Bahasa Indonesia Kelas 9 - Soal Latihan dan Pembahasan Teks Pidato

Mataoker - Siapa yang lagi mencari soal latihan dan pembahasan teks pidato? Nah, pas banget kalau kamu lagi buka website ini. Di tulisan kali ini bakal menyediakan beberapa soal latihan yang bisa kamu gunain khususnya buat kamu yang duduk di kelas IX. Yaps, teks pidato ini merupakan salah satu materi yang ada di mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX. Selamat belajar ya teman-teman.

---

soal latihan dan pembahasan teks pidato


Soal 1 (Soal UN 2012 Paket D47)

Bacalah ilustrasi berikut!

Kepala sekolah memberikan sambutan pada pembukaan rapat guru dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah....

A. Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana peringatan hari besar nasional dan HUT RI.

B. Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang sangat kita cintai ini.

C. Bapak dan Ibu guru sekalian, izinkan saya mengulas sedikit pengorbanan para pejuang kita yang telah berhasil merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

D. Bapak dan Ibu guru, hari ini 17 Agustus negara kita terbebas dari tangan penjajah. Oleh karena itu, marilah kita berterima kasih kepada para pahlawan kita yang begitu gagah berani pantang menyerah dalam berjuang. 

Jawaban : A
Pembahasan : Pembuka pidato terdiri dari 3 bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Pilihan A dan B termasuk dalam ucapan syukur. Sementara itu, pilihan C dan D termasuk dalam isi pidato. Pilihan B termasuk dalam pembuka pidato, tetapi tidak sesuai dengan ilustrasi karena isinya menjelaskan tentang ajakan untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI. Oleh karena itu, pilihan yang tepat adalah pilihan A karena sesuai ilustrasi.

---

Soal 2 (Soal UN Paket 1)

Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

Terus terang pagi ini, kami sangat senang dan bahagia. Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya adalah cita-cita kami. Dalam kesempatan ini kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepda ibu dan bapak guru yang telah membimbing kami. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa membalas jasa ibu dan bapak guru. Kami sadar bahwa selama belajar di sekolah ini, kami sering berbuat kesalahan. Oleh karena itu, kami mohon maaf. Demikian pula untuk adik-adik kelas VII dan VIII, kami minta maaf atas semua kesalahan kami selama bergaul dan bermain bersama. 
[...] 
Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah....

A. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian ibu dan bapak guru serta adik-adik, kami ucapkan terima kasih. 

B. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kalian dapat melanjutkan ke sekolah pilihanmu. Atas perhatian semuanya, terima kasih. 

C. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian kalian semua, bapak guru ucapkan terima kasih. 

D. Demikian sambutan singkatan ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian dan partisipasi dan sumbangan semuanya, kami ucapkan terima kasih. 

Jawaban : A
Pembahasan : Penutup teks pidato terdiri dari kesimpulan, permohonan maaf, dan salam penutup. Kutipan tersebut disampaikan oleh murid kelas IX karena dalam kutipan tersebut terdapat permohonaan maaf kepada murid kelas VII dan VIII. Pilihan B tidak sesuai dengan kutipan di atas karena menunjukkan pidato yang disampaikan oleh Kepala Sekolah. Pilihan C juga tidak sesuai dengan kutipan karena menunjukkan pidato yang disampaikan oleh bapak guru. Kemudian pilihan D juga tidak sesuai dengan ilustrasi karena pilihan D berisi tentang pemberian sumbangan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

---

Soal 3 (Soal UN 2013 Paket 2)

Cermatilah ilustrasi berikut!

Pada acara perpisahan kelas IX, Amril menyampaikan pidato mewakili kelas VIII dan VII. Dalam pidato tersebut Amril menyampaikan ucapan selamat dan berdoa untuk kesuksesan kakak kelasnya. 

Penutup pidato Amril yang tepat adalah....

A. Akhirnya sekian dulu sambutan singkat ini, terima kasih 

B. Sekian dulu sambutan saya. Semoga lain waktu dapat kita sambung lagi 

C. Sekian dulu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya minta maaf bila ada kesalahan 

D. Akhirnya, kami mengucapkan selamat atas kelulusannya. Mudah-mudahan cita-cita kakak semua tercapai 

Jawaban : D
Pembahasan : Keempat pilihan di atas termasuk dalam penutup pidato. Pilihan A kurang santun untuk disampaikan kepada kakak kelas. Pilihan B kurang cocok karena pidato tidak bisa disambung pada lain waktu. Pilihan C kurang sesuai dengan ilustrasi karena tidak terdapat doa dan ucapan selamat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D karena terdapat ucapan selamat dan doa untuk kakak kelas. 

---

Soal 4 (Soal UN 2013 Paket 2)

Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

Yang sangat terhormat Bapak Kepala SMP Barunawati, Bapak Purwoko Salip. Pertama, marilah kita bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih. 

Perbaikan sapaan pada kutipan teks pidato tersebut adalah....

A. Yang terhormat Bapak Kepala SMP Barunawati, Bapak Purwoko Salip

B. Yang terhormat Kepala SMP Barunawati, Bapak Purwoko Salip 

C. Yang terhormat Bapak Kepala SMP Barunawati, Purwoko Salip 

D. Yang sangat hormati Kepala SMP Barunawati

Jawaban : B
Pembahasan : Kutipan di atas termasuk dalam pembukaan bagian ucapan penghormatan. Dalam penulisan ucapan penghormatan, kalian bisa menggunaan kalimat efektif. Pilihan A kurang efektif karena ada pengulangan kata “Bapak” yang seharusnya tidak digunakan. Pilihan C kurang tepat karena saat menyebutkan nama tidak terdapat kata Bapak yang menunjukkan sopan santun. Pilihan D kalimatnya tidak efektif karena tidak disertai nama dan ada kata “sangat”. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B karena kalimatnya efektif dan terdapat penggunaan kata “Bapak”  sebelum nama. 

---

Soal 5 

Di bawah ini yang termasuk kesimpulan pada penutup pidato adalah....

A. Minuman keras sendiri terbilang dapat menimbulkan kerusakan kesehatan bagi peminumnya. Selain itu, konsumsi minuman keras juga dapat meresahkan masyarakat dengan sering terjadinya keributan-keributan. Mari kita bersama-sama saling waspada dan mulai dari diri kita, keluarga kita untuk terus menegaskan diri tidak sekali-kali mengenal minuman keras

B. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga dapat diambil manfaat dari pidato bahaya miras ini. Jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan, mohon dimaafkan

C. Kita ucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di ruangan ini 

D. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jawaban : A 
Pembahasan : Pilihan B termasuk dalam penutup pidato bagian permohonan maaf. Pilihan C bukan termasuk dalam penutup, melainkan pembuka pidato bagian ucapan syukur. Pilihan D termasuk dalam penutup pidato , tetapi hanya bagian salam penutup. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A karena berisi kesimpulan pada penutup pidato.

---

Udah cukup kan ya soal latihan dan pembahasan teks pidato buat Bahasa Indonesia kelas 9? Kalau kiranya belum cukup, mohon dimaafkan karena segala keterbatasan yang dimiliki oleh pemilik blog. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Bahasa Indonesia Kelas 9 - Soal Latihan dan Pembahasan Teks Pidato Bahasa Indonesia Kelas 9 - Soal Latihan dan Pembahasan Teks Pidato Reviewed by Mas Ryan on 16.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.