Bahasa Indonesia Kelas 10 - Soal Latihan Teks Laporan Hasil Observasi dan Pembahasan

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10  terdapat materi tentang teks laporan hasil observasi. Bagi kamu yang lagi mencari soal latihan dan jawaban materi teks laporan hasil observasi, kamu berada di artikel yang tepat. Yaps, di artikel ini akan menyajikan beberapa soal beserta pembahasannya. Silakan dipelajari yaa
Bahasa Indonesia Kelas 10 - Soal Latihan Teks Laporan Hasil Observasi dan Pembahasan


Soal 1
Teks laporan hasil observasi merupakan....
A. Teks yang dilaporkan saat observasi 
B. Teks yang dibuat saat observasi berlangsung 
C. Teks yang berisi poin-poin penting dalam observasi 
D. Teks yang berisi langkah-langkah melakukan observasi 
E. Teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang bersifat global atau universal



Jawaban : E
Pembahasan : Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang bersifat global atau universal

Soal 2 
Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh lewat permukaan kulit. Menurut pemahaman umum, sebenarnya bekam berfungs untuk membang darah yang teah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh. 

Kutipan teks diatas termasuk salah satu struktur teks laporan hasil observasi, yaitu...
A. Klasifikasi umum 
B. Anggota/aspek yang dilaporkan 
C. Kalimat opini 
D. Kalimat definisi 
E. Kalimat fakta 

Jawaban : A
Pembahasan : Kutipan teks di atas termasuk klasifikasi umum karena terlihat bahwa kalimat tersebut merupakan pembuka atau pengantar teks. Pernyataan umum biasanya berisi tentang definisi, dan terbukti bahwa kalimat di atas merupakan klasifikasi umum. 




Soal 3 
Perhatikan kutipan teks berikut!

Populasi gajah di Indonesia telah berkurang lebih dari 50 persen selama dua puluh tahun. Dari sekitar 4.500 ekor pada 1985 menjadi hanya 2.000 ekor pada saat ini. Gajah tersebut tersebar di Lampung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara, dan Aceh. 

Kutipan teks di atas termasuk ke dalam salah satu struktur teks laporan hasil observasi, yaitu....
A. Kalimat simpleks
B. Deskripsi 
C. Kalimat opini 
D. Kalimat definisi 
E. Kalimat fakta 

Jawaban : B
Pembahasan : Pada struktur teks laporan hasil observasi bagian anggota/aspek yang dilaporkan yang termasuk dalam struktur deskripsi, biasanya ditandai dengan data-data dari aspek yang akan dibahas. Data tersebut bisa berupa angka atau gambar. Terlihat bahwa kutipan di atas terdapat data berupa angka yang berarti kutipan tersebut termasuk ke dalam struktur bagian deskripsi. Aspek yang diaporkan yaitu gajah. 

Soal 4
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!

Rumah yang sehat merupakan rumah idaman semua orang. Lingkungan rumah yang sehat juga menjadi dambaan setiap orang. Bagaimana cara membuat rumah yang sehat ? Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan rumah yang sehat. 

Kutipan teks diatas merupakan salah satu kaidah kebahasaan dari teks laporan hasil observasi yaitu...
A. Kalimat simpleks
B. Kalimat kompleks 
C. Kalimat definisi 
D. Kalimat opini 
E. Kalimat pembuka 

Jawaban : C
Pembahasan : Kalimat definisi merupakan kalimat yang berisi pengertian atau definisi dari suatu objek/hal. Dalam kutipan teks di atas terlihat jelas bahwa kutipan di atas berisi definisi dari rumah sehat. Walaupun tidak ada kata kunci adalah, tapi makna dari kutipan teks tersebut tetap saja definisi dari rumah sehat. 

Soal 5
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!

Bagian yang tidak dilewati darah dan tidak mendapat asupan oksigen akan menyebabkan iskemia yang pada akhirnya menyebabkan kematian jaringan. Jika hal tersebut terjadi, di bagian otot jantung koroner maka, itulah yang disebut dengan penyakit jantung koroner, otot jantung akan mengalami iskemia, dengan jaringan otot jantung tersebut rusak dan mati. 

Kata yang bercetak tebal termasuk kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yaitu....
A. Kalimat definisi 
B. Kalimat simpleks 
C. Kalimat kompleks 
D. Penggunaan konjungsi 
E. Penggunaan antonim dan sinonim 



Jawaban : D
Pembahasan : Kata yang bercetak tebal termasuk dalam konjungsi. Kata dan merupakan konjungsi yang menyatakan penambahan. Kata dan bukan termasuk ke dalam kalimat definisi, kalimat simpleks dan kompleks juga bukan penggunaan antonim dan sinonim. 

Soal 6
Jika terjadi hal demikian, secepatnya diberi pertolongan dan dibawa ke rumah sakit untuk diberi pengobatan. 

Kalimat di atas termasuk dalam kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yaitu....
A. Kalimat kompleks 
B. Kalimat simpleks 
C. Kalimat definisi 
D. Kalimat opini 
E. Kalimat fakta

Jawaban : A
Pembahasan : Kalimat kompleks merupakan kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba. Dalam kalimat di atas ditemukan 2 verba, yaitu dibawa dan diberi, maka kalimat di atas termasuk kalimat kompleks bukan kalimat simpleks, kalimat definisi, kalimat opini dan buan kalimat fakta. 

Soal 7
Selain mengalirkan air, juga mengalirkan sedimen dan polutan.  

Kalimat di atas termasuk dalam kaidah teks laporan hasil observasi, yaitu...
A. Kalimat kompleks 
B. Kalimat simpleks 
C. Kalimat definisi 
D. Kalimat opini 
E. Kalimat fakta

Jawaban : B
Pembahasan : Kalimat simpleks merupakan kalimat yang menggunakan satu verba dan menyatakan aksi (peristiwa atau keadaan). Pada kalimat di atas terihat bahwa ada verba yang menunjukkan aksi yaitu hanya pada kata mengalirkan. Maka, kalimat di atas terbukti termasuk dalam kalimat simpleks. 

Soal 8 
Perhatikan kutipan teks berikut!

Upaya lain adallah translokasi atau memindahkan gajah dari satu lokasi ke lokasi lain yang lebih cocok, kapasitas personel akan ditingkatkan dan merestorasi taman nasional yang rusak. 
Kutipan di atas termasuk salah satu kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yaitu...

A. Kalimat definisi
B. Kalimat simpleks 
C. Kalimat kompleks 
D. Penggunaan konjungsi 
E. Penggunaan antonim dan sinonim 

Jawaban : E
Pembahasan : Dalam teks di atas dapat kita temukan kata kunci dalam penggunaan sinonim, yaitu kata atau. Kata translokasi bersinonim dengan kalimat emindahkan sesuatu dari satu lokasi ke lokasi lain. Kutipan di atas terbukti bahwa kutipan tersebut termasuk dalam kaidah kebahasaan bagian penggunaan sinonim. 

Soal 9 
Perhatikan kalimat di bawah ini!

Kemangi dapat disulap menajdi toner yang bisa digunakan sebelum tidur setelah wajah dicuci bersih. 
Pada kutipan di atas, ada salah satu kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi yaitu...

A. Penggunaan konjungsi 
B. Penggunaan antonim 
C. Penggunaan sinonim 
D. Kalimat definisi 
E. Penggunaan data

Jawaban : B
Pembahasan : Dalam teks di atas dapat kita temukan kata yang berantonim atau berlawanan, yaitu kata sebelum dan sesudah.  Maka kalimat di atas termasuk dalam kaidah kebahasaan bagian penggunaan antonim. 

Soal 10 
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!

Gajah yang berada di luar habitat sekitar 635 ekor, di Pusat Pelathan Gajah (PLG) 310 ekor, di taman rekreasi dan kebun binatang 173 ekor, dan di perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) sekitar 152 ekor
Kutipan di atas termasuk dalam kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yaitu...
A. Penggunaan konjungsi 
B. Penggunaan antonim 
C. Penggunaan sinonim 
D. Penggunaan data berupa angka 
E. Kalimat definisi 



Jawaban : D
Pembahasan : Dalam kutipan di atas terlihat bahwa menunjukkan data berupa angka, maka dapat kita simpulkan kutipan di atas termasuk kaidah kebahasaan penggunaan data berupa angka.    


Itu tadi beberapa soal latihan teks laporan hasil observasi dan jawaban untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10. Masih banyak soal latihan dan jawaban materi pelajaran sekolah kamu yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar kamu di rumah. Klik aja salah satu link di bawah ini.



Label: soal latihanSMAkelas 10bahasa indonesia kelas 10
Bahasa Indonesia Kelas 10 - Soal Latihan Teks Laporan Hasil Observasi dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas 10 - Soal Latihan Teks Laporan Hasil Observasi dan Pembahasan Reviewed by Mas Ryan on 03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.