Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Laporan Observasi

Apa kabar nih teman-teman? Semoga sehat selalu ya? Sudah siap kan belajar bareng Mata O Ker sekarang? Kali ini sih kita akan bahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan struktur laporan teks observasi. Siapa diantara teman-teman yang udah pernah buat teks laporan observasi? Apa sih teks laporan observasi itu dan bagaimana ciri-cirinya?

Sebenarnya lo nggak perlu bingung-bingung sih cari pengertian teks laporan observasi. Tinggal cari aja arti dari observasi itu sendiri. Nah, observasi itu merupakan sebuah kegiatan mengamati tentang suatu hal. Bisa benda, tumbuhan, hewan, konsep, atau yang lainnya. Jadi, dengan kata lain nih, pengertian teks laporan observasi itu ialah teks yang isinya ngasihtau sebuah informasi dari objek atau situasi yang diamati setelah dilakukannya penelitian secara sistematis.

bahasa indonesia kelas vii - struktur teks observasi
sumber informasiahli.com

Isi dari teks laporan observasi itu sendiri merupakan hasil berupa fakta yang bisa diuji kebenarannya secara ilmiah. Teks laporan observasi itu sendiri berfungsi sebagai penjelasan yang detail tentang suatu hal dari sudut pandang keilmuan. Sekarang, kita pelajari ya ciri-ciri dari teks laporan observasi.


Ada 5 nih teman-teman ciri dari laporan teks observasi.
1. Sifatnya objektif. Artinya penulis dari teks ini nggak boleh berpihak kepada orang atau pihak tertentu.
2. Berdasarkan fakta. Namanya juga kegiatan keilmuan jadi harus ngasih hasil berdasarkan data yang ada dalam kehidupan, bukan berupa khayalan atau imajinasi.
3. Bersifat khusus (spesifik). Penulis teks laporan hasil observasi ini harus fokus pada masalah yang diteliti, bukan ngebahas hal-hal di luar dari masalah yang diteliti.
4. Disajikan lengkap. Penulis harus memberikan hasil observasinya untuk keperluan pembaca secara rinci agar bisa digunakan untuk kepentingan keilmuan.
5. Disajikan menarik dan mudah dipahami. Sekarang, mana ada yang mau baca sih tulisan yang bertele-tele? Mending langsung aja biar nantinya nggak terjadi salah paham.

bahasa indonesia kelas vii - struktur teks laporan hasil observasi
sumber: sahabatnesia.com

Pengertian dan ciri-ciri udah ya? Sekarang kita masuk ke struktur teks laporan observasi yuk. Teks observasi itu terbagi menjadi tiga bagian utama yang jadi strukturnya. Pertama ada pernyataan umum. Bagian ini berisi definisi atau keterangan umum dari objek yang diobservasi. Umumnya sih berisi tentang asal usul atau info tambahan tentang hal yang mau dilaporkan. Kedua ialah deskripsi bagian. Bagian ini ditulis sebagai perincian dari hal yang umum. Misalnya sifat-sifat khusus atau hal-hal yang dimiliki dari objek yang diamati. Nah, yang terakhir itu berisi simpulan. Isinya ya ringkasan umum dari hal yang sudah diamati. Simpulan harus diletakkan paling akhir ya teman-teman.

Gimana nih? Udah paham kan tentang pengertian- ciri-ciri, dan struktur teks laporan observasi? Nah, sekarang coba yuk buat teks laporan hasil observasi di kolom komentar ya.

Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Laporan Observasi Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Laporan Observasi Reviewed by Mas Ryan on 06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.