Bahasa Indonesia Kelas 7 - Ciri-ciri Pantun dan Jenisnya

Pasti teman-teman udah nggak asing lagi kan tentang pantun? Pernah ngeliat langsung nggak orang berpantun? Ah pasti sering, orang di televisi aja banyak. Tapi teman-teman tahu nggak gimana sih ciri-ciri pantun itu? Gimana juga sih unsur kebahasaannya? Nah, artikel ini akan membahas itu semua. Teman-teman diharapkan sih setelah tahu ciri-ciri pantun, bisa jadi semakin kreatif dalam berpantun. Simak baik-baik ya.

A. Ciri-ciri Pantun
1. Setiap bait terdiri empat baris

Cuma ada empat baris ya teman-teman. Umumnya, pantun memiliki ciri khas yang tergantung dengan jenisnya.

2. Jumlah suku kata tiap baris 8-12 suku kata

Biasanya pantun langsung diucapkan kalo di TV TV tuh. Nah, kalau coba ditulisin, tiap baris hanya terdiri dari 8-12 suku kata.

bahasa indonesia kelas vii - ciri-ciri pantun
 3. Baris pertama dan kedua disebut sampiran, baris ketiga dan keempat disebut isi
Apa sampiran itu? Sampiran itu pengantar yang tidak ada hubungannya dengan maksud pantun yang ingin disampaikan. Nah, sampiran ini umumnya bisa sebuah peristiwa, kebiasaan, atau hal-hal lainnya. Baru deh baris ketiga dan keempat merupakan isi atau maksud yang ingin disampaikan dari pantun tersebut.

4. Sajaknya a-b-a-b
Sajak atau bisa disebut dengan rima itu kesamaan bunyi dari tiap akhir baris dalam pantun. Kesamaan ini yakni kesamaan antara baris pertama dengan ketiga, dan baris kedua dengan baris keempat.

Sekarang, kita pelajari yuk jenis-jenis pantun.

B. Jenis-jenis Pantun
1. Pantun teka-teki

Namanya juga teka-teki, pasti akhir dari pantun ini merupakan pertanyaan dong. Namanya juga tebakan. Yaaa pantun ini cocok lah dipakai untuk hiburan dan untuk saling mengakrabkan.

2. Pantun romantis
Teman-teman punya pacar nggak? Coba dong ngegombal dikit pakai pantun romantis. Pasti hasilnya pacar kalian jijik deh. Pantun romantis ini bertujuan untuk menyampaikan perasaan loh ya.

3. Pantun agama
Untuk menyampaikan pesan moral dan prinsip-prinsip dalam agama, maka pantun ini dapat digunain. Isi dari pantun ini biasanya membahas tentang manusia dan hubungannya dengan Sang Pencipta.

bahasa indonesia kelas vii - ciri-ciri pantun
 4. Pantun jenaka
Pantun ini punya isi yang lucu. Eitss...tapi jangan salah sangka lho. Kadang, pantun ini bisa untuk sarana penyampaian aspirasi atau sindiran.

5. Pantun nasihat
Pantun nasihat ini dibuat untuk memberikan anjuran dan imbauan. Imbauan kepada pembaca pantun tentunya. Kalau teman-teman sering baca buku, maka pantun yang paling sering dijumpai pasti pantun nasihat.

Gimana nih teman-teman? Udah tahu kan ciri-ciri pantun dan jenisnya? Sekarang tunjukkin dong kalau kalian bisa berpantun. Gimana caranya? Coba tulis pantun yang kamu bisa di kolom komentar yaaa nanti pasti akan dibalas dan bisa berbalas pantun deh. :)

Bahasa Indonesia Kelas 7 - Ciri-ciri Pantun dan Jenisnya Bahasa Indonesia Kelas 7 - Ciri-ciri Pantun dan Jenisnya Reviewed by Mas Ryan on 08.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.