teks eksposisi kelas 8

Teks Eksposisi Kelas 8: Pengertian, Unsur, dan Struktur

Biasanya nih kalo lo sering baca koran atau berita di internet, ada artikel berupa gagasan pendapat yang bertujuan memberikan sebuah informasi atau pengetahuan. Nah, itu dia yang dimaksud dengan teks eksposisi. Eits, dalam artikel kali ini nggak cuma pengertian teks eksposisi aja lho lho yang dipelajari. Kita sama-sama akan belajar tentang unsur dan struktur teks eksposisi juga.

A. Unsur-unsur Teks Eksposisi

Sebenarnya, unsur teks eksposisi itu cuma terbagi menjadi dua yakni pendapat dan fakta. Gampang kan diingetnya? Pendapat itu biasanya berupa ide berbentuk komentar, penilaian, saran, atau bujukan. Nah, kalau fakta itu ya kenyataan atau sesuatu hal yang benar-benar terjadi. Fakta ini dapat digunakan untuk memperkuat gagasan atau pendapat yang pada akhirnya bisa meyakinkan pembaca.Sebelum lanjut ke struktur teks eksposisi, kita lihat dulu yuk contoh dari teks eksposisi
.

 
Nasib Hutan Kita Semakin Suram
 
 
Jika Pemerintah tidak cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah. Hilangnya hutan Sumatra akan diikuti oleh musnahnya hutan Kalimantan.

Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sebaliknya, kecenderungannya justru semakin memburuk. Kebakaran hutan masih terus terjadi dan penebangan liar semakin meningkat. Diperburuk lagi dengan rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut jelas menambah suram nasib hutan. 

 
Kondisi hutan Indonesia benar-benar sudah memprihatinkan. Dalam kurun waktu lima puluh tahun, hutan alam Indonesia mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah di Sulawesi telah memusnahkan keanekaragaman hayati. Berjuta-juta spesies flora dan fauna musnah dengan percuma. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan menambah masalah kerusakan hutan. Munculmya El Nino memperburuk kondisi hutan. 


Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang 13%, hutan dataran rendah 10%, permukiman/pertanian masyarakat 10%, perkebunan 8%, dan sisanya rawa (non gambut).

Kebakaran hutan memberikan kerugian tidak sedikit. Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya sebesar $3-$4,4 miliar atau sekira Rp 2-4 triliun.

Rupanya kedua masalah itu belum cukup. Pemerintah menambah masalah lagi dengan rencana pembukaan kawasan hutan lindung untuk areal pertambangan. Kebijakan tersebut jelas semakin menyempurnakan derita hutan Indonesia.

Nah sekarang dari contoh teks eksposisi di atas kita analisis yuk strukturnya.

B. Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi itu terbagi menjadi 3 yakni tesis, argumen, dan penegasan ulang. Tesis merupakan isu atau pandangan umum penulis secara umum tentang suatu topik. Tesis ini ada di paragraf pertama ya gaes. Kemudian, argumen. Argumen dapat disebut juga dengan pendapat.

Argumen ini berfungsi sebagai penjelas dari tesis yang dijelaskan sebelumnya. Bagian terakhir yakni penegasan ulang. Bagian ini disebut dengan penutup atau simpulan dengan mengulang tesis tapi secara tidak langsung.

Nah itu dia gaes penjelasan artikel ini tentang pengertian, unsur, dan teks eksposisi. Sudah jelas kan sekarang? Nggak ada salahnya lo bagiin tulisan ini buat temen-temen lo dan belajar bareng.

Baca Juga: Latihan Soal Teks Eksposisi

Kalau penjelasannya belum cukup jelas, yuk langganan Ruangguru. Ada ribuan video animasi dengan guru terbaik yang siap menamani kamu belajar. Sekarang lagi ada diskon gede nih. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ ya buat dapetin diskonnya atau klik gambar di bawah ini.

kode diskon ruangguru

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *