Bahasa Indonesia Kelas 7 - Soal Latihan Perbedaan Surat Resmi dengan Surat Pribadi

Kumpulan Soal Latihan Bahasa Indonesia kelas VII kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan dengan materi perbedaan surat resmi dengan surat pribadi. Di artikel ini hanya tersedia beberapa soal latihan saja, jika ingin mendownload Soal Latihan Perbedaan Surat Pribadi dengan Surat Resmi kelas VII, bisa menggunakan link di akhir artikel ini. Sebelum menjawab soal latihannya, baca dulu yuk artikel tentang Perbedaan Surat Resmi dengan Surat Pribadi.

SURAT PRIBADI DAN SURAT RESMI


1. Perhatikan kutipan surat berikut! 

Murung Pudak, 20 Mei 2017.

Kak Indah, adik mau mengganggu nih! Pada 28 Mei 2017, adik mau menari di sekolah dalam acara peringatan hari Sumpah Pemuda. Tetapi kostum adik tertinggal di rumah kita yang di Banjarmasin. Tolong, ya, kak, kostum itu dikirimi ke adik.
Sekian dulu dari adik, salam rindu.

Bagian pembuka surat pribadi tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat....
A. Adik belum mendapat kostum yang cocok, makanya kostum Adik cepat kirimi.
B. Assalaamualaikum Wr.Wb. Hai, Kak Indah, apa kabar?
C. Kak Indah yang baik. Adik mau minta tolong dikirimkan baju menari Adik.
D. Wassalaamualaikum Wr.Wb. Dari Adikmu yang manis.

Jawaban: B
Pembahasan: Sesuai dengan kutipan surat pribadi tersebut, bagian pembuka yang tepat adalah kalimat Assalaamualaikum Wr.Wb. Hai, Kak Indah, apa kabar? Hal tersebut disebabkan kalimat tersebut merupakan salam pembuka dan kalimat menanyakan kabar sehingga cocok untuk ditempatkan di pembuka surat. Pilihan A, C, dan D kurang tepat untuk berada di pembuka surat karena bukan termasuk ke dalam kalimat pembuka surat.

2. Perhatikanlah kutipan surat berikut!

Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, SMP Harapan Bakti akaln menyelenggarakan lomba baca puisi tingkat SMP se-provinsi. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:
tanggal : 26—28 April 2017
pukul   : 8.00—14.00 WIB
tempat  : Aula SMP Harapan Bakti
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Isi balasan yang tepat surat dinas tersebut adalah...
A. Berkaitan dengan permohonan izin Saudara dalam rangka memperingati Hardiknas yang akan dilaksanakan pada 26—28 April 2017, pada dasarnya kami setuju, silakan dilaksanakan sebaik-baiknya.
B. Silakan saja, laksanakan dengan sebaik-baiknya. Koordinasi dengan petugas terkait. Jika telah dilaksanakan segera melaporkan hasilnya.
C. Jangan ragu-ragu untuk melaksanakan peringatan Hardiknas. Laksanakan dengan sebaik-baiknya jika sudah selesai harap lapor.
D. Saya dukung terus, laksanakan peringatan Hardiknas, koordinasi dengan petugas terkait secepatnya laksanakan.

Jawaban: A
Pembahasan: Surat balasan dalam surat dinas hendaknya menyebutkan terlebih dahulu tujuan dari surat sebelumnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. Sementara itu, pilihan B, C, dan D kurang tepat karena kalimatnya langsung masuk ke isi surat, tidak terdapat pembukaan balasan surat.


Itu tadi contoh soal latihan perbedaan surat resmi dengan surat pribadi kelas VII. Silakan dicopas dan disebarkan ya, jangan lupa share juga link artikel ini supaya bisa membantu orang banyak. Terima kasih.


Bahasa Indonesia Kelas 7 - Soal Latihan Perbedaan Surat Resmi dengan Surat Pribadi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Soal Latihan Perbedaan Surat Resmi dengan Surat Pribadi Reviewed by Mas Ryan on 07.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.