata arkais adalah kata-kata yang sudah tidak digunakan di masa sekarang, seperti hulu balang, buluh perindu, hatta, duli, dan sebagainya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Soal 3

Perhatikan kutipan hikayat di bawah ini!

Maka si Miskin itupun sampailah ke penghadapan itu. Setelah dilihat oleh orang banyak, Si Miskin laki bini dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya. Maka orang banyak itupun ramailah ia tertawa seraya mengambil kayu dan batu.

Kata yang bercetak miring menggunakan majas.… 
A. Hiperbola
B. Simile
C. Litotes
D. Metafora
E. Ironi

Jawaban : B 
Pembahasan : Kutipan seperti dimamah anjing rupanya menggunakan kata seperti. Kata seperti sering digunakan majas simile karena majas simile adalah majas yang mengumpamakan sesuatu dengan sesuatu lain. Ciri khasnya menggunakan kata seperti, laksana, bagaikan, bak. 

Soal 4

Berikut ini merupakan karakteristik hikayat, kecuali…. 
A. Kisah kemustahilan
B. Tokoh-tokohnya mempunyai kesaktian
C. Istanasentris
D. Anonim
E. Dalam bentuk tulisan

Jawaban : E 
Pembahasan : karakteristik hikayat di antaranya berisi kisah kemustahilan, tokoh-tokohnya mempunyai kesaktian, latar belakang istanasentris, dan pengarang tidak diketahui (anonim) karena biasanya disampaikan secara lisan dari mulut ke mulut. Pilihan E tidak termasuk dalam karakteristik hikayat karena hikayat tidak hanya dalam bentuk tulisan, melainkan biasa disampaikan secara lisan baru kemudian ditulis. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

Soal 5

Si Kembar menolak dengan mengatakan bahwa dia adalah hamba yang hina. Tetapi, tuan puteri menerimanya dengan senang hati.

Nilai yang terkandung dalam kutipan hikayat di atas adalah nilai.… 
A. Sosial
B. Agama
C. Budaya
D. Adat istiadat
E. Moral

Jawaban : A
Pembahasan : dari kutipan di atas kita dapat melihat bahwa tidak melihat perbedaan status
Sosial antara si kembar dengsn sip uteri. Perihal perbedaan status sosial ini merupakan ajaran dari nilai sosial. 

Soal 6

Perhatikan kutipan hikayat di bawah ini!

Adapun Raja Kabir itu takluk kepada Buraksa dan akan menyerahkan putrinya, Puteri Kemala Sari, sebagai upeti. Kalau tiada demikian, negeri itu akan dibinasakan oleh Buraksa. Ditambahkannya bahwa Raja Kabir sudah mencanangkan bahwa barang siapa yang dapat membunuh Buraksa itu akan dinikahkan dengan anak perempuannya yang terlalu elok parasnya itu. “Barang siapa yang dapat susu harimau beranak muda, ialah yang akan menjadi suami tuan puteri.”



Nilai budaya apa yang bisa kita ambil dari kutipan hikayat di atas adalah.…
A. Mencari menantu melalui sayembara
B. Permintaan seorang raja
C. Pencarian suami untuk putri raja
D. Seorang anak raja yang cantik yang mencari suami
E. Pertarungan merebut hati sang puteri

Jawaban : A
Pembahasan : nilai budaya adalah nilai atau ajaran yang diambil dari budaya suatu daerah. Dari kutipan di atas, kita dapat melihat bahwa sang raja menggelar sayembara untuk memilih calon suami untuk putrinya. Cara ini merupakan budaya dari beberapa daerah di Indonesia pada masa lampau. Jadi, kutipan hikayat di atas terdapat nilai budaya yaitu mencari menantu melalui sayembara. Akan tetapi, Nilai budaya ini sudah tidak sesuai dengan kehidupan saat ini.

Soal 7

Perhatikan kutipan hikayat di bawah ini!

Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan.

Nilai didaktis yang terdapat dari kutipan di atas adalah.…
A. Kewajiban mencari ilmu
B. Kewajiban mencari ilmu dunia dan akhirat 
C. Kewajiban ilmu agama dan peperangan
D. Kewajiban mencari ilmu apa saja
E. Kewajiban mengaji selagi muda

Soal 8

Perhatikan kutipan hikayat di bawah ini!

Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah. Jikalau baginda pun mencari muslihat; ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.

Nilai yang terkadung dalam kutipan hikayat di atas adalah nilai… 
A. Sosial
B. Agama
C. Budaya
D. Moral
E. Pendidikan 

Jawaban : C 
Pembahasan : Dalam teks, kita bisa melihat bahwa tahta raja diwariskan secara turun temurun. Raja ditunjuk berdasarkan keturunan dan raja yang memiliki putra lebih dari satu selalu mencari tahu siapa yang paling gagah dan pantas menjadi penggantinya. Cara ini berlaku di suatu daerah atau tempat tertentu. Dengan demikian, nilai yang terkandung dari kutipan hikayat di atas adalah nilai budaya.

Soal 9

Perhatikan kutipan hikayat di bawah ini! 

Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.

Nilai apa yang terkandung dalam kutipan hikayat di atas … 
A. Budaya
B. Moral
C. Sosial
D. Agama
E. Pendidikan

Jawaban : E 
Pembahasan : dari hikayat di atas kita dapat temukan tentang kewajiban belajar ilmu agama sejak usia kecil. Ajaran ini tentulah berasal dari nilai pendidikan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 



Soal 10

Di antara kutipan hikayat di bawah ini yang mengandung kemustahilan adalah… 
A. Ini hikayat cerita orang dahulu kala sekali peristiwa Allah Swt menunjukkan kekayaan-Nya kepada hamba-Nya. Maka adalah seorang miskin laki bini berjalan mencari rizkinya berkeliling negara antah berantah.
B. Syah Peri mengalahkan Garuda yang mampu merusak sebuah kerajaan. 
C. Tak disangka, pukulan tersebut menyebabkan Putri Kuning meninggal.
D. Meskipun kecantikan mereka hampir sama, si bungsu Putri Kuning sedikit berbeda, ia tak terlihat manja dan nakal.
E. Hatta beberapa lamanya, Tuan Puteri Sitti Kendi pun hamillah dan bersalin dua orang putra laki-laki. Adapun yang tua keluarnya dengan panah dan yang muda dengan pedang.

Jawaban : A
Pembahasan : Salah satu karakteristik hikayat adalah kemustahilan. Kemustahilan berarti hal yang tidak logis atau tidak bisa dinalar. 
- Kutipan A adalah pengantar cerita yang menceritakan sepasang suami-istri yang miskin sedang mencari rezeki di negara yang tidak dikenal namanya. 
- Kutipan B merupakan kalimat yang menunjukkan tentang kesaktian Syah Peri. 
- Kutipan C bukan termasuk kemustahilan karena seseorang bisa saja meninggal dengan pukulan. 
- Kutipan D merupakan penjelasan tentang sifat  si bungsu Putri Kemuning. 
- Kutipan E merupakan kemustahilan karena tidak mungkin seorang anak lahir bersama dengan panah dan pedang. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 


Itu tadi beberapa soal latihan teks hikayat dan pembahasannya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10. Masih banyak soal latihan dan jawaban materi pelajaran sekolah kamu yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar kamu di rumah. Klik aja salah satu link di bawah ini.

Latihan Soal Teks Hikayat Bahasa Indonesia Kelas 10 Latihan Soal Teks Hikayat Bahasa Indonesia Kelas 10 Reviewed by Mas Ryan on 10.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.