Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian Teks Fabel dan Legenda

Di sebuah hutan, singa si raja hutan sedang berkumpul bersama dengan para anjing. Apa yang mereka lakukan? Mereka berdiskusi layaknya manusia. Emangnya bisa singa dan anjing berdiskusi seperti manusia? Yaa namanya juga cerita fiksi, jadi nggak mungkin terjadi gaes. Menurut teman-teman, teks apakah tersebut bisa digolongkan menjadi teks fabel atau legenda ya? Yups, bener guys. Contoh di atas tadi tentang singa dan anjing yang sedang berdiskusi itu merupakan contoh teks fabel. Kamu tahu nggak pengertian teks fabel itu? Fabel itu merupakan cerita binatang yang memiliki watak dan perilakunya seperti manusia.

Oh iya, dalam artikel ini kamu nggak cuma belajar pengertian teks fabel aja lho. Ada legenda juga yang akan dipelajari di artikel ini. Bukan legenda dalam peta, atau bahkan taman legenda di Taman Mini.

pengertian teks fabel - taman legenda
Taman Legenda Taman Mini
sumber: kompasiana.com
Tokoh utama dalam fabel itu binatang ya Squad, ya meski kadang ada tokoh manusianya seperti dalam cerita Kancil dan Pak Tani. Cerita fabel juga memiliki latar tempat yang umumnya jadi tempat tinggal binatang, seperti hutan, kebun, sungai, dan sebagainya. Oh ya gaes, selain untuk menghibur, teks fabel juga ada amanat atau pesan moral yang ingin disampaikan lho.

Tokoh utama dalam fabel itu binatang ya Squad. Menariknya, watak dan konflik dalam cerita fabel itu diambil dari kehidupan manusia. Dalam fabel juga memiliki latar tempat yang pada umumnya menjadi tempat tinggal binatang seperti, hutan, kebun, laut, dan lain-lain. Oh iya Squad, fabel juga bukan hanya sebagai cerita hiburan lho. Dalam fabel juga dimasukkan amanat bagi para pembacanya.

Itu tadi ya gaes ciri-ciri dari fabel. Sekarang kita cari tahu yuk tentang legenda. Ingat ya gaes, legenda yang dimaksud ini sebuah cerita ya. Begini gaes, pengertian legenda itu bisa disamakan dengan cerita rakyat. Yups, cerita rakyat yang berhubungan dengan sebuah peristiwa. Misal dari kejadian asal mula suatu daerah, asal usul sebuah tempat, dan lain-lain. Beberapa legenda yang ada di Indonesia seperti:

1. Roro Anteng dan Joko Seger (Asal Mula Gunung Bromo)
2. Raden Banterang dan Dewi Surati (Asal Mula Banyuwangi)
3. Lutung Kasarung
4. Malin Kundang

pengertian teks fabel - batu legenda malin kundang
Batu Malin Kundang
sumber: okezone.com
Perlu kau tahu nih gaes kalo legenda itu punya beberapa ciri. Apa aja sih ciri-ciri legenda?

1. Ada unsur sejarah
2. Tokohnya memiliki kesaktian
3. Berhubungan dengan hal-hal gaib

Coba deh kamu ingat-ingat legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso? Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi (batu) kan? Nah...itu masih jadi legenda tuh sampai saat ini. Apa benar, di salah satu komplek candi Prambanan itu dulunya patung wanita yang ada itu ialah Roro Jonggrang?

Well, pokoknya kamu tuh harus bangga jadi anak Indonesia. Kenapa? Ada banyak cerita fabel dan legenda yang nggak cuma menghibur, tapi ada pesan moral yang bisa kamu terapin di kehidupan sehari-hari. Coba yuk, share ke teman-teman pembaca blog ini, kira-kira kisah cerita fabel atau legenda apa aja sih yang udah pernah kamu baca? Tulis di kolom komentar yaaa :)

Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian Teks Fabel dan Legenda Bahasa Indonesia Kelas 7 - Pengertian Teks Fabel dan Legenda Reviewed by Mas Ryan on 10.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.