Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi

Gaes, sebenernya sih tulisa yang pernah kalian baca itu terbagi menjadi dua bagian. Ada tulisan fiksi dan ada tulisan nonfiksi. Tulisan fiksi itu pasti lebih sering dibaca seperti novel, komik, cerpen, dan lain-lain. Nah, kalau salah satu contoh tulisan nonfiksi itu yang akan kita bahas kali ini. Yaps, kita akan bahas pengertian dan contoh teks deskripsi. Sudah siap? Yuk kita mulai

Apa sih teks deskripsi itu? Coba tengok KBBI pengertian deskripsi. Kata "deskripsi itu sendiri punya arti sebagai pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara detail dan rinci. Berarti, pengertian teks deskripsi itu adalah teks yang memaparkan secara jelas mengenai sesuatu. Utorodewo (2007) menjelaskan bahwa tujuan dari teks deskripsi ialah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifat, rasa, atau corak dengan mengandalkan pancaindra dalam penjabarannya.

Halaman sekolah bisa jadi bahan teks deskripsi lho
sumber foto: kuningankab.go.id
"Terus, contohnya begimana?" 

Sabar....ini baru mau dikasih. Berikut contoh teks deskripsi sederhana

Halaman Rumahku

Halaman rumahku tampak bersih. Ada beberapa pot tanaman yang menghiasinya. Selain itu, ada pula pohon rambutan yang sebentar lagi buahnya bisa di panen. Ada pula sebuah lampu taman yang menerangi halaman rumahku saat malam hari. Suasananya tampak sejuk. 

Teman-teman bisa ngebayangin gak tuh halaman rumah dalam kutipan teks deksripsi tersebut? Contoh teks deskripsi di atas belum lengkap ya gaes. Kalau kalian mau ngebuat teks deskripsi harus lebih lengkap dan terstruktur ya supaya orang membaca tulisan kalian nggak bingung.

Coba yuk, tulis teks deskripsi yang sudah kamu buat di kolom komentar!

Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Reviewed by Mas Ryan on 09.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.