Bahasa Indonesia Kelas 7 - Ciri-ciri Syair dan Contohnya

Teman-teman, syair itu merupakan salah satu contoh puisi lama. Yups, syair dan pantun itu masih satu kelompok lho. Keduanya masuk dalam puisi lama. Keduanya memiliki ciri yang identik lho. Tapi, perlu teman-teman ingat nih kalau pantun itu akhirannya bersajak a-b-a-b kan? Nah, kalau syair bagaimana? Daripada bingung, simak terus ya penjelasan artikel berikut yang membahas tentang ciri-ciri syair dan contohnya.

ciri-ciri syair - bahasa indonesia kelas 7
Menuis syair
(sumber: pasberita.com)
Meskipun tergolong dalam kategori puisi lama, syair tetap punya beberapa ciri-ciri lho. Apa aja sih ciri-ciri syair itu? 

Simak baik-baik ya...

1. Setiap bait terdiri atas empat baris
2. Jumlah suku kata dalam setiap baris antara 8—14 suku kata
3. Semua barisnya adalah isi
4. Rima (persamaan bunyi atau persajakannya) adalah a-a-a-a
5. Syair tidak mempunyai sampiran, semua barisnya mengandung isi dan makna
6. Makna dari syair ditentukan oleh bait-bait selanjutnya
7. Bahasa pada syair berbentuk kiasan
8. Syair biasanya berisi tentang dongeng, cerita, petuah, dan nasihat

Lumayan banyak kan ciri-ciri dari syair itu? Kalau teman-teman ingin menganalisis atau mencari tahu makna dari suatu syair, maka harus mengacu kepada ciri-ciri tersebut ya. Syair sendiri terbagi dalam beberapa tema, seperti syair agama, syair romantis, syair sejarah, syair pendidikan, dan lain sebagainya.

Perhatikan contoh syair berikut ya teman-teman



Coba teman-teman perhatiin deh di bait pertama baris pertama. Syair tersebut langsung to do point mengarahkan pada parapemuda untuk mengenali dirinya kan? Supaya apa sih mengenali dirinya sendiri? Ya supaya tidak terlena dengan kehidupan di dunia. Ibarat perahu yang dikemudikan, hidup di dunia jangan sampai lupa pada akhirat. Hidup harus punya pedoman, ini dijelaskan dalam bait kedua baris kedua. 

Gimana nih teman-teman, udah paham kan tentang ciri-ciri syair dan juga contohnya. Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa ikut berkomentar dan bagiin tulisan ini ke media sosial kamu ya. :)

Bahasa Indonesia Kelas 7 - Ciri-ciri Syair dan Contohnya Bahasa Indonesia Kelas 7 - Ciri-ciri Syair dan Contohnya Reviewed by Mas Ryan on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.